Pengertian & Fungsi Gueridon Service

Gueridon service merupakan teknik penyajian makanan yang biasanya dilakukan para pelayan dengan cara menggunakan sebuah troli dan di bawa langsung ke hadapan para tamu yang datang.

Dalam penyajian makanan dengan teknik ini, para tamu di persilahkan untuk memilih hidangan yang mereka inginkan.

Akan tetapi, ada pula sebuah troli yang di bawa ke hadapan para tamu tersebut langsung di lengkapi dengan sebuah kompor dan gas, sehingga juru masak bisa langsung memasak di hadapan para tamu dan langsung di sajikan.

Penyajian makanan dengan mengguakan teknik gueridon service ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Maka dari itu, teknik penyajian dengan cara gueridon service ini lebih sering di minati oleh sebagian orang khususnya saat mengadakan acara keluarga.

Fungsi Gueridon Service

Pengertian & Fungsi Gueridon Service
https://www.hospitality-school.com/

Gueridon merupakan seuah meja kecil yang terdapat roda kecil pada masing – masing kakinya yang berfungsi untuk memudahkan para pelayan memindahkan makanan dari piring saji ke piring para pengunjung.

Ciri-Ciri Gueridon Service

Adapun cirri – cirri Gueridon Service yang perlu kita ketahui, antara lain sebagai berikut:

  • Pelayanan bersifat formal
  • Semua hidangan ditata di depan tamu diatas gueridon atau meja troli beroda
  • Memiliki pembagian jelas antara chef de rang dan commis de rang

Peralatan Gueridon Service

Pengertian & Fungsi Gueridon Service
https://www.amesbostonhotel.com/

Untuk dapat menyajikan makanan kepada para pengunjung yang datang, maka diperlukan peralatan khusus dalam penyajian makanan dengan metode gueridon service.

Adapun peralatan tersebut meliputi :

  • Gueridon trolley atau meja dorong.
  • Clamp atau serving spoon dan serving fork, soup spoon.
  • Rechaud atau alat pemanas listrik.
  • Dinner Plate, Dinner Knife, Dinner Fork.
  • Desser Plate, Dessert Spoon, Dessert Fork.
  • Sauce Boat dengan underliner service napkin.
  • Water Goblet.
  • B&B Plate and Knife.
  • Tea or Coffee Cup, Saucer, Tea or Coffee Spoon, Sugar Bowl and Sugar Spoon, Milk, dan sebagainya.

Penyajian dengan cara menggunakan teknik gueridon service ini telah ditentukan oleh jenis makanan apa yang akan di hidangkan dan bagaimana cara menghidangkannya ke hadapan para pengunjung.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis layanan yang biasa ditawarkan dalam pelayanan makan gueridon service, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Penyajian Salad

Salad merupakan makanan yang identik dengan sayuran hijau segar yang biasanya di campur dengan dressing salad khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang menyegarkan.

Penyajian salad tentu bisa di lakukan dengan menggunakan teknik gueridon service langsung di sajikan ke hadapan para pengunjung. Dengan cara ini, tamu dapat menentukan sendiri porsi yang mereka inginkan.

Dalam penyajian salad, pelayan ataupun koki bisa langsung mencampurkan bahan salad dan dressing salad di hadapan para pengunjung secara langsung.

Dengan demikian, para pengunjung tidak perlu khawatir saat menerima makanan dalam porsi yang terlalu besar ataupun porsi yang terlalu sedikit.

Para tamu juga dapat memilih menu apa saja yang mereka sukain mupun yang tidak mereka sukai.

2. Penyajian Buah

Penyajian buah dalam menggunakan teknik gueridon service ini tentunya para pelayan akan menyajikan buah – buahan yang masih segar ke hadapan para pelanggan.

Karena Gueridon service merupakan cara penyajian yang selalu mengutamakan kesegaran makanan sehingga apapun yang disajikan ke hadapan para pengunjung dapat dipastikan masih dalam keadaan segar.

Pengunjung yang datang, dapat langsung memilih buah yang terdapat di dalam troli, dan pelayan akan langsung memotong atau mengupas buah – buahan tersebut secara langsung ke piring para pengunjung sebagai hidangan pencuci mulut.

Selain sebagai pencuci mulut, buah – buahan tersebut juga dapat di jadikan jus sebagai minuman para pengunjung. Para pengunjung tentunya akan merasa lebih puas dan lebih leluasa dalam memilih berapa banyak jumlah buah yang mereka inginkan.

3. Penyajian Side Dishes

Side dishes merupakan makanan pendamping yang pada umumnya di hidangkan kepada para pengunjung sebagai menu pelengkap. Contohnya adalah roti, garlic mushroom, mac and cheese, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, makanan pendamping ini tidak di hidangkan secara langsung ke hadapan para pengunjung, melainkan para pengunjung yang nantinya akan memanggil pelayan untuk membawakan makanan pendamping ini ke meja hidang.

4. Memasak Makanan

Dalam menggunakan teknik gueridon service ini, terdapat atraksi memasak yang dilakukan oleh koki di hadapan para pengunjung yang biasanya di lakukan dengan skill khusus.

Atraksi ini tentu membuat pelayanan dengan cara metode gueridon service terlihat lebih menarik. Biasanya bahan makanan yang akan di jadikan bahan atraksi tersebut telah di masak dalam keadaan setengah matang di dapur terlebih dahulu,

jadi pelayan atau koki nantinya tinggal melakukan pertunjukkan masak di atas troli meja para pengunjung. Para pengunjung tentunya akan menyaksikan bagaimana para pelayan atau koki memasak makanan yang akan mereka hidangkan.

Tak hanya memasak, koki pun memasukkan segala bumbu ke masakan tersebut di hadapan para pengunjung secara langsung, tentu tidak ada rahasia sama sekali.

Akan tetapi, untuk beberpa menu yang telah di masak setengah jadi telebih dahulu sebelum di masak di hadapan para pengunjung, itu bertujuan agar para pengunjung tidak menunggu koki masak terlalu lama.

5. Menambahkan Makanan

Para pengunjung dapat menambah makanan sepuasnya sesuai dengan selera cukup dengan memanggil salah seorang pelayan restoran tersebut.

Penambahan makanan ini merupakan bentuk pelayanan dalam teknik gueridon service yang terakhir, biasanya para pelayan sesekali waktu akan berkeliling dan menawarkan kepada para pengunjung apabila ada yang ingin menambah makanan.

Pelayanan dengan teknik Gueridon Service tentu ada kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui sebelumnya. Adapun kelebihan dan kekurangan pelayanan Gueridon Service antara lain sebagai berikut :

Kelebihan Gueridon Service

  • Makanan yang akan disajikan ke hadapan para pelanggan sudah dipastikan masih dalam kondisi yang segar.
  • Pelayanan dengan menggunakan teknik gueridon service, para pelanggan akan merasa terlayani dengan baik dan professional. Para pelanggan pun dapat porsi dan makanan yang mereka sukai sesuai selera.
  • Memudahkan para pelayan ataupun koki ketika menghidangkan dan menyajikan makanan ke para pelanggan dengan sbuah troli.
  • Memudahkan para penunjung untuk memilih hidangan yang disukai sesuai dengan porsi yang mereka kehendaki
  • Para tamu dapat langsung memberikan pujian kepada koki yang menyajikan makanan karena terjadi interaksi face-to-face
  • Mampu meminimalisir makanan yang tersisa

Kekurangan Gueridon Service

Selain ada banyak kelebihan gueridon service, namun ada pula kekurangan gueridon service yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah :

  • Mendorong troli ke hadapan meja tamu tentu memerlukan keahlian yang khusus, apalagi jika peralatan dan sajian yang di bawa cukup banyak.
  • Tidak bisa di lakukan jika menu yang di hidangkan kepada para pelanggan terlalu banyak.
  • Memungkinkan terjadinya kecelaaan ketika melakukan atraksi memasak di hadapan para pelanggan.