Pengertian Waitress, Fungsi dan Tanggung Jawab Waitress

Waitress merupakan seorang pelayan perempuan yang sering kali kita temukan di sebuah restoran, kafe, hotel, rumah makan maupun kapal pesiar.

Waiterss bertanggung jawab sebagai pelayan dalam melayani kebutuhan para tamu atau pengunjung. Di Indonesia, waiters lebih di kenal dengan sebutan pelayan atau pramusaji.

Waiters melayani seorang pengunjung mulai dari mereka memasuki tempat kita bekerja hingga para pengunjung keluar dari tempat tersebut.

Waiterss pada umumnya seorang karyawan restoran yang biasanya melayani para tamu dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum secara professional.

Waiterss tentu memiliki tugas dalam memnyampaikan informasi mengenai segala macam menu yang tersedia di dalam sebuah restoran tersebut.

Waiterss dalam menjalankan tugasnya tentu harus selalu menjaga sopan santun baik dalam berbicara maupun dalam melayani para pelanggan dengan ekspresi tubuh.

Waitess harus bekerja secara professional dan harus selalu berpedoman pada standar operational procedure yang berlaku, hal ini jelas segala tugas harus dapat di jalankan sesuai dengan koridor yang telah di tentukan oleh restoran.

Kepuasan para tamu di tentukan dengan pelayanan para waiterss, pengunjung yang datang dan merasa puas dengan pelayanan restoran tentu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Maka dari itu, menjadi seorang waiterss tentu wajib mengetahui apa saja yang harus ia lakukan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung restoran.

Fungsi Waitress

Pengertian Waitress, Fungsi dan Tanggung Jawab Waitress
https://kumparan.com/

Dengan adanya seorang Waitress tentu bisa memudahkan tamu yang datang. Adapun beberapa fungsi waiterss yang perlu kalian ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Waiterss wajib membantu tamu dalam memilih tempat duduk
  • Waiterss wajib membantu tamu dalam memesan makanan dan minuman
  • Waiterss wajib membantu memberikan informasi dan menjelaskan menu minuman atau makanan yang mungkin belum diketahui oleh tamu

Tugas dan Tanggung Jawab Waitress

Pengertian Waitress, Fungsi dan Tanggung Jawab Waitress
https://www.dreamstime.com/

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa fungsi waiterss adalah melayani dengan baik kepada setiap para pengunjung yang datang ke restoran.

Adapun tugas dan tanggung jawab yang harus di jalankan oleh para waiterss di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Menyambut seluruh pengunjung yang datang ke restoran
  • Mempersilahkan pengunjung untuk duduk
  • Menawarkan dan menjelaskan menu yang tersedia di restoran
  • Menyajikan makanan dan minuman yang telah dipesan oelh pengunjung
  • Melakukan penjelasan secara jelas dengan menawarkan makanan dan minuman penutup
  • Memberikan total tagihan kepada pengunjung
  • Mengambil gelas dan piring kotor

Adapun beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang Waitress di antaranya adalah :

  • Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian restoran
  • Bertanggung jawab atas semua inventaris peralatan dan perlengkapan restoran untuk pelayanan
  • Bertanggung jawab kepada kepala pelayan atas semua tugas yang telah diberikan

Jika kalian ingin menjadi seorang waiterss yang handal, kalian wajib memiliki skill atau kemampuan supaya dpat berjalan dengan lancer. Tiga skill yang wajib kalian ketahui diantaranya adalah :

1. Menguasai Bahasa Inggris

Seorang waiterss di tuntut untuk fasih dalam berbahasa inggris, baik secara lisan mauoun tertulis, terutama seorang waiterss yang bekerja di hotel berbintang.

Untuk bisa pandai berbicara dalam bahasa inggris kalian dapat mengikuti kursus atau bimbel bahasa inggris ataupun dapat juga kalian belajar online secara autodidak dengan banyak latihan secara mandiri.

Jika kalian sudah mahir dalam berbahasa inggris, tentu itu akan menjadi modal dan menjadi peluang untuk kalian nantinya bekerja.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai seorang waiterss tentu tugasnya akan selalu banyak berinteraksi dengan para tamu. Waiterss di tuntut harus memiliki kemampuan komunikasi yang lancar dengan tata cara berbicara yang teratur kepada para pelanggan.

Waiterss juga di wajibkan untuk menyambut tamu yang datang dengan baik, dan juga wajib menawarkan makanan dan minuman dengan menu yang tersedia di restoran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

3. Cara Membawa Tray

Kemampuan dalam membawa tray tentu sangan di pertimbangan saat kalian menjadi seorang waiterss. Kalian di wajibkan untuk mempelajari cara membawa try ke sebuah meja pelanggan dengan terlihat tetap elegan dan professional.

Jika kalian bekerja di restoran biasanya membawa tray ini akan di adakan training terlebih dahulu agar waiterss dapat bekerja dan menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Posisi Seorang Waitress

Ada banyak macam – macam posisi seorang waiterss dalam sebuah restoran dengan tugas yang berbeda – beda. Antara lain yaitu :

1. Greeter

Greeter adalah bagian waiterss yang bertugas untuk menyambut pengunjung yang datang pertama kali dan mengarahkan pengunjung tersebut ke tempat duduk yang telah disediakan.

2. Taking Order

Taking order adalah bagian waiterss yang memiliki tugas dalam menjual atau menawarkan makanan dan minuman berdasarkan menu yang tersedia di restoran kepada pengunjung yang datang, serta memberikan informasi makanan dan minuman yang sedang prmo ataupun yang sedang populer.

3. Food Checker

Food checker adalah salah satu bagian waiterss yang memiliki tugas menghandle pesanan para pelanggan untuk diserahkan ke kitchen, serta mengontrol makanan dan minuman sebelum disajikan kepada pelanggan yang memesan.

4. Runner

Runner merupaka seorang waiterss yang memiliki tugas dalam membantu food checker dalam mengantar makanan ke meja pelanggan yang memesan.

Standart Penampilan Waitress

Ada beberapa ketentuan untuk menjadi seorang waitress di sebuah restoran, khususnya ketentuan standar penampilan dari seorang pramusaji di restoran-restoran berbintang adalah sebagai berikut :

1. Kebersihan Badan

Kebersihan badan merupakan suatu hal yang harus di perhatikan yang paling utama. Seorang waiterss wajib selalu menjaga kebersihan badan dan harus selalu tampil bersih, karena waiterss akan selalu bertemu dengan banyak orang, sehingga kebersihan badan harus tetap di jaga.

2. Kulit

Selain kebersihan badan, kebersihan kulit juga harus di perhatikan. Karena kulit yang terawatt tentu akan menjadi penunjang penampilan seorang waiterss saat menjalankan tugasnya melayani pelanggan yang datang.

3. Rambut

Penampilan dan kesehatan rambut seorang waitress tidak boleh di sepelakan. Waiterss harus menata rambut dengan rapi agar selalu terlihat rapi para tamu yang berkunjung.

4. Tangan dan Kuku

Seorang waiterss tidak boleh terdapat bagian kuku yang kotor atau tidak terawatt. Tangan dan kuku harus dijaga kebersihannya.

5. Mulut dan Gigi

Salah satu tugas waiterss adalah menawarkan makanan dan minuman serta memberikan informasi kepada para pelanggan yang datang.

Maka seorang waiterss tidak boleh menganggap remeh kesehatan dan kebersihan bagian mulut dan gigi, karena ini merupakan hal yang penting.

6. Emas dan Pehiasan

Emas dan perhiasan tidak di perbolehkan di kenakan oleh seorang waiterss. Hal ini bertujuan supaya waiterss terlihat lebih rapih, bersih dan higinis.

7. Kaus Kaki dan Sepatu

Seorang waiterss tidak di perbolehkan memakai kaus kaki dan sepatu yang kotor. Waiterss harus memperhatikan kebersihan kaus kaki dan sepatu yang akan kalian kenakan. Pilihkan kaos kaki dan sepatu yang nyaman di pakai.

8. Pakaian atau Seragam

Waiterss biasanya di berikan seragam oleh perusahaan dimana tempat ia bekerja, agar seluruh waiterss yang bekerja di suatu restorant tersebut terlihat rapi dan senada.