Pengertian Table Set Up

Di sebuah rumah makan, restoran maupun hotel tentu terdapat meja hidang di dalam nya, yang biasanya kita kenal dengan sebutan table set up. Table set up tentu sangat erat hubungannya dengan table setting.

Table set up memiliki banyak jenis dan model yang sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya teble set up yang di gunakan untuk makan pagi atau biasa kita sebut dengan breakfast, makan siang atau lunc ataupun makan malam atau dinner.

Ada juga table set up yang mengikuti design pada American service ataupun Russian service tergantung dengan selera dan kebutuhan masing – masing dan tentunya wajib di pahami oleh seluruh orang yang bekerja di bidang food and baverage service.

Table set up umumnya di gunakan untuk rangkaian dalam kegiatan mengatur serta melengkapi meja dengan peralatan makan dan peralatan penunjang lainnya sesuai dengan jenis hidangan yang akan disajikan.

Peralatan Table Set Up

Pengertian Table Set Up
https://digitalfood.id/

Tujuan table set up yaitu untuk meningkatkan efesiensi kerja para pelayan atau pramusaji. Table set up memiliki beberapa jenis yang menjadi pedoman dasar di dalamnya, dapat kita jelaskan sebagai berikut :

1. Fork

Peralatan jenis fork ini harus diletakkan disebelah kiri, kecuali yang tidak memiliki pasangan dapat diletakkan di sebelah kanan. Contohnya antar lain shrimp fork, oyster fork yang biasanya digunakan dalam hidangan pembuka.

2. Cutlery

Peralatan jenis cutlery ini wajib diletakkan pada sisi kanan dengan bagian yang tajam menghadap ke dalam, kecuali untuk butter spreader.

Seluruh silver ware diletakkan di meja dengan jarak  meja. Jarak peralatan makan antara dinner fork dengan dinner knife  dan 1 cm lebih panjang dari garis tengah show plate atau dinner plate.

Sebelum kita melakukan table set up tentunya kita harus mempersiapkan terlebih dahulu dengan menata meja yang akan digunakan untuk pelanggan.

Kita juga wajib melakukan beberapa rangkain aktivitas seperti menutup meja terlebih dulu.

Hal – hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan table set up, antara lain:

  • Serangkaian meja dan kursi makan.
  • Linen moulton, table cloth, dan napkin
  • Silverware, yaitu peralatan dari logam seperti sendok, garpu, dan pisau
  • Chinawar, yaitu peralatan yang terbuat dari porselin seperti cangkir, piring, mangkuk.
  • Glassware, yaitu peralatan yang terbuat dari gelas.
  • Table acesories yaitu peralatan serangkaian salt and pepper shaker, vase of flower, table number, ashtray, sugar bowl.

Dalam melakukan table set up, seorang pelayan dalam melaksanakan tugasnya wajib memiliki satu pedoman khusus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.

Hal ini dikarenakan table set up sangat banyak. Adapun langkah – langkah yang mendasari dalam melakukan table set up yang sering kali di gunakan sebagai pedoman dasar, antara lain adalah sebagai berikut:

Sebelum kita memulai melakukan pemasangan taplak meja di restoran ataupun hotel, hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut ini:

  • Meja harus berada pada posisi dan di tempat yang benar-benar sesuai dengan lay outnya.
  • Permukaan meja harus rata secara horizontal dan tidak boleh miring.
  • Meja harus terlihat bersih.
  • Apabila ketiga hal tersebut di atas terpenuhi, pasanglah pelapis tebal atau moulton, dan pastikan moulton dipasang dengan ketat dan rata sehingga tidak terdapat bagian yang menggelembung.

Selanjutnya yaitu untuk pemasangan taplak meja makan atau yang biasa di sebut dengan lying cover. Adapun langkah – langkah dalam pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Pilih taplak meja makan sesuai dengan ukuran meja.
  • Taplak meja tentunya harus bersih, licin dan tidak berkerut.
  • Letakkan pada posisi yang tepat.
  • Letakkan taplak meja yang masih terlipat segiempat, ditaruh ke atas meja dengan posisi garis pinggir taplak meja di bagian atas.
  • Perhatikan kedua sisi taplak meja yang menjuntai ke bawah, pastikan harus seimbang baik sisi kiri maupun sisi kanan.
  • Jepit lipatan taplak meja pada bagian paling atas dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk kalian pada kedua tangan dan jari-jari lain menjepit bagian lipatan kain yang berada disisi bawahnya.
  • Angkat dan hentakkan lipatan taplak meja paling atas ke seberang sisi meja arah berlawanan dengan posisi kalian berdiri, sampai bagian taplak meja tersebut menjuntai ke bawah di salah satu sisi meja.
  • Pegang lipatan taplak meja bagian lipatan kedua dengan ibu jari dan telunjuk kedua tangan, tarik perlahan dengan sedikit diangkat kea rah badan dimana anda berdiri sehingga bagian taplak meja menjuntai ke bawah.
  • Setelah meja tertutup taplak, ratakan permukaannya dengan kedua tangan, untuk meratakan bagian yang menggelembung sehingga taplak meja benar-benar rata dan rapi.

Setelah mempersiapkan lying cover atau mempersiapkan persiapan meja makan, langak selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu meletakkan table accessories yang terdiri dari flower vase, table number, menu, salt and pepper, ashtray yang bisa kita tambahkan dengan candle holder, dengan urutan peletakan sebagai berikut:

  • Letakkan flower vase tepat berada di titik tengah meja makan.
  • Letakkan salt and pepper, ashtray, table number, menu dan candle holder yang diletakkan di sekeliling flower vase dengan table number menghadap ke arah pintu utama.

Langkah berikutnya ialah meletakkan Show plate di tengah sisi meja  2 cm dari tepi meja kurag lebih dengan jarak 26 cm.

Letakkan dinner fork dan dinner knife sejajar dengan jarak yang harus lebih panjang dari garis tengah show plate atau dinner plate.

Letakkan silver ware sesuai dengan hidangan yang akan disajikan. Terakhir letakkan guest napkin di atas Show plate atau berada di tengah dinner knife dan dinner fork, jika kalian tidak menggunakan show plate.

Fungsi dan Tujuan Table Set Up

Fungsi dan Tujuan dalam menggunakna Table Set Up, antara lain yaitu :

  • Menjadi salah satu strategi restoran dalam menarik para konsumen
  • Untuk memperindah tatanan meja makan agar terlihat menarik
  • Supaya para konsumen dapat menikmati dekorasi meja makan sebelum menyantap hidangan
  • Untuk mempermudah pengambilan makanan sesuai dengan jenis makanan yang di inginkan para konsumen.

Jenis – Jenis Table Set Up

Pengertian Table Set Up
https://www.dekoruma.com/

Table Set Up tentu memiliki banyak jenis yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Antara lain yaitu:

1. Table Set Up Basic Cover

Untuk Table set up basic cover ini merupakan table set up yang memiliki susunan peralatan table accessories, dinner fork, dinner knife, show plate, water goblet, b and b plat, butter spread, napkin dan tempat jam.

Tahapan table set up ini sama seperti penjelasan sebelumnya.

2. Table Set Up Standart Ala Carte Cover

Spesifikasi untuk table set up dengan Standart Ala carte cover, susunan peralatan meliputi : Table accessories, show plate, dinner fork & dinner knife, soup spoon, water goblet, B&B plate, butter spreader dan napkin.

Perbedaan table set up standart dan basic cover yaitu hanya penambahan soup spoon pada standart cover.