Pengertian Hospitality, Tugas dan Bidang Pekerjaannya

Kata Hospital tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, namun apakah kalian tau dengan istilah hospitality?

Pada umumnya masyarakat masih tidak tahu tentang industri hospitality. Bahkan banyak orang yang menganggap istilah ini adalah sebagai arti dari rumah sakit atau hal yang bersangkutan dengan rumah sakit.

Untuk orang yang bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata, tentu tidak asing lagi dengan istilah hospitality ini. Maka tak heran jika merekapun memahami mengenai istilah tersebut.

Nama yang masih asing bagi masyarakat ini memang sejak dulu  hingga sekarang jarang sekali di perkenalkan ke publik seperti industri lain. Sehingga orang yang tidak berada dalam bidang perhotelan atau pariwisata jarang kenal dengan industri ini.

Sebenarnya industry hospitality merupakan bukan industri baru dalam bidang profesi atau pekerjaan. Industri ini sama seperti industri lain yaitu transportasi, ekonomi, teknologi, dan sosial yang sudah ada sejak lama.

Industri Hospitality adalah bidang pekerjaan yang fokus melayani tamu. Jenis layanannya seperti perhotelan, restaurant, travel, event hingga transportasi. Pekerja dari sektor ini biasanya berasal dari program studi perhotelan dan pariwisata.

Pada dasarnya definisi hospitality merupakan hubungan yang terjadi antara tamu dengan tuan rumah, atau sikap ramah. Dengan cara memberi pelayanan atau menerima tamu, pengunjung, atau bahkan orang asing yang datang.

Sehingga industri ini bergerak dalam bidang melayani tamu atau yang bersangkutan dengan sikap keramah-tamahan. Sektor industri dalam bidang ini tentunya sangat luas, sehingga tidak hanya di bidang perhotelan saja.

Definisi Hospitality Menurut Para Ahli

Hospitality bisa di sebut juga dengan istilah keramah – tamahan. Jadi, industri hospitality bisa diartikan sebagai sektor pekerjaan yang berkaitan dengan keramah-tamahan antara pengunjung dengan tuan rumah.

Bidang industry hospitality ini mengutamakan pelayanan pelanggan. Di bawah ini beberapa definisi hospitality menurut para ahli, antara lain sebagai berikut :

Webster (2002)

Hospitality merupakan interaksi yang terjadi antara tuan rumah dengan tamu pada saat yang bersamaan mengkonsumsi makanan dan minuman serta akomodasi.

Prospek Pekerjaan di Industri Hospitality

Pengertian Hospitality, Tugas dan Bidang Pekerjaannya
https://rencanamu.id/

Perlu di ketahui bahwa prospek pekerjaan di bidang industry hospitality ini tentu memiliki peluang yang sangat besar terutama untuk kemajuan ekonomi.

Industri Hospitality ini akan terus berkembang di karenakan industry perhotelan dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama. Maka dari itu prospek pekerjaan dalam industry ini akan terus ada.

Bidang yang bergerak di industri hospitality sangat luas dan juga beragam,  antara lain adalah sebagai berikut :

  • Travel and  tourism
  • Pelayaran dan penerbangan
  • Apartement, Hotel,  Launge,dan Restaurant
  • Sales  marketing, publik relation
  • Casino
  • Spa, Sport Club & Health
  • Konsultan, Dosen.

Tugas Hospitality

Meskipun memiliki sedikit peminat, namun industri yang sangat luas dan besar ini bisa memberikan karir yang berkembang. Berkembangnya industri yang bergerak dibidang hospitality ini bisa terus berkembang sesuai dengan kemajuan dari negara tersebut.

Dalam bidang ini banyak profesi yang tengah dibutuhkan dengan tawaran gaji yang cukup besar. Meskipun belum banyak orang saat ini yang berminat untuk mendalami pengetahuan dalam industry ini.

Pekerjaan di Bidang Hospitality

Pengertian Hospitality, Tugas dan Bidang Pekerjaannya
https://www.shutterstock.com/

Tugas hospitality di berbagai bidang berbeda-beda sesuai industri yang tengah di jalani di masing – masing tempat.

Industri yang bergerak di sektor hospitality paling terkenal yaitu perhotelan dan pariwisata, namun selain itu ada juga pilihan di sector lainnya yang dapat di sesuaikan dengan minat dan kemampuan masing – masing.

Di bawah ini adalah beberapa jenis pekerjaan di bidang hospitality, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tour Guide

Salah satu jenis layanan di bidang hospitality adalah travel, kalian dapat mencoba bekerja sebagai tour guide.

Tour guide adalah seseorang yang memandu turis lokal maupun internasional berkeliling ke suatu tempat. Biasanya, tour guide bekerja di sebuah agensi perjalanan maupun individual.

Tugas utama tour guide adalah sebagai pemandu, oleh karena itu orang yang bekerja di bidang ini harus memiliki wawasan luas dan mahir dalam penggunaan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Seorang tour guide juga memberikan edukasi bagi turis seperti sejarah suatu tempat yang dikunjungi dan merekomendasikan tempat yang menarik pada wisatawan.

2. Front Office

Front office bisa bekerja di agensi perjalanan, penginapan, maupun restaurant. Tugas utama front office adalah melayani, membantu reservasi, dan memverifikasi tamu yang datang.

Selain itu, front office juga bertanggung jawab memesankan penginapan, memberikan informasi seputar kamar, dan menerima telepon.

Kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di bidang ini yaitu komunikasi yang baik, customer service, dan management.

Serta memiliki keahlian khusus seperti mampu dalam mengoperasikan computer dan Microsoft office.

3. Travel Agent

Agen travel termasuk pekerjaan di bidang hospitality. Travel agent berperan dalam bertanggung jawab atas perencanaan perjalanan wisatawan dari berangkat hingga kembali ke daerah atau Negara asalnya.

Tanggung jawab travel agen meliputi merekomendasikan paket perjalanan, membantu wisatawan menentukan paket wisata, membuat estimasi biaya perjalanan dan akomodasi, memesankan transportasi dan penginapan, hingga memberikan informasi mengenai berkas yang perlu dilengkapi.

4. Sous Chef

Sous chef merupakan pekerjaan di bidang hospitality yang paling banyak di butuhkan pada setiap penginapan, khususnya pada hotel skala besar.

Seorang yang bekerja sebagai sous chef ini wajib memiliki kemampuan dalam memasak dan telah menempuh pendidikan formal sebelum bekerja di posisi ini.

Tugas seorang sous chef adalah membuat hidangan yang menarik untuk para pelanggan yang berkunjung, menentukan jadwal kerja sesuai dengan standar operasional prosedur pada dapur, memastikan kualitas makanan, hingga membuat hidangan dengan tampilan yang menarik sebelum di sajikan ke pengunjung.

5. Cook Assistant

Cook Assistant ialah seseorang yang berperan dalam membantu chef di dapur dalam mempersiapkan segala peralatan dan bahan masakan.

Cook assistant ini biasa juga di sebut dengan cook helper yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mempersiapkan, merapikan hingga membersihkan dan menyusun segala peralatan dapur seperti semula setelah selesai di gunakan.

6. Conference Organizer

Pekerjaan di bidang hospitality bagian organizer yang dapat Anda pilih yaitu event organizer dan conference organizer. Biasanya, hotel yang disewakan untuk acara besar seperti acara ulang tahun dan pernikahan memiliki tim organizer sendiri.

Tugas seorang conference organizer nantinya mengatur dan merencanakan sebuah acara agar berjalan lancar. Mulai dari persiapan dekorasi, susunan acara, menentukan master ceremony, menentukan hidangan yang akan disajikan, mengatur jadwal, menjalankan technical meeting, gladi bersih, hingga berkoordinasi dengan vendor yang terlibat di acara tersebut.

7. Wedding Planner dan Bridal Consultant

Profesi weddin planner dan bridal consultant ini bertanggung jawab merencanakan pesta pernikahan yang memiliki pekerjaan tidak jauh berbeda dengan event organizer.

8. General Manager

General manager merupakan pekerjaan di bidang hospitality dengan gaji yang cukup besar, akan tetapi gaji yang di dapatkan sesuai dengan tanggung jawab dan tugas yang di berikan.

General manager hotel merupakan orang yang bertanggung jawab pada semua operasional perusahaan berjalan dengan baik. .

9. Public Relation

Orang yang bekerja di bidang public relation ini bertugas menghubungkan pengunjung atau tamu dengan suatu perusahaan, baik hotel maupun restoran.

Public relation ini merupakan seseorang yang bertugas dalam membangun hubungan yang baik pada setiap tamu yang datang.