Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

Hotel merupakan sebuah bangunan yang di kelola secara komersial oleh suatu badan usaha akomodasi yang di dalamnya menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman dan jasa lainnya yang dapat di sewakan kepada masyarakat umum.

Di kota – kota besar, hotel merupakan sebuah tempat yang paling tinggi di minati oleh wisatawan dalam berkunjung.

Perkembangan bisnis hotel pun pada saat ini semakin pesat, kebutuhan hotel yang berada di pusat kota semakin tinggi akan fasilitas yang mereka butuhkan.

Besarnya minat wisatawan yang berkunjung, dapat meningkatkan peluang bisnis baik secara objek wisatanya itu sendiri maupun usaha bisnis lainnya yang berhubungan dengan aktivitas wisatawan.

Bidang perhotelan memiliki peranan yang penting dalam perkembangan bisnis suatu Negara. Bekerja di bidang perhotelan memiliki kesempatan untuk bisa menikmati kemewahan hotel dan kenyamanan kehidupan di dalam hotel.

Staf hotel merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh parap fresh graduate. Maka tak jarang saat ini banyak sekali mahasiswa yang kerap mengambil jurusan perhotelan dalam pendidikannya.

Berikut di bawah ini adalah peluang kerja jurusan perhotelan.

Peluang Kerja di Bidang Perhotelan

Hotel Manager

prospek kerja di bidang perhotelan
https://newestjob.id/

Menjadi seorang hotel manager ini merupakan salah satu prospek pekerjaan dalam jurusan perhotelan. Hotel manager ini akan bertanggung jawab dalam mengatur segala kebutuhan hotel, mulai dari segala aspek operasional, pemasaran, dan sales hotel.

Pekerjaan ini membutuhkan ilmu dasar seperti bisnis, manajemen, dan keuangan supaya bisa mengatur hotel dengan baik.

Manajer Hotel mengawasi semua aspek menjalankan hotel, mulai dari tata tertib dan pemeliharaan umum hingga manajemen anggaran dan pemasaran hotel. Selain itu tanggung jawab manajer hotel diantaranya:

  • Menerapkan standar operasional prosedur kepada semua staf dan menjaga serta mengontrol pelaksanaannya dilapangan supaya para karyawan akan selalu bekerja dengan baik .
  • Mengontrol pembelian agar terhindar dari pengeluaran yang berlebihan, menjaga keseimbangan antara pembelian dengan pemasukan sehingga target pendapatan tercapai dengan baik.
  • Manajer hotel di wajibkan untuk aktif dalam mengontrol seluruh kesalahan kinerja dan fasilitas yang di gunakan. Hal ini bertujuan agar semua fasilitas hotel bekerja sesuai dengan apa yang di harapankan.
  • Mengecek jumlah penjualan yang telah di lakukan per bulannya yang di jadikan sebagai bahan pertimbangan, hal ini bertujuan agar seluruh aturan manajemen dalam penjualan dapat mencapai target.
  • Seorang operasional manajer dituntut untuk responsif dan sensitif dalam mendeteksi sebuah potensi yang bisa meningkatkan penjualan misalkan dengan adanya komentar tamu di online booking akan dijadikan sebagai acuan perbaikan dan perubahan karena acuan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kinerja team work berpacu untuk maju.

Restaurant Manager

Di dalam hotel, baik itu hotel skala menengah maupun kelas atas tentu terdapat restoran di dalamnya. Maka dari itu, tentu di butuhkan seorang manajer restoran di hotel tersebut.

Seorang yang berprofesi sebagai manajer di restoran, biasanya bekerja untuk mengawasi jalannya operasional di dalam restoran tersebut setiap harinya.

Seorang manajer memiliki wewenang untuk merekrut karyawan hingga memecat karyawan serta menentukan menu dan mengawasi segala kebutuhan dapur.

Seorang manajer restoran juga harus mampu mengordinir segala acara yang akan di adakan di restoran hotel tersebut.

Wedding Sales Manager

Wedding sales manager atau bisa di sebut juga dengan event atau banquet manager ini merupakan salah satu peluang kerja dalam jurusan perhotelan.

Hotel sering kali di jadikan lokasi dalam menyelenggarakan berbagai macam acara, mulai dari meeting, acara ulang tahun hinggal resepsi pernikahan.

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk merencanakan dan memastikan acara yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Seorang yang berprofesi sebagai wedding sales manajer di wajibkan bisa mengkoordinasi dan mengawasi pihak yang terlibat di dalam event tersebut, seperti food and baverage, kitchen, waiter dan waitress, pengisi acara hingga vendor – vendor lainnya.

Wedding sales manajer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menjembatani antara pihak klien dengan pihak hotel.

Adapun tugas seorang wedding sales manajer dalam mengkoordinasi pihak klien, antara lain yaitu :

  • Memberi konsultasi anggaran kepada klien sesuai dengan kemampuan budgeting klien.
  • Melakukan penawaran kerjas sama kepada berbagai jenis vendor pernikahan.
  • Bertanggung jawab atas kelancaran acara klien dengan kerjasama bagian lain.
  • Membuat paket penawaran pernikahan dan bertanggung jawab atas harga yang ditawarkan.

Food & Beverage Manager

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan
https://www.mastermeeting.it/

Setiap hotel tentu membutukan seorang food dan baverage manager untuk mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan yang di sajikan untuk para tamu yang berkunjung.

Room Sales Manager

Menjadi profesi seorang room sales manajer bukanlah pekerjaan yang seperti sales pada umumnya. Room sales manajer ini bertugas untuk menarik tamu hotel dengan cara memaksimalkan fasilitas kamar, melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga menganalisa kebutuhan dan sifat tamu agar bisa menawarkan layanan terbaik bagi tamu.

Adapun tugas seorang Room Sales Manajer hotel diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mempromosikan produk hotel, seorang room sales manajer hotel memiliki tugas untuk melakukan promosi produk hotel. Dalam melakukan produk hotel, sales hotel harus bekerja secara profesional. Semua dilakukan dengan benar dan tidak membawa image yang buruk. Karena, jika membawa citra yang buruk akan berpengaruh kepada hotel.
  • Menjamin kepuasan pelanggan sales bertugas untuk menjamin kepuasan terhadap pelanggan. Kepuasan dari pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting. User berpengalaman yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini untuk memberikan citra yang baik dan membuat tamu tersebut kembali membeli produknya. Jadi, sales harus selalu menjamin kepuasan pelanggan.
  • Melakukan pendekatan dengan mitra kerja sales juga bertugas untuk melakukan pendekatan dengan mitra kerja. Saat ini, hotel bisa dilakukan pemesanan menggunakan banyak OTA atau Online Travel Agencies. Disinilah, peran dari sales agar bisa melakukan pendekatan dengan para online travel agencies. Tentunya, agar para tamu semakin lebih mudah dalam melakukan pemesanan hotel. Dengan begitu, target penjualan akan semakin mudah tercapai.

 Pattisier

Bagi kalian yang gemar sekali membuat kue maupun dessert, mungkin bisa mengembangkan hobi dalam membuat pastry. Pasalnya, lulusan jurusan perhotelan juga bisa mengembangkan kreativitas diri dan keahliannya untuk menjadi pattisier. Pattisier sama seperti chef akan tetapi mereka lebih fokus pada pembuatan dessert atau kue.

Chef

Bagi yang hobi memasak, berkarir sebagai chef juga cukup menarik. Lulusan dari jurusan perhotelan juga diajarkan bagaimana cara membuat makanan, menata makanan, agar bukan hanya sempurna dari segi rasa tetapi juga punya kesan artistik dalam penyajian.

Barista

Barista merupakan orang yang memiliki keterampilan khusus dalam hal menyajikan kopi. Dalam jurusan perhotelan, diajarkan juga keterampilan tentang teknik dan cara dalam menyajikan dan meracik kopi seperti espresso, latte, cappucino dan lainnya.