Executive Chef : Pengertian, Tugas & Wewenangnya

Memasak adalah pekerjaan yang banyak di gemari orang saat ini, baik dari kalangan anak – anak, remaja, orang dewasa baik pria maupun wanita gemar memasak.

oleh sebab itu banyak yang mencoba untuk bisa handal dalam bidang kuliner khususnya profesi chef. Walau sebenarnya tidak diperlukan gelar khusus untuk menentukan apakah orang dapat menjadi chef, berbagai cara untuk menjadi chef yang professional dapat ditempuh dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan yang khusus, ini adalah menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan. Menempuh pendidikan khusus, seperti jurusan tata boga dapat memberi kamu bekal.

Jurusan ini memang tak sekadar mengajarkan tentang masakan, tapi juga tentang manajemen dapur. Menu-menu masakan yang diajarkan di jurusan ini juga sangat beragam dan dapat memperkaya pengetahuan kalian mengenai makanan dan hal – hal sekitar makanan.

Chef adalah sorang pekerja atau tukang masak profesional yang telah terlatih dan mahir dalam semua aspek penyiapandan penghidangan makanan, dan biasanya berfokus pada hidangan tertentu.

Chef berasal dari bahasa Prancis yaitu Chef de Cuisine yang artinya adalah seseorang yang memimpin di dapur. Secara garis besar, seseorang yang berprofesi sebagai chef harus mengatur system masak memasak di dapur.

Mulai dari membuat menu masakan, persiapan memasak, proses memasak sampai ke penyajian dan penghidangan makanan. Tugas seorang chef tentunya sangat beragam.

Para chef dibagi tugasnya berdasarkan jenis dan tingkatannya. chef merupakan unsur terpenting yang menentukan kesuksesan dari bisnis makanan atau minuman tersebut.

Sebab, chef bertugas dalam meracik dan memasak hidangan yang akan dijual kepada konsumen dan pengunjung. Tak terkecuali posisi executive chef.

Seperti halnya kantor, dapur pun memiliki bos. Bos di dapur inilah yang disebut dengan Executive Chef.

Oleh karena itu, executive chef berperan dalam memimpin dan menaungi semua karyawan di bagian dapur.

Executive chef merupakan bagian tertinggi dalam kitchen departemen yang memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga stabilitas berjalannya tugas berdasarkan SOP yang berlaku di tempat makan tersebut.

Executive chef adalah jawara tertinggi dalam kitchen departemen yang mempunyai wewenang penuh dalam menjaga stabilitas berjalannya pekerjaan dan tugas sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan oleh perusahaan atau hotel dimana tempat ia bekerja.

Executive Chef bisa di sebut juga dengan Head Chef. Executive Chef memegang peranan penting dan bertanggung jawab atas segala hal yang ada di dapur. Seperti, terdapat pengunjung yang complain, tentu sesorang yang berprofesi sebagai executive chef inilah yang akan maju dan menerima segala kritikannya.

Tugas utama dari seorang Executive chef ini adalah mengkreasikan menu, meracik dan emncampur bahan – bahan makanan sehingga terciptanya rasa yang unik dan baru.

Untuk menduduki profesi executive chef ini tentu membutuhkan keahlian khusus serta pengalaman dan ilmu yang kuat.

Seseorang yang berprofesi sebagai executive chef memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh sesuatu yang berhubungan dengan dapur dimana tempat mereka bekerja, baik berupa standar operasional, pemesanan makanan, standar rasa, penghidangan makanan, dan standar lainnya demi terwujudnya segala operasional dapur dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan apa yanh di harapkan.

Tugas Executive Chef

Executive Chef : Pengertian, Tugas & Wewenangnya
https://www.restaurantsecretsinc.com/

Berikut di bawah ini merupakan tugas, wewenang, tanggung jawab, dan peranan seorang Executive Chef, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memeriksa daftar pesanan
  • Mencatat menu atau membuat menu untuk dijual oleh para pelayan atau staff food and beverage product.
  • Membuat laporan anggaran tahunan untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dibuat.
  • Membuat laporan rencana kerja tahunan sebagai suatu pencapaian target di masa mendatang.
  • Wajib menghadiri rapat antara kepala bagian lainnya sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh General Manager.
  • Mengawasi dan mengatur segala tugas – tugas yang ada di dalam dapur. Khususnya dalam prosesn pengolahan makanan.
  • Mengawasi pelaksanaan tata kerja, keselamatan kerja, dan memenuhi segala perlengkapan atau atribut kerja para staf agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman.
  • Mengawasi segala tempat penyimpanan makanan dan peralatan-peralatan di dapur.
  • Menjaga standard dan kualitas harga
  • Memeriksa serta melaksanakan seluruh kegiatan food production.
  • Bekerja sana dengan food and baverage manager khusus dalam menyediakan makanan dan minuman, menghidangkan segala jamuan atau rapat yang di selenggarakan di dalam hotel.
  • Aktif berkreasi menciptakan menu – menu baru agar membuat para pengunjung tertarik.
  • Memeriksa tata urutan dalam menghidangkan menu – menu buffet agar berjalan dengan teratur.
  • Menjaga hubungan baik antar karyawan dan staff.
  • Bersedia menjalankan tugas dan instruktur dari atasan.
  • Wewenang Executive Chef

Wewenang Executive Chef

Executive Chef : Pengertian, Tugas & Wewenangnya
https://www.escoffier.edu/

Adapun wewenang seorang Executive Chef antara lain yaitu :

  • Untuk kitchen, Executive Chef berwenang untuk merencanakan program trainee atau pelatihan khusus.
  • Dalam mengkoordinasi seluruh kegiatan operasional department, executive chef memiliki wewenang atas pengambilan keputusan.
  • Dalam menambah atau mengurangi karyawan dan staff di dalam department, Executuve Chef memiliki wewenang dengan memberikan rekomendasi lebih lanjut kepada bagian HRD atau Human Resources Department.
  • Seseorang yang memiliki profesi sebagai Executive Chef memiliki beberapa tanggung jawab yang harus di laksanakannya. Antara lain adalah sebagai berikut :
  • Executive Chef wajib bertanggung jawab atas terlaksana tugas-tugas dan pekerjaan berdasarkan standar operasional kitchen itu sendiri, sehingga bisa menopang keberhasilan sebuah departemen kitchen menjadi team work yang solid.
  • Executive Chef wajib bertanggung jawab atas pengadaan bahan – bahan makanan yang menjadi bagian dalam penjualan produk kitchen itu sendiri.

Peranan Executive Chef

Seorang Executive Chef memiliki peranan sebagai berikut :

  • Executive Chef memiliki peranan untuk mengawasi pemesanan sekaligus memesankan barang serta bahan makanan dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada store man dalam penataan pengadaan dan pengambilan barang tersebut.
  • Executive Chef memiliki peranan dengan menyusun serta merencankan menu – menu berdasarkan tipe menu yang di sesuaikan dengan standar restoran tersebut, seperti Indonesia Food, western food atau mediterranian food lainnya.
  • Executive Chef memiliki peranan dengan memberikan saran – saran atau mendata seluruh peralatan dapur yang akan di beli.
  • Executive Chef memiliki peranan yang wajib menjaga kestabilan biaya pokok pengolahan makanan atau yang di sebut dengan food cost, sehingga dapat mencapai tingkat keuntungan tertentu dan dapat di pertahankan.
  • Executive Chef memiliki peranan dalam mengatur pekerjaan serta menentukan uraian segala tugas masing – masing jabatan karyawan dan menyusun jadwal kerja.
  • Executive Chef memiliki peranan untuk meningkatkan kemampuan para bawahan staff dengan memberikan pelatihan atau training khusus baik di dalam ataupun di luar perusahaan.
  • Executive Chef memiliki peranan untuk mengawasi pekerjaan di dapur terutama pada waktu service, dan bertanggung jawab atas kualitas makanan yang di jual.