Pengertian Cook Helper

Chef merupakan salah satu profesi yang kerap di minati oleh banyak orang. Chef merupakan seseorang yang memiliki keahlian memasak di suatu tempat dan di percaya sebagai pemimpin dapur dalam membuat racikan menu.

Tentu tidak jarang kita mendengar kata chef di telinga kita dalam kehidupan sehari – hari, akan tetapi apakah kalian pernah mendengar kata Cook Helper?

Coock Helper adalah seseorang yang memiliki profesi sebagai asisten juru masak. Cook helper pada umumnya seseorang yang akan membantu para juru masak di dapur dalam berbagai macam aktivitasnya.

Cook Helper juga merupakan seseorang yang bertugas untuk membantu segala aktivitas di dapur termasuk mempersiapkan, mengemas, merapikan, membersihkan, serta menyimpan kembali bahan masakan yang masih layak dan juga membuang yang sudah tidak memenuhi standar pangan.

Cook helper adalah karir yang menjembatani untuk menjadi seorang chef. Ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab cook helper adalah membantu juru masak utama.

Untuk kalian yang ingin menjadi chef, kalian dapat mengawali dengan belajar bagaimana peran cook helper. Cook helper atau yang disebut juga asisten juru masak wajib memahami cara kecepatan masak para chef, peralatan yang harus disiapkan, serta jenis bahan makanan yang wajib di siapkan terlebih dahulu.

Pengertian Cook Helper Menurut Para Ahli

Menurut Sihite (2015:13)

Cook Helper adalah karyawan yang belum pernah bekerja di dapur dan mereka ditugaskan untuk bekerja berpindah – pindah dari satu seksi yang lain dalam waktu tertentu agar karyawan pemula ini dapat mengenal dan menghayati pekerjaan di masing – masing seksi sebelum mereka ditentukan bertugas disuatu seksi sesuai dengan kemampuannya.

Menurut Adjab Subagjo (2007 :11)

Cook helper adalah membantu tugas-tugas atasannya ataupun asisten cook.

Tugas dan Kewajiban Cook Helper

Pengertian Cook Helper
https://blog.lokerpalangka.ne

Sebagai salah satu bagian dari department kitchen, cook helper tentu memiliki peranan penting. Adapun tugas dan kewajiban cook helper adalah sebagai berikut :

1. Mempersiapkan Peralatan Masak

Seorang cook helper wajib menyiapkan segala peralatan memasak yang akan di gunakan untuk membuat sebuah makanan maupun minuman yang akan di sajikan atau di hidangkan.

Setelah peralatan memasak ini di gunakan, cook helper juga wajib membersihkan dan merawat semua peralatan tersebut dengan baik.

2. Menyiapkan Bahan Masakan

Cook Helper berperan dalam mempersiapkan segala jenis bahan masakan dari makanan bahan mentah maupun makanan yang sudah siap di hidangkan.

Bahan makanan mentah yang akan di masak, akan di siapkan terlebih daluhu oleh cook helper seperti memotong sayuran maupun mengiris bawang.

3. Menyimpan Peratalan Masak

Seorang Cook Helper memiliki tanggung jawab dalam membersihkan dan menyimpan kembali seluruh peralatan memasak apabila pekerjaan mengolah dan menyajikan makanan tersebut telah selesai,

seluruh peralatan memasak wajib di bersihkan dan di simpan kembali ke tempatnya agar bisa di gunakan kembali keesokan harinya.

4. Membantu Sang Koki

Cook helper memiliki tugas utama yaitu membantu sang koki dalam proses pengolahan makanan dan membuat menu – menu yang membutuhkan kecepatan, ketelitian dan keahlian khusus.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada pula tugas dan tanggung jawab cook helper menurut Richard Sihite dalam bukunya “Job Description” di bagian pastry adalah seperti berikut :

  • Menghadiri briefing chef
  • Menanggani penataan Mise En Place
  • Membantu penanganan service preparation
  • Menangani pastry production
  • Memelihara suasana kerja yang sehat
  • Mengawasi pelaksanaan pembersihan area kerja

Prosedur Kerja Cook Helper

Berikut ini adalah contoh prosedur kerja seorang cook helper dalam penyajian hidangan lunch dan dinner dalam sebuah restoran.

Perlu kalian ketahui bahwa di restoran jam lunch akan dibuka jam 12.00 – 14.00 sementara jam dinner akan dibuka jam 18.00 – 23.00 dengan mengusung tema buffet.

1. Sebelum Buka Lunch Ataupun Dinner

  • Melihat menu harian
  • Mempersiapkan alat yang akan digunakan
  • Mempersiapkan bahan makanan yang dibutuhkan
  • Mendistribusikan makanan ke buffet
  • Melakukan Set up

2. Saat Penanganan Lunch Ataupun Dinner

Saat penanganan berlangsung, cook helper memiliki peranan sebagai penjaga untuk memperhatikan setiap makanan atau minuman yang habis agar segera di tambahkan kembali.

Dan biasanya makanan tersebut telah di sediakan oleh para chef pada hot box untuk menjaga makanan tersebut agar tetap hangat.

3. Penutupan Lunch Ataupun Dinner

  • Membersihkan seluruh peralatan yang telah di gunakan
  • Menyimpan makanan yang masih sisa
  • Mempersiapkan menu untuk esok hari

Meskipun pemahaman assistant cook tentang berbagai hal yang ada di dapur sangat baik, akan  tetapi mereka  tidak boleh memasak suatu hidangan secara utuh.

Hal tersebut dikarenakan kemampuannya belum sepadan dengan para chef untuk membuat suatu hidangan, terlebih jika berada di hotel atau restoran berkelas.

Jika pun kalau para juru masak meminta bantuan untuk mengolah makanan, assistant cook biasanya hanya boleh mengawasi masakan agar tidak gosong, menambahkan bumbu, hingga menaruh bahan makanan yang disiapkan saat koki sibuk melakukan aktivitas lain yang tidak bisa ditinggal.

Namun, bukan tidak mungkin asisten juru masak bisa menjadi chef profesional. Mereka bisa mengikuti kelas memasak atau jika memang kultur kerja di hotel atau restoran tersebut bagus, dia bisa belajar memasak dari para koki ketika sedang memiliki waktu luang.

Hal terpenting apabila kalian ingin menjadi cook helper adalah kalian harus detail, rajin, dan cekatan. Sebab, kalian harus berlomba dengan pesanan yang terus masuk.

Berikut di bawah ini adalah syarat menjadi cook helper yang harus di penuhi jika kalian ingin bekerja menjadi Cook Helper adalah sebagai berikut :

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/atau sederajat.
  • Memiliki pengalaman bekerja sebagai cook helper sebagai nilai plus.
  • Memahami berbagai peralatan dapur dan fungsinya.
  • Memiliki pemahaman untuk menjaga bahan makanan hingga prosedur keamanan pangan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik.
  • Tanggung jawab dan disiplin.

Jenjang Karir dan Informasi Gaji Cook Helper

Pengertian cook helper
https://www.konteks.co.id/

Menjadi seorang Cook Helper tentu memiliki peluang kerja yang sangat luas. Tidak hanya di restoran, cook helper dapat juga memiliki peluang karir untuk bekerja di hotel, rumah sakit, ataupun di sebuah yayasan.

Segala tempat yeng membutuhkan juru masak, tentu akan membutuhkan asistennya juga. Cook helper adalah profesi dengan jenjang awal bagi seseorang yang ingin menjadi seorang chef.

Jadi ketika kalian memiliki atau kemampuan memasak, dan mampu menata dapur dengan baik, hingga memiliki kreativitas dalam pembuatan menu makanan, kalian juga dapat membuka tempat makan sendiri.

Untuk gaji atau pendapatan seorang cook helper, nominalnya akan bervariasi, tentunya akan tergantung di mana kalian bekerja. Berbeda kelas hotel dan restoran tentu saja akan berbeda nominal gaji yang akan kalian dapatkan.