Pengertian English Service

Restoran merupakan suatu tempat yang menyediakan segala jenis makanan dan minuman untuk dapat di konsumsi tamu sebagai pengunjung untuk kebutuhan dalam rangka memperbaiki dan memulihkan kembali kondisi yang kurang fit setelah melakukan aktifitas atau melakukan suatu kegiatan.

Pelayanan pada setiap tamu di dalam sebuah restoran sangatlah hal yang paling penting dan harus di perhatikan.

Ada banyak sekali jenis sistem pelayanan di sebuah restoran khususnya resto kelas menengah bawah hingga menengah atas.

Masing-masing service tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jenis pelayanan restoran ini biasanya disesuaikan dengan bangunan, konsep dan juga jumlah pekerja yang akan memegang semua sistem disana.

Adapun salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah sistem pelayanan makanan “English Service”.

Sifat pelayanannya formil atau resmi biasa kita sebut dengan Family Service, artinya sifatnya cenderung kekeluargaan English Service mirip sekali dengan pelayanan yang biasa kita lakukan di rumah kalau kita makan bersama.

English service sering sekali di gunakan saat Thanks Giving Dinner di Amerika. Tuan rumah sekeluarga dan tamu akan duduk bersama menikmati makan malam dengan menu yang sama, mulai dari hidangan pembuka atau sop sampai kepada hidangan penutup.

English Service

Pengertian English Service
https://hotelier.id/

English service merupakan salah satu jenis pelayanan keluarga di mana pelayan mengantarkan makanan ke meja, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke para tamu lainnya.

English Service biasa di sebut dengan table service yang pada umumnya digunakan dalam acara keluarga yang sedang mengadakan acara di restoran.

Cara kerja dari english service ini adalah tuan rumah akan membagikan porsi untuk semua tamu yang hadir. Sedangkan pelayanan restoran tugasnya membantu tuan rumah tersebut.

Tetapi saat ini english service sudah tidak banyak lagi yang menggunakannya. Karena menurut beberapa orang, jenis pelayanan table service yang satu ini akan merepotkan tuan rumah.

Sehingga sangat jarang restoran yang menggunakan english service. Negara yang masih menggunakan english service adalah Amerika serikat.

Sedangkan di negara Indonesia menerapkan english service ini dengan cara meletakan seluruh makanan di hadapan para tamu atau pengunjung.

Sehingga pengunjung dapat mengambil makanan sendiri yang terdapat di atas meja makan sesuai keinginan dan sekera masing – masing.

Sesuai dengan namanya, sistem pelayanan restoran english service ini berkiblat dari negara inggris dimana secara garis besar pengunjung yang datang ke restoran atau diundang dalam acara jamuan makan akan dilayani secara langsung satu per satu sesuai menu yang diminta kemudian akan diberikan langsung ke meja hidang atau bisa juga dengan memilih menu secara langsung.

Namun, ada beberapa karakter cirri khas dari sebuah pelayanan English service yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya, di antara lain yaitu :

  • English service diadakan pada jamuan formal dan resmi.
  • English service bersifat kekeluargaan.

Meskipun jamuan formal dan resmi, sifat kekeluargaan dalam pelayanan English service ini terlihat cukup kental di dalamnya, karena tuan rumah sendirilah yang harus membagi – bagikan makan ke para tamu dan pengunjung.

Peralatan Makan English Service

Pengertian English Service
https://www.arinugraha.com/

Dalam sebuah pelayanan English service, material peralatan – peralatan ini sangatlah hal yang penting dan tidak dapat di sepelekan.

Pastinya sebuah hidangan yang di sajikan tidak akan lengkap tanpa adanya peralatan makan yang telah di susun dengan rapid an di pilih serta di persiapkan secara khusus untuk di gunakan para pengunjung dan juga tuan rumah.

Dibawah ini ada beberapa macam sistem dan cara pelaksanaan English service yang harus selalu di perhatikan dan tidak boleh terlewatkan satupun, antara lain sebagai berikut :

  • Hal yang pertama kali dilakukan dalam pelayanan English service adalah penuangan air dari sebuah cawan oleh tuan rumah, atau pelayan restaurant dilakukan dari sebelah kanan, lalu berjalan ke arah se arah dengan jarum jam. Dan yang perlu di ingat adalah harus selalu dari sebelah kanan
  • Piring yang berbentuk oval dan panjang yang terbuat dari keramik di gunakan sebagai wadah hidangan dan akan di sajikan kepada para tamu. Piring oval tersebut akan di letakkan di atas meja, dan kemudian para tamu atau pengunjung dapat menikmati hidangan yang telah di sediakan oleh tuan rumah dan pelayan.
  • Pengambilan piring – piring yang telah di gunakan haruslah di ambil dari sisi kanan para pengunjung, akan tetapi untuk membersihkan sisa makanan dari atas meja haruslah di lakukan dari sisi sebah kiri para tamu. Hal tersebut haruslah di perhatikan dan tidak boleh di anggap sepele.
  • Menuangkan minuman untuk para tamu baik itu kopi maupun teh, pelayan di wajibkan menuangkannya dari sebelah kanan dan hal ini berlaku dalam mengambil cangkir atau gelas yang telah kosong.

Kelebihan English Service

Adapun kelebihan yang kalian dapatkan dari sistem jamuan English Service, antara lain yaitu :

  • Terciptanya suasana kehangatan yang kekeluargaan antara tuan rumah dan para tamu dengan tuan rumah menyajikan makanan dan minuman ke hadapan para tamu dan pengunjung.
  • Para tamu akan mendapatkan menu dan sajian yang lengkap mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup. Makanan penutup ini biasanya di sajikan dengan berbagai macam dessert dan di letakkan langsung di atas meja para tamu, yag kemudia para tamu akan mengambil makanan tersebut sesuai dengan porsi yang mereka inginkan.
  • Para pelayan akan bekerja secara lebih efektif karena dengan metode English service ini akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melayani pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak.

Kekurangan English Service

Meskipun terlihat bagus, berkelas, dan menawan, namun pelayanan English service ini terdapat sisi kekurangannya yang perlu kalian ketahui, antara lain yaitu :

  • Jika para tamu dan pengunjung dapat dengan mudah mengambil makanan dan minuman yang mereka inginkan, membuat tamu akan merasa bosan adalah hal yang mungkin akan terjadi.
  • Pelayanan English service ini sangatlah tidak efektif untuk di aplikasikan ke dalam restoran cepat saji dan komersial.
  • Sulitnya para pelayan dalam mengukur porsi perorangan yang biasanya di lakukan oleh seorang pelayan restoran.

Salah satu contoh jenis tipe English Service, yaitu Service A’la Ritz . Service A’la Ritz pada umumnya di aplikasikan ke dalam English service yang sifatnya mewah dan meranik.

Dimana tamu yang hadir tidak di layani oleh tuan rumah, akan tetapi akan di layani oleh seorang captain dari sebuah restoran yang telah memiliki pengalaman dan di bantu oleh para pelayan lainnya.

Captain restoran akan memperlihatkan keahliannya dalam menghidangkan semangkuk sup, memotong daging, mencapurkan salad, membuat saus dan lain sebagainya langsung di hadapan para tamu undangan dan pengunjung.