Pengertian, Fungsi & Jenis – Jenis Holloware

Dapur merupakan sebuah ruangan dimana tempat yang pada umumnya sering kali kita melakukan aktivitas memasak di dalamnya.

Sering kali dapur di gunakan sebagai suatu tempat untuk menyimpan dan menyiapkan bahan makanan, Bahan makanan yang mentah dapat diolah sebagaimana makanan tersebut dapat disajikan sesuai dengan standart yang dapat dikonsumsi.

Sebagai sebuah ruangan, dapur memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai tempatnya makanan berawal dan berakhir, tempat bahan – bahan pangan yang di olah dan di hias agar tampilannya menarik, sebagai perkenalan budaya bangsa akan sajian kuliner dengan tujuan supaya lebih di kenal oleh mancanegara.

Secara harfiah, dapur berarti dapat di artikan suatu tempat yang biasanya berada did alma rumah, dimana seseorang melakukan suatu aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan.

Jadi, dapur merupakan salah satu ruangan yang paling penting dalam rumah, karena dapur merupakan salah satu tempat keluarga berkumpul untuk makan dan menikmati waktu bersama.

Perlu kita ketahui bahwa beberapa rumah di Indonesia menerapkan 2 jenis dapur yang berbeda. Pada umumnya, jenis dapur terbagi menjadi 2 yaitu dapur bersih dan dapur kotor.

Kedua jenis dapur ini jelas sangat berbeda satu sama yang lain, serta memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan fungsinya masing – masing.

Ada banyak sekali jenis perlengkapan dapur restoran yang harus diperhatikan dari kedua kategori besar peralatan masak dan makan.

Jika peralatan memasak adalah segala sesuatu yang berada di dapur, maka perlatan makan adalah segala sesuatu yang sampai di meja pengunjung.

Bagi kalian yang pernah bekerja di suatu restoran ataupun di perhotelan pada bagian dapur atau koki, pasti tidaklah asing dengan istilah holloware.

Holloware sering sekali digunakan di restaurant atau di perhotelan untuk membuat atau menaruh makanan. Perlengkapan dan peralatan dapur yang lengkap akan berdampak langsung dengan cita rasa makanan atau minuman yang sedang dibuat.

Makanan dan minuman akan menghasilkan rasa yang kurang maksimal apabila diolah dengan peralatan yang terbatas.

Holloware atau hollowware, atau hollow-ware adalah jenis peralatan makan logam seperti mangkuk gula, creamers, teko kopi, teko, sup tureens, penutup makanan panas, kendi air, piring, piring patel mentega, dan barang-barang lainnya yang sesuai dengan dishware di atas meja.

Holloware merupakan peralatan yang termasuk kedalam jenis silverware. Dimana Silverware adalah peralatan makan yang terbuat dari logam perak dan umumnya dilapisi stainless steel.

Holloware adalah peralatan makan yang berbentuk cekung, dan terbuat dari logam serta dilapisi dengan perak atau stainless steel, contohnya sauce boat atau gravy boat. water pitcher, pots atau tea pot dan coffee pot creamer, sugar bowl, vegetable bowl, butterplace, hot food cover, ashtray, finger bowl.

Holloware tentu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda tergantung dengan jenisnya. Bukan hanya di digunakan di restaurant dan perhotelan bintang lima saja,

akan tetapi pada saat ini cafe-cafe kopi di Indonesia sudah banyak dan sering kali menggunakan holloware sebagai tempat makanan atau di gunakan untuk meracik makanan.

Holloware merupakan peralatan makanan yang sangat populer digunakan oleh para pengusaha di bidang makanan karena materialnya yang terbuat dari stainless steel.

Dimana bahan stainless steel merupakan bahan yang anti panas, selain itu bahan tersebut memiliki warna silver yang akan membuat makan atau minuman akan terlihat apabila ada kotoran yang masuk ke dalam wadah tersebut.

Di bawah ini ada beberapa contoh yang merupakan jenis – jenis holloware dan fungsinya masing – masing :

Pengertian, Fungsi & Jenis - Jenis Holloware
https://twitter.com/

1. Sauce Boat atau Gravy Boat

Yang pertama ada Sauce Boat atau Gravy Boat. Dalam bahasa Indonesia sauce boat yang berarti tempat saus. sesuai dengan namanya sauce boat digunakan sebagai tempat saus.

Bentuk dari sauce boat sendiri seperti teko namun memiliki lubang atas lebih besar dan lebih pendek dibanding teko, serta tidak memiliki tutup.

2. Water Pitcher

Water pitcher merupakan salah satu jenis hollowware yang terbuat dari logam dan pada umumnya di gunakan sebagai tempat air, biasanya di gunakan untuk air es.

Water Pitcher memiliki bentuk seperti poci besar yang mampu menampung air dalam jumlah banyak.

3. Pots atau tea pot dan coffee pot

Pengertian, Fungsi & Jenis - Jenis Holloware
https://www.steelite.com/

Pot dalam bahasa indonesia sering disebut dengan poci, terdapat dua jenis poci dalam jenis holloware yang pertama yaitu tea pot, dan yang kedua yaitu coffee pot.

Sesuai dengan namanya tea po merupakan poci untuk meracik minuman daun teh, sedangkan coffee pot merupakan sejenis poci yang digunakan untuk meracik coffe, coffee pot sering kali kita jumpai pada kafe – kafe terdekat.

4. Creamer

Creamer merupakan salah satu jenis peralatan hollowware yang biasanya di gunakan untuk menuangkan cream supaya cream tidak berantakan atau meleber.

Cremer memiliki bentuk seperti gelas akan tetapi creamer memiliki moncong yang berfungsu untuk menuangkan creamer tersebut. Creamer pada umumnya di gunakan oleh barista untuk membuat motif pada saat meracik kopi.

5. Sugar Bowl

Sugar bowl merupakan salah satu jenis peralatan hollowware yang biasanya di gunakan sebagai tempat gula.

Sugar Bowl ini memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk akan tetapi memiliki pegangan seperti kuping di bagian pinggirnya serta memiliki penutup yang berfungsi sebagai penjaga gula dari semut.

6.Vegetable Bowl

Vegetable bowl merupakan salah satu jenis hollowware yang berfungsi untuk menghidangkan sayuran dan makanan utama dalam jumlah yang cukup banyak.

Vegetable Bowl ini pada umumnya sangat populer kerap di gunakan pada restaurant Rusia dan Prancis.

Vegetable Bowl ini memiliki bentuk yang menyerupai nampan dan memiliki pegangan pada kanan kirinya, yang mana pegangan tersebut terbuat dari isolator serta memiliki tutup.

7.Butter Plate

Butter plate merupakan hollowware yang berbentuk wadah dan di gunakan untuk meletakkan mentega. Butter plate adalah piring yang berfungsi untuk menyajikan roti dan mentega.

Butter Plate sering kali di sebut sebagai side plate karena peletakannya yang selalu berada di samping garpu atau fork. Butter Plate ini pada umumnya memiliki diameter 15 cm.

8. Hot Food Cover

Hot food cover merupakan salah satu jenis holloware yang memiliki fungsi sebagai penutup makanan agar tidak dihinggapi lalat atau serangga lainnya.

Hot food cover memiliki bentuk seperti wadah dan terdapat pegangan di atasnya. Hot food cover ini terbuat dari bahan isolator yang berfungsi supaya orang yang memegang benda ini tidak kepanasan.

9. Ashtray

Ashtray atau yang biasa kita sebut dengan asbak pada umumnya untuk wadah abu bakaran rokok. Jenis holloware ini terbuat dari logam karena tahan dari panas api dari rokok.

10. Finger Bowl

Finger Bowl merupakan jenis hollowware yang berbentuk wadah yang berfungsi untuk mengaduk adonan makanan. Finger Bowl ini pada umumnya digunakan untuk mengaduk adonan kue atau sebagainya.

Mangkuk ini memiliki bentuk yang sangat kuat dan keras.