Pengertian & Jenis Dressing Salad

Saat ini, salad bukan lagi menjadi hidangan pembuka ataupun sebagai hidangan pelengkap. Akan tetapi saat ini salad telah menjadi hidangan utama bagi para pelaku diet.

Racikan dari berbagai sayuran segar ini akan menjadi lebih cocok jika disajikan dengan dressing atau saus yang lezat. Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan yang siap santap.

Salad merupakan salah satu menu yang sering kali di pilih oleh beberapa orang khususnya bagi orang yang sedang diet untuk membangun pola makan yang sehat demi hidup yang lebih baik.

Salad biasanya di santap dengan dressing yang menjadikannya lebih lezat dan lebih memiliki citra rasa yang menggugah selera.

Dressing Salad adalah suatu jenis cairan baik yang telah di kentalkan atau yang belum dikentalkan yang biasanya kerap dihidangkan bersama-sama dengan salad, baik itu dicampur maupun dihidangkan secara terpisah.

Serta memiliki rasa yang kecut dan tajam. Beberapa pilihan bahan-bahan salad juga memengaruhi jenis saus atau salad dressing-nya.

Sebelum menikmati salad, ada baiknya kenali tiga jenis saus salad yang populer di dunia berikut ini :

1. Vinaigrette

pengertian & jenis dressing salad
https://www.aspicyperspective.com/

Vinaigrette adalah jenis dressing salad yang paling umum dan sederhana. Terdiri atas salad oil yang dicampur cuka dan ditambah garam, merica, dan gula.

Bumbu lain yang sering di tambahkan adalah bawang putih dan aneka herbs. Sebagian besar orang Prancis sangat menyukai jenis dressing ini sampai tercetus dressing populer bernama French dressing.

Selain sebagai dressing, vinaigrette juga umum di gunakan salad atau bumbu perendam. Salad oil bisa di substitusi minyak zaitun atau minyak canola.

2. Creamy Dressing

Jenis dressing kedua yaitu creamy dressing biasanya berbahan dasar mayones. Bisa juga mengandung yoghurt, sour cream, buttermilk, susu atau crème fraîche.

Dressing terakhir yaitu cooked dressing, hampir serupa creamy dressing, yang membedakan adalah teksturnya yang lebih kental karena di beri kuning telur dan dimasak sebentar.

Creamy Dressing  ini merupakan jenis dressing salad yang paling populer adalah ranch dressing atau dressing yang terbuat dari mayones dan buttermilk yang di beri herbs kering dan bumbu.

3. Italian Dressing

Italian dressing lebih cocok di santap untuk salad yang berisi sayuran hijau dan brokoli yang telah di kukus. Dressing yang satu ini hanya terbuat dari minyak zaitun, cuka, peterseli cincang, jus lemon, bawang putih, kemangi kering dan oregano kering.

Sensasi dressing italia akan memberikan kesan memakan salad yang berbeda.

4. Traditional Caesar Dressing

Selanjutnya adalah Traditional Caesar Dressing. Ini merupakan dressing yang unik, sangat cocok untuk kalian yang sedang ingin mencoba rasa baru dengan sensasi yang berbeda ketika memakan salad.

Dressing yang satu ini di namakan tradisional caesar dressing, terbuat dari kuning telur mentah, minyak zaitun, dan ikan teri, rasanya enak dan unik.

5. Saus Blue Cheese

Di Amerika, saus ini sangat populer sebagai saus salad dan saus celup. Bahan blue cheese dressing ini biasanya terbuat dari mayones, sour cream, yoghurt, blue cheese, susu, cuka, bawang bombai bubuk, dan bawang putih bubuk.

Warnanya putih dengan rasa asam gurih. Cocok di padukan dengan sayuran keras dan rebus seperti buncis, kacang-kacangan, dan daging olahan.

6. Saus Thousand Island

Saus Thousand Islan ini adalah jenis dressing salad variasi dari Russian Dressing. Dengan warnanya yang pink, serta rasanya yang manis, gurih, dan kental.

Bahan dasarnya adalah mayones, air jeruk lemon, paprika, worcestershire sauce atau saus BBQ, mustard, cuka, krim, saus sambal, sari tomat, atau tabasco.

Dressing Salad jenis ini sangat populer karena cocok dipadukan dengan bahan salad yang di rebus dan gurih.

7. Cuban mojo

Jenis Dressing Salad selanjutnya adalah cuban mojo, yaitu dressing segar yang cukup sederhana bagi siapapun yang ingin membuatnya.

Kamu juga dapat menambahkan jeruk nipis dan minyak, sehingga ada rasa lebih tajam dari keunikan dressing yang satu ini ketika kamu makan

8. Spicy Honet Mustard

Jenis dressing Spicy Honey Mustard ini yang dapat kalian jadikan pilihan untuk membuat salad yang kalian santap menjadi lebih lezat.

Dressing Salad spicy honer mustard yang satu ini merupakan dressing yang membuat salad lebih menarik, yaitu dengan rasa manis dan pedas, membuat salad yang kamu konsumsi memiliki kenikmatan tersendiri.

9. Ranch Dressing

Ranch Dressing merupakan Dressing Salad yang berwarna putih susu ini sangat populer di Amerika.

Di buat dari buttermilk atau sour cream, bawang bombai, bawang putih, peterseli, paprika, merica, biji mustard, dan lain – lain. Cocok juga untuk cocolan sayuran rebus karena rasanya yang asam gurih dan sedikit pedas.

10. Vinaigrette

Dikenal juga dengan nama French Dressing. Merupakan Dressing Salad dengan campuran dari berbagai macam minyak seperti minyak kedelai, canola, zaitun, bunga matahari, safflower, kacang tanah, biji anggur, serta cuka.

Terkadang, dicampur rempah-rempah dan sari buah. Biasanya saus ini digunakan untuk salad dengan bahan dedaunan yang tipis dan renyah.

11. Saus Jahe

Dressing Salad jenis ini merupakan jenis saus salad Asia. Dibuat dari cuka beras, bawang putih cincang, jahe, minyak zaitun, saus sambal, daun bawang, minyak wijen, merica, madu, sirop jagung dan air.

Warna saus ini oranye kecokelatan dengan rasa manis pedas. Saus ini menjadi saus favorit di restoran-restoran Asia.

12. Lemon Balsamic

Jenis dressing selanjutnya adalah Lemon Balsamic. Lemon Balsamic ini merupakan Dressing Salad  yang dapat kalian jadikan opsi untuk salad adalah lemon balsamic, dressing yang satu ini dibuat dari bahan dasar lemon.

Dressing yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin membuat salad dengan sensasi rasa segar dan tajam, cocok untuk dimakan pada saat cuaca panas.

13. Basil Walnut

Basil Walnut merupakan jenis Dressing Salad yang dapat menambah kelezatan cita rasa kaena dressing yang satu ini cocok dinikmati dengan salad.

Dressing ini terdiri dari isian bayam, keju dan bawang bombay dan sebagainya. Campuran bahan-bahan itu membuat salad lebih nikmat dan segar.

14.  Roasted garlic

Jenis dressing yang satu ini juga bisa kalian jadikan opsi untuk menambah kelezatan rasa pada salad yang kamu buat.

Dressing yang satu ini juga cocok untuk kalian yang ingin dressing enak dengan bumbu sederhana atau tidak rumit, karena dressing ini hanya terbuat dari kwju, minyak zaitun dan bawang putih.

Cara Menyimpan Salad Dressing

Pengertian & Jenis Dressing Salad
https://www.masakapahariini.com/

Agar lebih efisien dalam membuat salad dressing dalam jumlah yang banyak. Agar tidak cepat rusak, adapun cara penyimpanan dressing salad adalah sebagai berikut:

  • Pastikan peralatan yang digunakan bersih dan kering.
  • Tempatkan dressing pada botol atau wadah kedap udara.
  • Bersihkan mulut botol setelah mengambil dressing.
  • Letakkan dressing di dalam kulkas, sehingga dressing akan lebih tahan lama.