Pengertian Bar, Fungsi & Jenisnya

Ketika kita berkunjung ke sebuah hotel yang pada umumnya bertaraf internasional, tentu kita sering kali melihat terdapat orang yang sedang meracik minuman pada suatu konter di dalamnya.

Konter itulah yang bisa kita sebut dengan nama bar.

Bar merupakan suatu tempat atau konter yang menyajikan minuman beralkohol seperti beer, wine, liquer, dan coktailsuntuk diminum di tempat. Bar berasal dari kata barrier yang artinya adalah sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar dengan tamu.

Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan konter, konter tersebut dilengkapi dengan kursi yang tinggi yang bisa kita sebut dengan bar stools.

Bars stools di design sesuai dengan keinginan dan selera orang pemilik bar tersebut. Orang yang bekerja di bar di namakan bartender.

Di Bar tersebut pengunjung dapat duduk santai sembari memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. konter juga di buat bertujuan untuk menghindari pengunjung yang mabuk masuk ke dalam Bar dan kadang kala mengambil minuman yang ada di bar.

Bar sendiri pada umumnya berupa outlet counter dalam sebuah hotel dengan fungsi khusus yang beroperasi mulai dari jam 10 pagi sampai jam 1 dini hari, bar di dirikan di dalam hotel berfungsi sebagai salah satu sumber pemasukan yang cukup besar bagi hotel itu sendiri.

Pengertian Bar Menurut Para Ahli

Menurut Atmodjo

Bar adalah suatu tempat yang di organisasikan secara komersil dan di lengkapi dengan fasilitas yang memadai, terdapat baik di dalam sebuah Hotel, kadang – kadang berdiri sendiri di luar Hotel, dimana seseorang bisa mendapatkan pelayanan segala macam minuman baik yang beralkohol maupun yang tidak beralkohol kecuali minuman panas seperti kopi dan teh.

Bar dapat dibagi berdasarkan fungsi serta berdasarkan jenis-jenis bar yang dioperasikan yaitu sebagai berikut :

1. Public Bar

Pengertian Bar, Fungsi & Jenisnya
https://www.pikist.com/

Publik bar merupakan bar yang di bangun di dalam sebuah hotel maupun di luar hotel dan lokaisnya terlihat oleh para pengunjung. Public bar ini letak dan posisinya langsung berada pada service area, dimana para pelayan atau bartender dapat dengan langsung berhadapan dengan para pengunjung.

Proses pembuatan minum serta minuman yang di racik oleh bartender tentu bisa di lihat secara langsung oleh para pengunjung.

2. Service Bar

Service bar merupakan sebuah bar yang melayani pengunjung secara tidak langsung dan mempunyai satu ruangan saja yaitu ruangan bartender.

Ruangan ini membantu pesanan minuman yang datang dari Restaurant maupun room service. Service bar pada umumnya terletak di bagian belakang restoran dan biasanya dekat dengan dapur.

Karena tida berhadapan langsung dengan pengunjung, maka jenis bar yang satu ini di design tanpa di lengkapi dengan bar stools.

3. Portable Bar

Portable bar merupakan bar yang memiliki bentuk yang kecil yang dapat berpindah-pindah. Portable bar biasa di sebut juga dengan bar beroda yang pada umumnya digunakan dalam acara jamuan makan Coctail Party atau pada acara Banquet.

Portable bar ini memiliki bentuk seperti sebuah rak kereta dorong, rak di dalamnya berfungsi sebagai tempat minuman.

4. Snack Bar

Sanack bar merupakan salah satu jenis bar yang hanya menjual makanan dan minuman ringan. Snack bar ini biasanya tetap menjual minuman beralkohol maupun tidak beralkohol akan tetapi dalam jumlah terbatas.

5. Mini Bar

Mni Bar merupakan salah satu jenis bar tang tempatnya berada di dalam kamar hotel, dimana minuman alkoholnya dalam bentuk botol kecil, dan biasanya di susun di atas meja kecil yang dilengkapi freezer kecil yang berfungsi sebagai tempat menyimpan minuman lainnya sehingga tamu dapat mengambil dengan sendirinya.

6. Pool Bar

Pool bae merupakan salah satu jenis bar yang tempatnya berada di area kolam renang. Bar jenis ini biasanya terdapat pada area kolam renang di dalam hotel.

Minuman yang di jual dalam bar ini terbilang tidak lengkap dan sangat terbatas, dan gelas yang di gunakan pada pool bar ini pada umumnya menggunakan gelas plastik.

Dalam pool bar juga di sediakan makanan ringan untuk pengunjung.

7. Sanken bar

Sanken bar merupakan salah satu jenis bar yang biasa di kenal dengan sebutan garden bar. Sanken bar di buat di dalam ruangan yang terbuka, contohnya dapat kita temukan di kolam renang, danau maupun tepi pantai.

Sanker bar menjual makanan ringan di dalamnya, namun untuk minuman berlakohol di dalam bar ini tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas.

8. Expresso bar

Pengertian Bar, Fungsi & Jenisnya
https://www.macchiatocafe.com/

Expresso bar merupakan salah satu jenis bar yang tempat nya bisa kita temukan di pelabuhan – pelabuhan laut dan udara. Expresso bar ini jenis bar yang berasal dari Italia.

Di dalam expresso bar ini, minuman yang di jual adalah kopi exspresso khas Italia, di sini terdapat juga minuman beralkohol akan tetapi tersedia dengan jumlah yang sangat terbatas.

9. Private bar

Privat bar merupakan salah satu jenis bar yang biasa kita sebut dengan sebutan bar pribadi. Privat bar biasanya hanya terdapat di dalam rumah-rumah orang elit atau orang-orang berada.

Minuman yang tersedia pada privat bar ini tentu tidak selengkap seperti di bar pada umumnya, karena biasanya terbatas pada koleksi pemilik bar tersebut. Pelayanannya tentu langsung ditangani oleh tuan rumah atau tamunya sendiri.

10. Lounge bar

Lounge Bar merupakan salah satu jenis Bar yang biasanya terletak di dalam hotel. Lounge bar ini memiliki tempat yang luas dan memanjang, dengan ruangannya yang tertutup dan dilayani oleh bartender dan beberapa pelayan.

Bar jenis ini angat cocok untuk para pengunjung yang ingin bersantai dan mendengarkan musik sambil menikmati minumannya.

11. Bar dan Restoran

Bar dan restoran ini pada umumnya terletak dan berada di kota-kota. Bar dan restoran memiliki bentuk dan tampilannya persis seperti restoran, tempat nya berada disudut restoran dan  dilengkapi dengan hiburan seperti band untuk mengiringi para pengunjung yang sedang makan dan minuman di dalamnya.

12. American Bar

American Bar merupakan salah satu jenis bar yang menjual minuman serba lengkap dengan performance yang mewah dan eksklusif di dalamnya.

Organisasi pada bar yang satu ini cukup lengkap dengan tenaga kerja yang terampil. American Bar pada umumnya memiliki Coctail lounge yang cukup luas dan megah sehingga kebanyakan pengunjungnya berasal dari kalangan kelas atas.

13. Apperitif Bar

Apperitif bar merupakan salah satu jenis bar yang menyajikan minuman dengan jenis yang sangat terbatas. Pada umumnya apperitif bar ini selalu menyediakan minuman dengan jenis aperitif.

Aperitif adalah minuman yang dapat meningkatkan selera makan seseorang.

14. Piano Bar

Piano Bar adalah salah satu jenis bar yang memiliki ruangan sebagai tempat tamu bersantai sembari menikmati minuman dan mendengarkan alunan piano.