Pengertian Housekeeping Hotel Beserta Tugas, Tanggung Jawab dan Struktur Organisasi

Hotel merupakan sebuah bangunan dalam suatu perusahaan dan badan usaha yang di kelola secara komersial yang pada umumnya memberikan fasilitas penginapan dan pelayanan berupa kamar dan biasanya di lengkapi dengan fasilitas lainnya seperti makan dan minum.

Hotel berupa bangunan berkamar banyak yang di sewakan dan  dapat di sewakan kepada masyarakat umum yang biasanya di gunakan sebagai tempat acara maupun sebagai tempat penginapan ketika sedang berlibur maupun ketika sedang dalam perjalanan.

Di dalam hotel ataupun penginapan berskala besar yang biasanya di kelola pada sebuah manajemen tertentu pada umumnya memiliki sistem pembagian tugas yang sangat baik pada masing – masing departemen dan tentunya memiliki peran yang berbeda – beda. Salah satunya adalah housekeeping.

Housekeeping merupakan suatu manajement yang bertanggung jawab dalam mengurus suatu pekerjaan pada sebuah hotel. Seperti memasak makanan, membuat minuman, membersihkan kamar hotel, merawat bangunan, merawat kebun, berbelanja hingga mengurus pembayaran tagihan.

Housekeeping adalah departemen yang memelihara seluruh ruangan – ruangan pada hotel baik di dalam maupun di luar lingkungan hotel. Dengan kata lain, ruang lingkup pekerjaan housekeeping bukan hanya menangani kamar-kamar tamu, melainkan juga termasuk area hotel secara keseluruhan.

Peran dan Tanggung Jawab Housekeeping Hotel

Housekeeping Hotel adalah
https://www.dreamstime.com/

Adapun peran dan tanggung jawab yang harus di jalankan oleh departemen housekeeping hotel, antara lain sebagai berikut :

  • membersihkan dan memelihara kamar hotel
  • mengganti handuk kamar
  • menata kamar agar selalu rapi
  • merapikan kamar agar terlihat indah serta menjaga dekorasi kamar
  • Menjaga keindahan dan kebersihan seluruh area hotel.
  • Menjaga seluruh koridor hotel agar tetap kondusif untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan bagi para tamu atau pengunjung.
  • Merawat peralatan kerja housekeeping, seperti sapu, sikat, pel, vacuum cleaner, pembersih kaca, tempat sampah, dan lain-lain.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu dan pengunjung agar mereka merasa puas dan nyaman saat berkunjung dan menginap di hotel.
  • Menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi terkait kamar yang telah dipesan oleh para tamu serta memberikan informasi mengenai jadwal checkout-nya.
  • Melakukan pencatatan dan pemeriksaan barang yang hilang atau rusak agar dapat diganti dengan yang baru.
  • Seksi Departement Housekeeping Hotel

Dengan tanggung jawabnya yang begitu besar, bagian housekeeping dibagi ke dalam beberapa seksi, di antaranya adalah seksi area publik, seksi kamar, seksi kain linen, seksi laundry, dan seksi taman.

Public Area Section

Seksi Public Area ini bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pelayanan di area-area publik seperti lobi, kolam renang, tempat olehraga atau gym, dan fasilitas umum lainnya.

Pemeliharaan kebersihan dari area umum harus dijaga dengan sangat baik karena banyaknya orang yang berlalu lalang dan memanfaatkan area umum tersebut. Ruang umum yang kotor tentu akan membuat sebuah penginapan menjadi tidak nyaman dan tidak menarik untuk dilihat.

Room Section

Tugas seksi ini adalah membersihkan dan merapikan ruangan atau kamar setelah tamu check out. Mengumpulkan laundry yang kotor dan mengantarkannya ke ruang laundry, mengganti sprei dan selimut, membersihkan debu, hingga membersihkan kamar mandi.

Seksi ini adalah salah satu yang paling disorot kinerjanya. Kamar yang rapi dan nyaman pasti meningkatkan kepuasan menginap.

Sebaliknya, jika ada saja kekurangan yang ditemukan oleh tamu pada kebersihan dan kerapian kamarnya, tingkat kepuasan tamu juga akan berkurang.

Linen Section

Seksi ini merupakan kelanjutan dari seksi laundry. Tugasnya adalah mendistribusikan linen dan kain-kain yang sudah rapi dan bersih ke semua lini dan ruangan hotel yang membutuhkannya.

Jika linen section mengalami keterlambatan maka otomatis ruangan tidak akan mendapatkan berbagai handuk dan kain bersih lainnya dengan cepat.

Laundry Section

Sesuai namanya, seksi ini bertugas untuk mencuci, menyetrika dan melipat semua kain yang digunakan di hotel. Termasuk juga memberikan jasa laundry kepada tamu, jasa ini tidak gratis, tentu akan dikenakan biaya yang diperhitungkan saat tamu check out.

Semua kain milik hotel tersebut meliputi handuk mandi, bathrobe, gorden, sprei dan selimut. Pada beberapa hotel, seragam karyawan juga termasuk menjadi tanggung jawab bagian ini.

Florist and Gardener

Sesuai dengan namanya, seksi ini bertanggung jawab atas keindahan taman dan bunga-bungaan di sekitar hotel. Florist bertanggung jawab atas kesegaran dan keindahan buket dan rangkaian bunga yang diletakkan di ruangan-ruangan hotel. kamar, lobi, restoran, hingga lorong-lorong penginapan.

Mereka juga yang akan bertugas jika hotel membutuhkan rangkaian bunga khusus untuk suatu event.Sedangkan gardener bertugas memelihara tumbuhan dan taman di luar dan dalam hotel.

Baik di taman depan, gazebo, taman di sekitar kolam renang dan taman bermain untuk anak. Termasuk melakukan pemangkasan secara teratur, pembersihan dan penyiangan tanaman.

Sruktur  Organisasi Housekeeping

housekeeping hotel adalah
https://www.arinugraha.com/

Housekeeping juga memiliki struktur organisasi. Dari struktur organisasi ini dpaat kita lihat lingkup kerja serta aliran tanggung jawab setiap komponen atau seksi di dalamnya.

Setiap jenis hotel mungkin berbeda dalam bentuk struktur organisasinya. Semakin besar hotel tersebut tentu semakin kompleks pula strukturnya. Namun secara umum struktur dan pembagian tugas departemen housekeeping adalah seperti di bawah ini:

Executive Housekeeper

Executive housekeeper ini berperan sebagai manajer atau pimpinan tertinggi di departemen ini adalah penanggung jawab jalannya operasional departemennya pada hari itu.

Wewenang Executive Housekeeper ini meliputi menentukan shift anak buahnya, menentukan perlengkapan yang harus dibeli, melatih, mengkoordinasi, dan mengawasi kinerja semua bawahannya.

Seorang executive housekeeper memiliki tanggung jawab manajemen yang sangat tinggi supaya kondisi dari sebuah penginapan bisa terjaga dengan baik.

Bukan hanya itu saja, perintah yang diturunkan oleh seorang eksekutif housekeeper sangat berpengaruh kepada kondisi dari anak buah yang berada di bawah naungannya.

Assistant Housekeeper

Assistant housekeeper adalah orang yang bertugas untuk mendampingi dan menggantikan eksekutif housekeeper jika berhalangan hadir.

Seorang asisten memegang tanggung jawab untuk mengurus seluruh laporan yang ada dari kegiatan housekeeping dan menyampaikannya kepada bagian eksekutif untuk menjadi acuan dalam pengambilan keputusan.

Salah satu yang termasuk ke dalam assistant housekeeper adalah seorang sekretaris.

Order Taker

Petugas order taker mirip seperti operator. Mereka menerima telepon dari setiap ruangan, mencatat pesanan tamu dan departemen untuk ditindaklanjuti.

Seseorang yang bisa menjadi order taker harus ramah dan mampu menerima setiap komplain dengan baik dan berkepala dingin.

Floor Supervisor

Floor supervisor membawahi room section. Memastikan mereka melakukan tugasnya dengan benar. Biasanya setiap 1 hingga 3 lantai dibawahi oleh satu orang supervisor.

Mereka juga yang menandatangani form laporan kerusakan jika ada peralatan hotel yang rusak dan perlu diperbaiki.

Floor supervisor juga harus memberikan laporan terhadap kondisi dari setiap lantai, termasuk komplain yang ada supaya kondisi dari setiap lantai bisa serasi dan selalu ada di dalam keadaan yang baik.