Sejarah Industri Perhotelan yang Wajib di Ketahui

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Secara umum, pengertian hotel adalah perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya bagi tamu yang datang, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu atau bisa dibilang semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Hotel adalah sebuah bangunan, perusahaan atau usaha yang menyediakan jasa inap dan juga menyediakan makanan dan minuman bagi tamu yang datang serta mempunyai fasilitas jasa lannya. Yang mana semua fasilitasnya juga di peruntukkan bagi masyarakat umum.

Adapun fasilitas yang di miliki hotel biasanya sebagai berikut :

  • Jasa penginapan
  • Pelayanan makan dan minum
  • Jasa laundry
  • Jasa penggunaan perabot dan lainnya
  • Jasa menyediakan kebutuhan bagi wisatawan yang bermalam di hotel tersebut

Hotel merupakan badan usaha yang sangat padat karya dan juga membutuhkan investor yang lumayan besar. Karena hotel juga menyediakan jasa yang lumayan banyak.

Ada juga hotel yang menyediakan jasa travel. Di karenakan letak bangunan hotel, hotel dapat di golongkan menjadi beberapa jenis.

Jika hotel terdapat pada tengah kota kita bisa menyebutnya dengan city hotel, dan jika terdapat pada pinggiran kota biasanya disebut dengan resident hotel. Hotel juga memiliki kelas tersendiri, dari hotel kelas melati, hotel dalam skala besar.

Indonesia yang terkenal sejak lama sebagai salah satu Negara pariwisata, mungkin sebagian banyak dari kita belum mengetahui sejarah perkembangan industry perhotelan di Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika perkembangan industri perhotelan memang tidak banyak diketahui oleh sebagian orang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Indonesia cukup terkenal sebagai negara pariwisata yang memiliki berbagai tempat yang untuk dikunjungi.

Namun, dulu kebanyakan wisatawan asing yang datang ke Indonesia lebih membutuhkan akomodasi pariwisata atau penginapan yang cukup memadai.

Perkembangan hotel-hotel di Indonesia ini dimulai pada masa penjajahan kolonial Belanda. Yang mana pada saat itu banyak sekali hotel-hotel yang bercorak Belanda. Bahkan, hingga saat ini hotel-hotel tersebut juga masih beroperasi dan terkenal sebagai Herritage Hotel.

Seiring berjalannya waktu hotel-hotel peninggalan Belanda Ini sudah mau di renovasi agar lebih layak untuk dihuni dan sesuai dengan kebutuhan para wisatawan saat ini. Kebanyakan hotel-hotel peninggalan Belanda Ini juga dirubah namanya.

Seperti halnya pada tahun 1960 terdapat sebuah hotel yang bernama Des Indes. Hotel ini diambil alih oleh pemerintahan Indonesia dan namanya diganti menjadi Hotel Duta Indonesia. Bahkan, pada tahun 1971 hotel ini dibongkar habis dan dijadikan sebagai pertokoan Duta Merlin.

Namun tidak semua hotel yang di bangun pada masa Belanda akan dirubah. Dengan kata lain, masih ada sebagian yang tetap mempertahankan bangunan kuno agar terlihat lebih unik.

Industri Perhotelan Setelah Orde Baru

sejarah industri perhotelan
https://id.wikipedia.org/

Setelah orde Baru, perkembangan industri perhotelan di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi terdapat Chainz management hotel internasional  yang masuk ke Indonesia.

Dampak yang didapatkan ini cukup besar, karena banyak merambah ke kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Sehingga perkembangan industri perhotelan mengalami peningkatan jika dibandingkan dari sebelumnya. Hal ini terlihat sangat jelas dengan dibangunnya hotel di beberapa daerah.

Kedatangan Chainz management hotel ini juga membuat hotel-hotel yang ada di Indonesia memiliki wajah arsitektur yang lebih berkembang dan juga innovatif. Di tambah lagi saat ini perhotelan di Indonesia juga dipengaruhi oleh perkembangan pariwisata itu sendiri.

Meskipun begitu hal ini menjadi salah satu tolak ukur mengenai sejarah baru perhotelan yang ada di Indonesia. Adapun perkembangan hotel di beberapa daerah seperti Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang dan lain sebagainya.

Pembangunan hotel ini disesuaikan dengan kelasnya  untuk menjamin kenyamanan para wisatawan. Hotel yang tersedia ini cukup beragam tergantung dari kelasnya. Yang mana kelas Hotel ini sangat dipengaruhi oleh fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia.

Industri Perhotelan dengan Pariwisata

Turut andil sejarah hotel di Indonesia dengan seiring berkembangnya dunia pariwisata. Dengan kata lain hotel-hotel yang ada di Indonesia ini juga masih berhubungan dengan industri pariwisata. Pasangannya hotel-hotel juga dibutuhkan oleh sebagian banyak wisatawan.

Secara logika nya turis atau wisatawan mancanegara tidak akan tertarik untuk mengunjungi berbagai wisata yang ada di Indonesia jika tidak terdapat akomodasi atau penginapan yang sangat memadai.

Seiring berjalannya waktu industri pariwisata mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dimulai pada saat Bali menjadi perhatian khusus Indonesia hingga wisatawan mancanegara, karena terkenal dengan tempat pariwisatanya.

Pertama kali di Bali dibangun Hotel Bali Beach pada tahun 1963. Setelah itu barulah dibangun Pelabuhan Udara Ngurah Rai selang 3 tahun dan menjadi salah satu pelabuhan internasional.

Bahkan hingga saat ini hotel-hotel yang ada di Bali cukup terkenal dan dipenuhi oleh turis-turis asing untuk menikmati berbagai tempat wisata yang ada.

Perkembangan Industri Perhotelan di Beberapa Daerah

Bukan hanya itu saja, seiring berjalannya waktu perkembangan industri perhotelan di Indonesia juga merambah ke beberapa daerah lain seperti hal nya Malang, Jawa Timur.

Yang mana Malang terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki objek wisata potensial. Dari sekian banyak daerah yang terdapat disana, kota batu cukup terkenal sebagai kota dengan hawa yang sejuk.

Dengan berbagai tempat wisata yang mulai diminati, seiring berjalannya waktu juga pemerintahan jasana memperbaiki fasilitas yang tersedia seperti halnya perhotelan.

Selain itu di Malang juga masih terdapat hotel-hotel peninggalan kolonial Belanda yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan dapat dioperasionalkan untuk mempertahankan sejarahnya.

Ada juga beberapa hotel yang sudah mengalami renovasi agar terlihat kekinian dan nyaman untuk digunakan. Seperti halnya hotel tertua di Indonesia seperti Hotel Pelangi.

Daerah lain yang juga mengalami perkembangan industri perhotelan yaitu Bandung. Pasalnya di Bandung banyak sekali usaha yang mulai berkembang seperti cafe, distro, factory outlet, kuliner, home industri dan lain sebagainya.

Sehingga tak heran jika Bandung yang terkenal sebagai Kota kembang ini banyak sekali dikunjungi. Bahkan, saat weekend Bandung dikunjungi banyak wisatawan.

Nah, untuk menjamin kenyamanan para wisatawan, mulailah dibangun hotel-hotel. Hotel yang tersedia ini cukup beragam tergantung dari kelasnya. Yang mana kelas Hotel ini sangat dipengaruhi oleh fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia.

Sejarah Perkembangan Hotel di Indonesia

sejarah perkembangan hotel
https://travel.kompas.com/

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika  pada tahun 1960 di Indonesia terdapat sebuah hotel yang bernama Des Indes. Hotel ini diambil alih oleh pemerintahan Indonesia dan kemudian mengalami perubahan nama menjadi Hotel Duta Indonesia.

Bahkan, pada tahun 1971 hotel ini dibongkar habis dan dijadikan sebagai pertokoan Duta Merlin.