Chef De Partie : Pengertian & Tips Sukses Menjadi Chef De Partie

Menjadi seorang chef merupakan impian banyak orang. Terutama, bagi orang-orang yang tertarik berkarier di bidang Food and Beverages. Sebagian besar orang-orang hanya mengetahui tugas seorang chef saja, tetapi tidak mengetahui berbagai tingkatannya. Padahal, profesi chef memiliki beberapa tingkatan, seperti Chef de Partie, sous chef, dan Demi Chef.

Chef de Partie adalah seseorang yang bekerja di restoran maupun hotel yang mempunyai tugas dan wewenang sebagai pengawas, koordinator, sekaligus pembagi tugas kepada staf terkait seperti membuat permintaan barang dan mengawasi seuruh kegiatan produksi.

Chef de Partie bisa kita di sebut juga dengan sebutan Station Chef, yaitu merupakan orang yang  bertanggung jawab pada bagian kitchen station tertentu yang dipimpinnya.

Tugas dan tanggung jawab Chef De Partie harus terlaksana dengan baik karena akan berpengaruh pada kualitas dan citra restoran ataupun tempat makan.

Chef de partie pada umumnya bekerja di bagian dapur besar sehingga sering kali masih memiliki beberapa asisten atau koki lainnya. Meski begitu, banyak juga perusahaan atau restoran yang hanya memiliki satu chef de partie saja.

Adapun tugas dan wewenang serta tanggung jawab Chef de Partie antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengawasi pekerjaan di tempat bagian yang dipimpinnya.
  • Mengawasi kegiatan operasional dan memberikan briefing setiap harinya pada asisten dan kokinya.
  • Membagikan pekerjaan rutin atau harian untuk semua stafnya.
  • Membantu dalam penyelesaian masalah atau kendala pada kegiatan operasional.
  • Bertanggung jawab terhadap staff dapur.
  • Melakukan pengawasan dan meminimalkan bahan baku yang waste.
  • Bertanggung jawab terhadap semua aktivitas di dapur.
  • Melakukan supervisi secara berkala terhadap aktivitas dapur.
  • Bertanggung jawab atas ketersediaan bahan baku, termasuk belanja ke pasar untuk keperluan dapur.
  • Melakukan kontrol terhadap konsistensi kualitas dan hasil makanan.
  • Mampu memberikan training dan koordinasi dengan staff dapur lainnya.

Chef de Partie ini tentu memiliki tanggung jawab pada bagian tertentu. contohnya bertanggung jawab untuk mengontrol bagian sayuran, menu yang dipanggang, perdagingan, pastry dan lain sebagainya.

Sebagai chef yang memiliki tanggung jawab di bagian tertentu saja, maka tak jarang seorang Chef de Partie memiliki spesialisasi tertentu, yakni sesuai dengan station yang dipegangnya. Berikut di antaranya adalah :

  • Pantry Chef atau disebut juga dengan Garde Manger merupakan chef yang spesialisasinya di pengolahan menu dingin atau beku. contohnya cold appetizer, sosis, puding, dan lain-lain.
  • Vegetable Chef atau yang di kenal dengan istilah Entremetier merupakan chef yang bertugas mengolah makanan yang berbahan sayur-sayuran saja. Contohnya adalah salad, sayur, sup, pasta, dan lain sebagainya.
  • Butcher atau Boucher merupakan chef yang bertugas mengolah perdagingan dan perunggasan. Biasanya, seorang butcher mengolah daging hewan, seperti ayam, sapi, hingga babi.
  • Fish Chef, yang biasa di sebut dengan Poissoner merupakan chef yang khusus menghidangkan menu dari laut, seperti ikan.
  • Fry Chef, yang biasa di sebut dengan Friturier merupakan chef yang cukup sibuk sebab mengolah makan-makanan yang digoreng.
  • Roast Chef atau Rotisseur merupakan chef yang memiliki tugas khusus sebagai pengolah makanan yang di roasting atau dioven.
  • Grill Chef atau Grillardin adalah chef yang memiliki tugas pada umumnya mengolah makanan dengan grill atau panggang.
  • Saute Chef atau Saucier merupakan chef yang memiliki tugas sebagai pengolah menu tumis serta saus-saus sebagai pelengkap makanan.
  • Pastry Chef atau Patissier adalah chef yang paling banyak diminati karena tugasnya mengolah hidangan ringan maupun dessert. Seperti, muffin, cake and bakery, dan pastries.
  • Roundsman atau Tournant adalah chef yang memiliki tanggung jawab dan bertugas mengisi kekosongan apabila chef di section tertentu tidak hadir.

Chef de parti memiliki tingkat keahlian yang profesional, di antaranya adalah :

  • Teknik filleting
  • Seni kue kering
  • Penggunaan bumbu dan rempah yang tepat

Chef de Partie juga menyiapkan dan mengembangkan resep baru agar para konsumen tidak bosan. Seorang Chef de Partie biasanya memiliki pengetahuan yang luas, tergantung pada spesialisasi yang diemban.

Misalnya, pengetahuan akan menyiapkan makanan yang matang dan mentah, cara pemotongan daging berdasarkan jenis hewan, beserta teknik membersihkan bahan-bahan makanan.

Setidaknya, salah satu tingkat keahlian profesional yang perlu dikuasai adalah:

  • Teknik filleting
  • Seni kue kering
  • Penggunaan bumbu dan rempah yang tepat
  • Eksplorasi menu baru

Cara Sukses Menjadi Chef de Partie

Chef De Partie : Tips Sukses Menjadi Chef De Partie
https://perpusteknik.com/

Bagi kalian yang ingin terjun ke dalam dunia karir chef de parti, sebaiknya menekuni profesi chef de partie tidak setengah setengah dan wajib di jalankan secara profesional agar dapat sukses menekuni profesi ini,

Adapun tips cara sukses menjadi Chef de partie adalah sebagai berikut :

1. Sekolah di Jurusan Kuliner

Mengambil jurusan pendidikan yang berkaitan dengan dunia kuliner merupakan kunci utama yang harus kalian lakukan untuk menjadi chef.

Mengambil pendidikan dengan jurusan yang berhubungan dengan aktivitas dapur juga merupakan hal yang utama untuk kalian yang tertarik dengan profesi chef de partie.

Karena dengan mengabil jurusan ini, kalian dapat membantu pekerjaan di dalam dapur secara lebih optimal.Ilmu yang kalian dapatkan dari sekolah, baik SMA ataupun SMK tentu akan bermanfaat ketika menekuni profesi chef de partie, sebab kalian tentunya sudah tau bagaimana kegiatan di dalam dapur dengan mengolah bahan makanan mentah menjadi makanan saji yang enak dan mengunggah selera.

2. Mengikuti Berbagai Pelatihan

Chef De Partie : Tips Sukses Menjadi Chef De Partie
https://www.grouperestoleil.com/

Ilmu mengenai dunia dapur tentunya semakin hari semakin jelas terlihat perkembangannya, sebab berbagai macam menu yang di sajikan akan terus berkembang setiap harinya.

Seorang chef professional juga dapat mengembangkan berbagai macam menu tradisional menjadi menu yang modern.

Kadang kita tidak hanya mengadopsi menu makanan dari luar negeri yang memiiki sifat yang khas. Jika kalian aktif mengikuti training dan pelatihan, semuanya tentu dapat dengan mudah kalian lakukan.

Kalian dapat juga belajar secara mandiri secara autodidak dari internet lewat kanal yang dimiliki oleh para koki yang aktif membuat konten.

3. Aktif Praktik di Dapur

Jika kaklian berhasil dengan profesi Chef de Partie, akan semakin mudah apabila kalian dapat aktif mengasah kemampuan memasak di dapur.

Semakin hari kalian dapat semakin cermat dalam memilih bahan makanan yang berkualitas dan cara bagaimana mengolah bahan makanan tersebut dengan tepat.

4. Selalu Belajar Teknik Memasak

Selain menu, teknik memasak tentunya akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Hal ini tentunya sangat dipengaruhi oleh banyaknya chef yang belajar teknik memasak dari berbagai negara.

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi Peralatan Dapur

Peralatan dapur pun tentu akan terus selalu berkembang, bukan hanya teknik memasak maupun menu. Meski bertahan dengan peralatan tradisional bisa menjaga kualitas rasa masakan, bukan berarti memakai peralatan modern akan berdampak sebaliknya.

Selama kalian dapat memilih dan menggunakan peralatan dapur dengan benar, maka pekerjaan di dapur akan menjadi lebih efisien.