Pengertian Cutlery Beserta Jenis dan Fungsinya

Peralatan makan merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam proses pembuatan makanan hingga menyajikan makanan sampai di meja hidang.

Di dalam dunia food and beverages, ada banyak sekali jenis-jenis pembagian peralatan makan. Jenis yang paling umum dicari dalam kehidupan kehari – hari adalah pisau, sendok dan garpu. Alat-alat ini dikenal dengan sebutan cutlery set.

Cutlary set sendiri ialah termasuk ke dalam kategori flatware.  Flatware merupakan alat makan ataupun alat hidang yang terdiri atas sendok, garpu, dan alat potong berupa pisau.

Cutlery set adalah peralatan makan yang sangat penting karena sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pilihan cutlery set yang menarik juga dapat menambah kesan mewah pada meja makan.

Perawatan dan bahan material dari cutlery set juga dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakannya.

Peralatan makan cutlery set adalah peralatan makan yang lengkap dan biasanya berada di atas meja restoran dan ditata sedemikian rupa agar lebih terkesan menarik dan mewah.

Ada beberapa jenis cutlery yang pada umumnya di gunakan pada Banquet Section di dalam sebuah restoran antara lain adalah dinner fork, dessert fork, fish fork, serving fork, dinner spoon, dessert spoon, coffe tea spoon dan cake tong.

Semua peralatan tersebut berfungsi untuk membantu kita dalam menyantap makanan dan minuman. Peralatan ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel, tetapi juga ada yang terbuat dari keramik dan perak.

Selain dapat di gunakan sehari – hari, cutlery set juga cocok untuk dijadikan sebagai hadiah, karena cutlery set memiliki design dan warna yang menarik.

Cutlery set bisa digunakan untuk menikmati hidangan secara lengkap, dari makanan pembuka sampai penutup.

Peralatan Cutlery

Pengertian cutlery
www.rockettstgeorge.co.uk

Kategori cutlery set terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain yaitu:

1. Table spoon, Table Fork and Table Knife

Ketiga peralatan makan ini adalah peralatan yang biasanya di gunakan sebagai peralatan makanan untuk menyantap hidangan utama.

2. Dessert spoon, Dessert Forkand Dessert Knife

Ketiga alat ini memiliki bentuk yang berukuran lebih kecil, dan biasanya dapat digunakan untuk menyantap hidangan penutup.

3. Coffee spoon and Tea spoon

Sendok kopi memiliki bentuk yang hampir mirip dengan sendok the, akan tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda, dan harus di sesuaikan dengan kebutuhan masing – masing, yaitu mengaduk gula pada teh dan kopi.

4. Soup spoon

Sendok khusus ini memiliki bentuk yang lebih cekung, dan biasanya digunakan untuk menyantap berbagai makanan berkuah.

Saat ini banyak sekali dijual produk-produk rekomendasi cutlery set yang menarik dengan desain yang modern. Untuk peralatan seperti sendok, garpu dan pisau dibuat dari bahan stainless steel berwarna mengkilat, seperti silver dan gold.

Selain mencerminkan kesan mewah, peralatan makan cutlery set yang di buat dengan material tersebut akan tahan terhadap karat, kuat dan mudah di bersihkan.

Dibuat dari bahan-bahan tersebut karena tahan karat, kuat dan mudah dibersihkan.

Jenis Cutlery Dan Fungsinya

pengertian cutlery
https://www.promotionalwears.com/

Cutlery set memiliki jenis dan fungsi yang beragam, serta memiliki bentuk dan bahan dasar pembuatan yang berbeda-beda.

Cutlery set ini dianggap sebagai alat yang memiliki peranan yang penting terutama di gunakan dalam table service di sebuah tempat makan resmi.

Cutlery adalah alat makan dan minuman yang berfungsi memindahkan sesuatu makanan atau minuman dari piring atau dari gelas ke mulut.

Alat ini ada yang terbuat dari perak yang disebut Silverware, sedangkan alat yang terbuat dari keramik disebut Chinaware, namun pada umumnya Cutlery ini terbuat dari Stainless steel.

Bahan Pembuatan Cutlery

Terdapat 3 Jenis Bahan Pembuatan Cutlery Set

1. Stainless Steel

Stainless steel adalah bahan dasar yang paling umum yang di gunakan sebagai bahan material peralatan cutlery set. Stainless steel terbuat dari perpaduan mangannesse, silikon, nikel, kromium dan karbon.

Bahan ini sangat mudah di temukan dan pemasarannya pun sudah cukup banyak. Selain sangat mudah ditemukan, peralatan makan dari stainless steel juga memiliki harga yang murah.

Tidak hanya itu saja, bahan stainless steel memiliki keunggulan yang lain, seperti bahannya sangat kuat, mudah dibersihkan, dan tidak berkarat. Sehingga aman di gunakan sebagai peralatan makan.

2. Perak

Perak adalah bahan mineral yang biasanya digunakan sebagai bahan membuat perhiasan. Namun siapa sangka ternyata perak juga bisa digunakan sebagai bahan dari peralatan makan cutleries, seperti garpu, sendok, sumpit dan cawan.

Peralatan makan yang terbuat dari perak memiliki banyak keunggulan, seperti lebih tahan lama dan anti karat dibandingkan bahan stainless.

Warna alami dari perak juga dapat membuat peralatan makan tampak menjadi lebih mewah dan elegan. Namun tentu saja, harga yang ditawarkan peralatan makan dari perak lebih mahal di banding dengan bahan dari stainless steel.

3. Kayu

Peralatan makan cutleries ada juga terbuat dari kayu. Meskipun terkesan sederhana, namun peralatan makan dari kayu masih saja digunakan karena memiliki banyak keunggulan dari pada bahan yang lain.

Kayu tidak menghantarkan panas, sehingga kayu tidak ikut panas walaupun bersentuhan dengan sesuatu yang panas. Selain itu, kayu bersifat anti karat, sehingga lebih aman jika digunakan sebagai alat makan.

Fungsi Cutlery

Adapun Fungsi dari Cutlery set adalah sebagai berikut :

1. Dessert Size

Cutlery set yang pertama adalah sebagai dessert size. Pada umumnya memiliki bentuk yang berukuran sekitar 18 hingga 22 cm dan sangat cocok digunakan oleh orang Asia.

Ukurannya tidak terlalu besar sehingga sering digunakan untuk menyantap makanan utama maupun makanan pembuka. Sering kali biasanya beberapa restoran juga menggunakan dessert size ini saat menyajikan course meals.

Cutlery set ini dilengkapi sendok teh juga garpu untuk kue, sehingga memudahkan seseorang untuk menyantap makanan pembuka, acara minum teh maupun hidangan penutup.

2. Mini Size

Mini size adalah cutlery set yang memiliki ukuran yang tepat untuk menikmati secangkir the di waktu bersantai. Cutlery set ini terdiri dari garpu kue, sendok teh dan juga sendok kopi.

Ukuran dari set produk ini sekitar 14 cm, dan sangat cocok untuk digunakan untuk menikmati teh, es krim ataupun kopi.

Tidak hanya itu, terdapat juga ukuran 12 cm yang cocok digunakan untuk menikmati makanan yang manis maupun buah-buahan.

Cutlery set ini sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Apabila ingin menikmati kopi pastikan terdapat sendok kopi didalam cutlery set. Begitu juga sebaliknya jika ingin menikmati teh.

3. Table Size

Table size adalah cutlery set yang sangat cocok untuk kalian yang ingin menggunakan cutlery set untuk course meal. Di Negara Amerika dan Eropa, produk ini memiliki ukuran 20 hingga 24 cm.

Isi dari cutlery set ini adalah terdiri dari table spoon, table fork, table knife, garpu ikan, pisau ikan, dan sendok sup.