Pengertian Napkin & Fungsinya

Serbet adalah sepotong kain yang pada umumnya digunakan untuk membersihkan tangan dan mulut setelah kita makan. Di beberapa Negara seperti Inggris, Irlandia dan Kanada, kata serbet masih sering di gunakan.

Serbet biasanya tidak mengacu pada kain, akan tetapi melainkan kertas. Jika kita menyebut kata serbet di Negara Selandia baru dan Australia, serbet yang di gunakan bukanlah serbet kain, melainkan serbet kertas atau biasa yang kita kenal dengan tisu.

Napkin merupakan salah satu perlengkapan hotel maupun restaurant mewah yang biasanya di taruh dan di siapkan pada meja makan.

Meskipun memiliki bentuk yang simple dan sederhana, namun napkin memiliki peranan yang sangat penting. Selain untuk membersihkan mulut dan tangan setelah selesai makan, napkin juga kerap di gunakan sebagai kain handuk untuk wajah, napkin ini biasanya berukuran kecil dan di letakkan dalam posisi terlipat.

Kata napkin berasal dari Bahasa Inggris yaitu Nappe yang artinya untuk meja, yang kemudian di beri imbuhan –kin untuk menunjukkan bahwa ukurannya lebih kecil.

Kita dapat membentuk napkin menjadi berbentuk tiga dimensi dengan cara melipatnya menggunakan teknik seperti melipat kertas origami.

Napkin biasanya juga dapat di satukan dengan sendok garpu dengan menggunakan cincin khusus. Dari sejak awalnya di temukan hingga saat ini, napkin atau serbet keberadaannya tentu memiliki fungsi tersendiri dan tentunya terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan jaman.

Napkin ini biasanya di letakkan pada bagian kiri terluar dari meja dan leboh tepatnya setelah garpu. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa bahan utama pembuat napkin adalah kain, namun ternyata napkin juga dapat di buat dari kertas dengan meragam macam corak dan warna yang pastinya di sesuaikan dengan taplak meja.

Napkin yang baik adalah napkin yang di buat dengan menggunakan bahan damas sehingga mudah untuk di lipat. Sedangkan napkin yang terbuat dari bahan kertas biasanya di gunakan untuk jamuan makan non formal.

Fungsi Napkin

Pengertian Napkin & Fungsinya
https://www.wikihow.com/

Napkin memiliki beberapa fungsi lainnya, di antaranya yaitu :

1. Membersihkan Mulut

Dari dulu hingga sekarang, pada dasarnya napkin memiliki fungsi utama yaitu di gunakan untuk membersihkan mulut dan jari ketika setelah makan.

Maka dari itu para pengunjung yang datang tetap dapat menjaga kebersihan mulut mereka ketika hidangan telah selesai di santap.

2. Menghias Meja Makan

Hal yang yang biasanya orang perhatikan dalam sebuah hotel maupun restoran adalah tampilannya yang menarik, apalagi ketika restaurant terlihat lebih cantik dan mewah dengan adanya Napkin Folding.

Napkin ini biasanya di lipat dengan bentuk yang menarik dan akan di letakkan di atas piring. Maka dari itu akan membuat meja makan menjadi tampak lebih indah.

3. Menutup Pangkuan

Ketika para pengunjung duduk di kursi makan, biasanya para pelayan restoran maupun hotel akan menutup panguan para tamu dengan menggunakan napkin yang telah di persiapkan.

Hal ini bertujuan supaya makanan yang jatuh ke pangkuan pengunjung tidak akan mengotori pakaian yang mereka kenakan.

4. Sebagai Isyarat

Napkin yang di maksudkan sebagai isyarat adalah napkin yang sering kali di gunakan para pengunjung ketika mereka sedang makan tetapi akan pergi sebentar dan akan kembali lagi, maka para pengunjung biasanya memberikan isyarat kepada para pelayan dengan cara menaruh dan melipat napkin yang kemudian meletakkannya di atas meja.

Jenis – jenis lipatan naptin tentunya ada banyak rekali dan beragam. Hal ini tergantung dari kreativitas para pelayan dalam berkreasi dan mengolah lipatan sehingga napkin dapat membentuk hasil yang indah dan menarik.

Di bawah ini merupakan beberapa nama – nama bentuk napkin yang paling populer, di antaranya adalah sebagai berikut :

Napkin Pocket

Napkin Rose

Napkin Classic

Napkin Accordion

Napkin Tulip

Napkin Peacock

Napkin Ring

Napkin Candle Fan

Napkin Necktie

Cara Memilih Napkin

Pengertian Napkin & Fungsinya
https://www.marthastewart.com/

Napkin akan terlihat indah tentu tak lepas dari bahan dan desainnya yang membuat suasana elegan pada perjamuan makan. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih napkin yang sesuai dengan kebutuhan kalian :

1. Tentukan Bahan Napkin yang di Butuhkan

Napkin berdasarkan bahannya dibedakan menjadi dua yaitu napkin kain dan napkin kertas. Napkin kain, dapat kalian pilih jika kalian menginginkan napkin yang dapat kalian cuci secara berulang – ulang.

Sedangkan napkin kertas, sangat cocok untuk kalian pilih jika kalian menginginkan napkin yang praktis untuk pesta besar, karena napkin kertas ini hanya dapat di gunakan sekali pakai dan langsung di buang setelah di gunakan. Berikut ulasan lengkapnya :

Paper Napkin

Paper Napkin atau Napkin Kertas bersifat lebih ekonomis dan praktis, sebab dapat di beli dalam kemasan yang di dalamnya berisi banyak napkin dalam tiap kemasan, dan harganya pun lebih murah di bandingkan dengan napkin kain.

Kalian juga dapat menggunakan paper napkin sebagai penghias piring, bahkan sebagai kantong permen. Karena terbuat dari kertas, paper napkin ini hanya untuk satu kali pemakaian dan langsung dibuang setelah selesai digunakan.

Sebelum membeli napkin kertas, alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu memeriksa kembali napkin yang akan kalian beli, sebabada beberapa  napkin yang terbuat dari kertas namun terbuat dari kertas daur ulang.

Napkin Kain

Napkin kain pada umumnya terbuat dari bahan kain katun. Ada juga napkin yang terbuat dari bahan kain linen dan polyester.

Napkin yang terbuat dari katun biasanya lebih awet dan lebih nyaman ketika di gunakan. Napkin dengan bahan polyester umumnya memiliki warna yang bagus dan mengkilap, akan tetapi bahan ini kurang baik dlaam menyerap air.

Napkin kain tentunya memiliki keunggulan yaitu dapat di pakai secara berulang dengan cara mencucinya kembali setelah selesai di gunakan. Untuk napkin yang terbuat dari bahan linen dapat tahan terhadap panas dan tetap awet meskipun di cuci secara berulang – ulang.

Kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat alami tumbuhan rami atau flax. Napkin jenis ini memiliki ukuran yang beragam, bahkan bisa di design sesuai selera sehingga lebih fleksibel untuk peralatan makan yang kalian gunakan.

Napkin kain biasanya juga dapat di tambah bordiran atau sulaman kecil yang berisi nama atau inisial nama kalian.

2. Sesuaikan Ukuran Napkin yang di Butuhkan

Ketika kalian memilih napkin yang akan kita gunakan sebagai peralatan makan, jangan lupa kalian harus memperhatikan ukuran napkin yang akan kalian gunakan.

Untuk penghias piring cemian, napkin kecil sangat cocok di gunakan, sedangkan untuk acara makan malam yang formal, maka pilihlah napkin yang berukuran 50 hingga 75 cm.

Jika untuk makan siang pilihlah napkin yang berukuran 40 hingga 50 cm. Ukuran – ukuran yang telah di sebutkan ini tidaklah mutlak, kalian hanya perlu meyesuaikannya dengan perlengkapan makan yang akan kalian gunakan.