Cara Menjawab Interview Kerja di Hotel

Bagaimana cara menjawab pertanyaan interview dengan baik dan tepat? Pertanyaan ini mungkin yang akan muncul di benak Anda ketika mendapat pengumuman lolos seleksi berkas dan akan melanjutkan tahap selanjutnya yakni tahap interview.

Proses interview menuntut Anda beserta para kandidat lain untuk berhadapan dengan seorang HRD yang akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab dengan baik. Tahap ini dianggap menakutkan bagi sebagian orang termasuk calon-calon pekerja hotel.

Industri perhotelan merupakan sebuah industri yang sangat menarik untuk digeluti. Banyak yang tertarik untuk bekerja di hotel karena cakupannya luas dengan gaji yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan industri perhotelan menarik pelanggan dari berbagai negara.

Seiring bertumbuhnya kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, industri perhotelan juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga lowongan pekerjaan yang tersedia untuk industri ini juga semakin banyak.

Mengapa sesi interview sangat menegangkan bagi sebagian orang?

Sesi interview sebenarnya tidak memakan waktu terlalu lama. Lazimnya sebuah interview profesional kerja hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit sampai 45 menit.

Durasi yang dilakukan kepada kandidat satu bisa jadi berbeda dengan kandidat lain, karena memang sejatinya tidak ada aturan tertentu mengenai berapa lama seorang perekrut melakukan wawancara.

Kandidat biasanya merasa gugup karena kurang persiapan sehingga ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD, jawaban yang keluar terkesan tidak nyambung dan keluar dari konteks.

Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan saat sesi interview ternyata ada beberapa yang berupa pertanyaan jebakan yang bertujuan untuk mengetahui soft skill yang dimiliki oleh calon karyawan. Beberapa pertanyaan jebakan ini seringkali ditanyakan interviewer dan banyak calon karyawan yang gagal menjawab pertanyaan ini dengan baik.

Pertanyaan-pertanyaan dan cara menjawabnya

Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer dengan baik? Anda harus mengawali dengan mengenali dan memahami pertanyaan sehingga jawaban yang diberikan tepat sesuai dengan yang diinginkan oleh interviewer.

istockphoto.com

Sebelum Anda melewati sesi interview, tentunya Anda harus memiliki kemampuan yang bisa ditawarkan saat bekerja nanti. Pendidikan yang berkaitan dengan bidang perhotelan bisa didapatkan sejak jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Kini telah banyak SMK yang menawarkan pendidikan di bidang industri perhotelan di beberapa kota di Indonesia. Selain itu, kampus atau perguruan tinggi juga banyak yang menawarkan jurusan yang dibuat khusus untuk bidang perhotelan.

Meskipun demikian, bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan bukan di bidang industri perhotelan tetap memiliki peluang untuk bekerja di hotel. Anda bisa menempuh pelatihan atau program sertifikasi guna mendapatkan kualifikasi khusus yang bisa digunakan untuk mendaftar di lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan industri perhotelan.

Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan dan cara menjawabnya:

Apa kelemahan anda?

Jika Anda mendapatkan pertanyaan semacam ini, maka anda harus memahami bahwa interviewer sedang menguji dan mencari tahu tentang tingkat kepercayaan diri anda dan bagaimana anda mengatasi kelemahan yang anda miliki, karena sejatinya tidak ada orang yang sempurna di dunia ini.

Jawablah dengan jujur dan terbuka mengenai kelemahan yang anda miliki, tambahkan bagaimana cara anda bisa mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya:

“Saya agak kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih banyak dalam memahami sesuatu yang baru, Pak/ Bu. Namun saya bisa mensiasatinya dengan memperbanyak referensi dan dialog dengan rekan kerja sehingga bisa memahami tugas baru dengan lebih efisien”.

Mengapa anda layak diterima bekerja di sini?

Jawaban yang Anda lontarkan harus menghindari kata-kata seperti: “Saya adalah seorang pekerja keras” atau “saya orang yang memiliki disiplin tinggi”. Namun Anda bisa memulai dengan menyebutkan keunggulan yang anda miliki, misalnya:

“Bapak/ Ibu tentu sudah melakukan wawancara dengan banyak kandidat lain untuk menyeleksi sehingga mendapatkan orang yang tepat untuk menempati posisi ini. Saya dengan penuh kerendahan hati berkomitmen apabila saya diberi kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini, maka saya akan bekerja dengan sebaik mungkin. Pengalaman di perusahaan sebelumnya menjadi bekal untuk bekerja dengan lebih maksimal di perusahaan ini. Saya juga gemar mengeksplor ide-ide baru yang akan relevan diaplikasikan ke depannya”

Berapa gaji yang Anda harapkan dari perusahaan untuk posisi ini?

Sebelum tiba waktu interview pastikan Anda telah melakukan riset terkait benefit untuk posisi yang akan dilamar, sehingga Anda tahu kisaran gaji yang akan didapatkan.

Berikan kesan bahwa Anda fleksibel mengenai gaji yang diharapkan. Anda bisa memberikan gambaran minimum kebutuhan bulanan anda dan ketersediaan untuk mempertimbangkan jika memang bisa mengcover kebutuhan bulanan.

Apa yang membuat anda tertarik bergabung dengan perusahaan kami?

Pastikan Anda sudah mempersiapkan degan mencari tahu tentang perusahaan yang tengah Anda lamar. Informasi tentang perusahaan bisa dengan mudah didapatkan di website atau bertanya kepada rekan anda.

Perusahaan lazimnya memiliki prestasi atau keunggulan di bidangnya. Sampaikan bahwa keunggulan yang dimiliki perusahaan ini membuat Anda tertarik dan termotivasi untuk bekerja sehingga perusahaan bisa lebih maju.

Sampaikan pula beberapa orang yang mungkin Anda kenal yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, bahwa nantinya anda akan senang bisa bekerja sama dengan mereka.

Menurut Anda, kemampuan apa yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bisa sukses dalam dunia perhotelan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai kepribadian dan keterampilan yang kamu miliki. Pikirkanlah karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh pekerja hotel dan bagimana anda bisa memperoleh kualitas tersebut. Tunjukan bahwa anda memiliki pengalaman dalam menghadapi pekerjaan tersebut. Misalnya:

“Menurut pendapat saya, orang yang memiliki attitude yang baik akan bisa mencapai kesuksesan di dunia perhotelan. Pada saat seseorang memiliki attitude yang baik, maka ia akan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan membuat orang-orang disekitar nyaman. Akhirnya dia akan merasa nyaman pula bekerja di hotel, karena dia mampu berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Saya merasa senang dan nyaman berinteraksi dengan orang lain, sehingga saya bisa memberikan respek kepada setiap orang dan menunjukkan bahwa saya siap membantu apa yang dihadapi oleh para customer”

Apakah layanan untuk pelanggan penting untuk diperhatikan?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur sikap dan kemampuan yang kamu miliki dalam melayani pelanggan. Salah satu faktor kunci yang diunggulkan dalam industri perhotelan adalah pelayanan yang baik. Hal ini akan memberikan kepuasan tersendiri dan membangun loyalitas pelanggan.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu takut untuk mengatakan bahwa memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan adalah sesuatu yang cukup menantang. Bagimanapun interaksi sosial adalah sesuatu yang cukup rumit sehingga bukan hal yang mudah untuk membuat semua pelanggan merasa puas.

Jawablah dengan sederhana bahwa layanan untuk pelanggan penting untuk dilakukan dengan standar prosedur tertentu yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

Apakah ada hal yang ingin ditanyakan?

Interviewer biasanya memberikan pertanyaan ini di akhir sesi wawancara. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan kesan terakhir bahwa anda tertarik terhadap perusahaan.

Tanyakanlah pertanyaan yang relevan dengan posisi yang anda lamar ataupun yang berkaitan dengan peruahaan. Misalnya “Apa tantangan yang harus saya hadapi ketika saya diterima di posisi ini?” atau pertanyaan yang Anda punya ditambah dengan data analisis dengan kemampuan berpikir kritis anda.

Hindari menanyakan gaji dan benefit terlalu cepat, jika Anda mungkin kandidat yang tepat, maka interviewer akan dengan sendirinya mengajak anda untuk membicarakan hal tersebut.

Demikianlah ulasan tentang pertanyaan wawancara di hotel yang perlu anda ketahui. Anda bisa mempersiapkan pertanyaan yang lebih mendetail dengan melakukan riset lebih jauh mengenai hotel yang akan Anda lamar. Semoga sukses!