Pengertian Connecting Room Hotel dan Fungsinya

Bagi kalian yang gemar sekali liburan, akomodasi yang biasanya menjadi favorit adalah menginap di hotel. Di berbagai Negara, khususnya di Indonesia banyak sekali pilihan hotel dengan beragam pilihannya.

Semakin berkembangnya jaman, hotel ternyata ada banyak jenis kamar di dalamnya. Setiap kamar tentu memiliki karakterikstik yang berbeda – beda pada masing – masing kamar, dan pastinya memiliki fasilitas yang berbeda – beda, salah satu contohnya adalah kamar hotel jenis Connection Room Hotel.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai connection room hotel, alangkah baiknya jika kita mengetahui jenis – jenis kamar hotel terlebih dahulu.

Supaya kalian sebelum memutuskan untuk memesan kamar hotel bisa mempertimbangkan kamar jenis apa yang akan kita jadikan sebagai tempat penginapan saat berlibur.

Jenis – Jenis Kamar Hotel

pengertian connecting room hotel dan fungsinya
https://www.tokopedia.com/

Standard Room

Standard room merupakan tipe kamar hotel yang paling biasa di hotel. Umumnya, kamar tipe ini memiliki harga yang cukup murah. Fasilitasnya pun terbatas, seperti kasur ukuran king size atau dua queen size.

Superior Room

Jenis kamar ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan kamar standard. Hal ini tampak dari fasilitas yang diberikan. Seperti adanya interior kamar, pemandangan yang dapat dilihat dari kamar, dan lainnya.

Deluxe Room

Deluxe room memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dua jenis kamar sebelumnya. Hal ini tampak dari ukuran kamar yang lebih besar, serta interior kamar yang terkesan lebih mewah.

Twin Room

Twin room menyajikan dua tempat tidur ukuran single yang terpisah. Jenis kamar ini sangat cocok digunakan untuk pasangan, suami isteri, menginap bersama teman, atau keluarga kecil dengan dua anak.

Single Room

Single room merupakan kamar paling umum. Kamar hotel ini menyajikan satu single bed, sofa, dan kamar mandi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Biasanya, jenis kamar ini menjadi favorit para backpacker  karena harganya yang murah dan fasilitasnya yang cukup untuk satu orang.

Double Room

Jenis double room bisa menjadi pilihan. Kamar ini umumnya mempunyai kasur yang besar, semisal king size.

Family Room

Kamar hotel jenis family room ini jauh lebih luas dibandingkan kamar lainnya. Biasanya kamar hotel family room ini terdiri dari satu tempat tidur ukuran king size dan satu tempat tidur ukuran yang lebih kecil.

Junior Suite

Yang membedakannya dengan kamar lainnya, kamar hotel junior suite adalah memiliki ruang tamu. Meski begitu, ruang tamunya ada di satu ruangan dengan tempat tidur. Karena fasilitasnya itu, harganya juga tentu berbeda dengan kamar lain yang tidak mempunyai ruang tamu.

Suite Room

Kamar junior suite room, jenis kamar ini juga memiliki fasilitas yang sama, yaitu ruang tamu. Tetapi, ruang tamu yang ada di kamar hotel suite room ini letaknya terpisah dengan kamar tidur. Selain dari ruang tamu, kamar ini umumnya juga dilengkapi dengan dapur.

Presidential Suite

Presidential suite room merupakan jenis kamar paling bagus dan paling mahal. Mempunyai fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari ruang tamu, dapur, ruang makan, teras, hingga menyajikan pemandangan terbaik.

Connecting Room

Pengertian connecting room hotel dan fungsinya
https://travel.kompas.com/

Connecting room juga biasa dikenal dengan connecting door. Kamar jenis ini adalah dua kamar yang memiliki pintu khusus di tengah ruangan yang bisa menghubungkan kamar satu dengan kamar hotel lain yang ada di sampingnya.

Alokasi seperti ini biasanya banyak diminta oleh pasangan orang tua yang berlibur bersama anak-anaknya. Selain itu, istilah kamar ini juga biasa dipilih oleh tamu yang akan merayakan acara dengan jumlah kapasitas lebih dari yang ditetapkan pihak hotel.

Kamar jenis ini juga memiliki keunggulan, salah satunya tamu memiliki ruang privasi dan waktu kebersamaan yang diinginkan. Ruangan ini tentu memberikan sensasi berada di rumah sendiri.

Walaupun demikian, untuk membuka pintu dari kamar hotel connecting room ini harus dengan dua kunci dari dua sisi berbeda. Jadi, kamu tidak bisa membukanya dengan satu kunci saja, harus ada orang lain yang membuka kunci dari sisi kamar lain agar pintu ini bisa terbuka. Tetap bisa bersama, namun privasi tetap saling terjaga.

Sementara itu, ada jenis kamar serupa connecting room, yaitu adjoining room. Jika connecting room disekat dengan pintu di tengah ruangan, adjoining room kamar tanpa pintu tetapi hanya disekat dinding saja.

Kamar hotel connecting room banyak disediakan pada hotel atau penginapan yang segmen pasarnya keluarga. Berbeda dengan kamar hotel standar yang berupa satu kamar dengan satu akses masuk, kamar jenis ini memiliki pintu lain yang menghubungkan dengan kamar di sebelahnya.

Jadi setiap pengguna kamar bisa saling terhubung tanpa harus melewati koridor utama dari hotel tersebut.

Fungsi Connecting Room Pada Hotel

Fungsi utamanya sebenarnya adalah agar kalian bersama teman, keluarga, atau orang terdekat, bisa tetap merasakan kebersamaan yang diinginkan.

Kamar jenis ini sendiri sangat cocok untuk kalian yang menginap dan melakukan perjalanan dengan keluarga besar. Memang jika hanya dilakukan dengan keluarga kecil atau pasangan, kamar standar bisa jadi pilihan. Namun untuk kapasitas yang lebih besar kalian dapat menjadikan kamar jenis ini jadi opsi utama.

Tak hanya connecting room saja, sejumlah hotel juga hadir dengan adjoining room.

Adjoining room merupakan istilah yang biasanya dipakai untuk merujuk pada dua buah kamar atau lebih yang terletak saling bersebelahan di dalam satu lantai yang sama, tetapi tak saling dihubungkan dengan pintu hubung atau connecting door.

Kehadiran dari sederet kamar yang saling bersebelahan ini tentu sangat cocok untuk kalian yang menginap bersama-sama dengan para rombongan atau keluarga besar kalian.

Perbedaan Connecting Room dengan Adjoining Room

Meskipun memiliki kesamaan, namun dua tipe kamar ini tentu memiliki perbedaan di dalamnya.  Lantas, apa yang membedakan dua jenis kamar hotel ini? Berikut adalah penjelasan singkatnya:

Bentuk Ruangan

Tak seperti connecting room yang yang hadir dengan pintu penghubung, Adjoining Room justru tidak memiliki jenis pintu yang sama, sehingga akses masuk pada setiap kamar hanya ada pada pintu utama saja.

Hal ini tentu membuat kalian harus keluar dari kamar yang kalian tempati terlebih dahulu untuk mengakses kamar yang berada di sebelah kalian.

Walaupun begitu, adjoining room dirasa sangat cocok untuk kalian yang menginap dengan sebuah rombongan maupun keluarga besar, namun tetap ingin menjaga privasi kalian masing – masing.

Lokasinya

Adjoining room tidak hanya berpacu pada sejumlah ruang yang terletak saling berdampingan saja, namun juga bisa berpacu pada sejumlah ruang di bangunan yang berbeda, namun terletak di lokasi yang saling berdekatan.

Fungsi kamar

Walaupun ini bukan hal yang mutlak, namun connecting room disarankan untuk rombongan yang terdiri dari anggota keluarga.

Di sisi lain, adjoining room lebih disarankan untuk jenis rombongan yang terdiri dari rekan kerja, rombongan sekolah, dan sejenisnya.