Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Perhotelan?

Pariwisata di Indonesia dari zaman dulu hingga masa kini menjadi salah satu sektor yang terus diupayakan untuk bisa berkembang oleh pemerintah. Salah satu hal yang juga memiliki kaitan erat dengan bidang pariwisata adalah perhotelan.

Yang perlu kita ketahui, bahwa bidang ini juga memiliki fokus studinya sendiri yaitu jurusan perhotelan. Secara umum, jurusan perhotelan di Indonesia tersebar di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMK, Diploma, hingga Sarjana. Jurusan ini terbuka bagi siapapun yang memang memiliki minat atau keinginan untuk mempelajarinya.

Jurusan Perhotelan adalah jurusan yang mempelajari bidang ilmu tentang pengelolaan hotel serta berbagai cara dalam menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis, khususnya perhotelan untuk mendatangkan profit yang lebih besar.

Lebih lanjut, jurusan perhotelan adalah jurusan yang bertanggung jawab atas kepuasan para pelanggan, melindungi budaya lokal, memberikan manfaat yang diberikan untuk masyarakat sekitar, serta manfaat bagi para karyawannya.

Seiring banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, maka kamu juga akan dibekali kemampuan bahasa asing untuk menunjang pekerjaan dalam menghadapi wisatawan asing.

Hal ini juga tak kalah penting jika kamu bertekad untuk masuk ke jurusan perhotelan.

Mata kuliah  Jurusan Perhotelan

apa saja mata kuliah jurusan perhotelan
https://pintek.id/

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jurusan perhotelan adalah jurusan yang berfokus pada manajemen bisnis, pengelolaan hotel, serta penunjang tempat wisata sebagai salah satu sektor yang mendatangkan profit cukup besar.

Selama menjalani perkuliahan di jurusan perhotelan sudah pasti kamu akan mempelajari banyak hal terkait perhotelan. Mulai dari operasional, seperti produksi makanan dan minuman, pengelolaan kantor depan, resepsionis, manajemen tata graha, keuangan, hingga pemasaran.

Beberapa mata kuliah pendukung jurusan perhotelan seperti service management, resource management, marketing management, strategy management, restaurant management, facility management, dan masih banyak lainnya.

Alasan Memilih Jurusan Perhotelan

Jurusan perhotelan adalah jurusan yang bergantung atau berkaitan erat dengan tempat wisata atau bidang pariwisata. Saat ini, tempat wisata semakin berkembang pesat. Hal ini tentunya juga memberikan pengaruh positif terhadap sektor perhotelan, sehingga peluang kerjanya menjadi lebih besar.

Selain itu, jurusan perhotelan adalah jurusan yang memiliki berbagai variasi bidang pekerjaan yang bisa dipilih. Kamu bisa bekerja sebagai pegawai kantor, resepsionis, juru masak, bartender, dan masih banyak lainnya sesuai dengan minat yang kalian miliki.

Berbekal dari kemampuan yang sudah kalian pelajari semasa kuliah, kalian pun bisa mendirikan usaha kuliner, penginapan atau perhotelan, serta sektor bisnis lainnya.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh mata kuliah jurusan perhotelan, antara lain adalah sebagai berikut :

Tata Boga

Tata Boga atau yang biasa di sebut dengan Food Production merupakan Ilmu pengetahuan yang akan kalian dapatkan terbilang luas di jurusan ini. Selain mengulik tentang makanan dan pengolahannya, juga akan belajar ilmu gizi, seni, kesehatan, hingga manajemen perencanaan dan pengelolaan.

Cocok bagi yang berjiwa kreatif, karena di Jurusan ini membutuhkan kreativitas tinggi. Misalnya dalam hal seni menyajikan dan menghias makanan atau plating yang harus memperhatikan estetika serta membutuhkan daya imajinasi.

Melatih untuk terus berinovasi, khususnya dalam pengembangan cita rasa masakan. Dengan begitu, punya kesempatan menemukan resep-resep baru yang disukai oleh masyarakat atau teknik-teknik memasak yang lebih efisien.

Kuliah di Jurusan Tata Boga sangatlah menyenangkan. Apa yang kamu pelajari di bangku kuliah tidak jauh berbeda dengan apa yang kamu lihat dalam acara lomba memasak di televisi.

Lulusan Jurusan Tata Boga memiliki kesempatan kerja yang sangat luas baik sebagai karyawan pada perusahaan orang lain maupun sebagai wirausaha.

Administrasi Hotel

Mata kuliah administrasi perhotelan adalah salah satu jurusan yang diselenggarakan untuk bisa memberikan para peserta didik pengetahuan dan juga keterampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas – tugas dalam pengambilan keputusan serta tenaga pendidik, baik itu guru atau instruktur di perguruan tinggi dalam bidang pariwisata dan mempunyai kemampuan untuk merintis usaha yang akan memberikan peluang kerja bagi orang lain.

Di dalam jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang bagaimana cara menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan juga ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi.

Selain itu, pada mata kuliah administrasi perhotelan ini, kalian juga akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan dunia perhotelan. Dimana kalian akan belajar dari mulai administrasi, manajemen, sampai prosedur operasional hotel secara menyeluruh.

Kompetensi prospek lulusan dari Jurusan Administrasi Perhotelan  adalah menciptkana para lulusan yang menguasai bidang pekerjaan yang berhubunagn dengan pariwisata khususnya perhotelan, baik itu operasional atau administrasi secara mandiri, bisa melakukan pengawasan dan bimbingan serta mempunyai keterampilan  di bidangnya.

Mata kuliah administrasi hotel ini memiliki tujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengelola seluruh kegiatan di bidang perhotelan. Mata kuliah administrasi hotel ini mempelajari seluruh aspek menejemen perhotelan, administrasi, dan operasional perhotelan secara menyeluruh.

Divisi Kamar

Divisi Kamar atau Roon Divition adalah salah satu mata kuliah perhotelan yang memiliki tujuan untuk menciptakan lulusan yang berminat menjadi profesi seorang room sales manajer. Room sales manajer bukanlah pekerjaan yang seperti sales hotel  pada umumnya.

Room sales manajer ini bertugas untuk menarik tamu hotel dengan cara memaksimalkan fasilitas kamar, melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga menganalisa kebutuhan dan sifat tamu agar bisa menawarkan layanan terbaik bagi tamu.

Tata Hidang (Food & Beverage Service)

apa saja mata kuliah jurusan perhotelan
https://rencanamu.id/

Tata hidang adalah salah satu mata kuliah dalam jurusan perhotelan dimana kalian nantinya akan di ajarkan bagaimana cara menyajikan dan menata makanan dengan cara yang mewah dan menarik, mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan yang di sajikan untuk para tamu yang berkunjung.

Food and baverage ini tentu di wajibkan untuk berpenampilan yang rapi, bersikap ramah dan sopan, serta harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Hal ini di sebabkan karena pekerjaan dalam bidang food and baverage ini berkaitan dengan jasa pelayanan yang setiap harinya akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

Food and Baverage merupakan salah satu usaha yang akan terus mengalami perkembangan seiring dengan pekembangan jaman.

Sector industry food and baverage yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penghidang makanan dan minuman tentu memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung secara professional dan komersial, khususnya dalam memenuhi segala kebutuhan makanan dan minuman.

Patiseri

Bagi kalian yang gemar sekali membuat kue maupun dessert,  mata kuliah ini mungkin bisa mengembangkan hobi dalam membuat pastry.

Pasalnya, di sinilah kaliam bisa mengembangkan kreativitas diri dan keahliannya untuk menjadi pattisier. Pattisier sama seperti chef akan tetapi mereka lebih fokus pada pembuatan dessert atau kue.

Psikologi Pelayanan.

Psikologi pelayanan ini sangat penting di pelajari untuk kalian yang berminat untuk bekerja di bidang hospitality. Mahasiswa perhotelan di wajibkan untuk selalu bersikap ramah dengan membiasakna diri untuk menyapa siapapun yang mereka temui di area kampus.

Kebiasaan ini sengaja di tanamkan sejak dini kepada mahasiswa perhotelan karena nantinya bidang yang mereka tempuh berhubungan dengan para konsumen di perhotelan.

Selain itu kalian yang belajar di jurusan perhotelan ini juga akan di didik untuk menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki attitude yang baik.