Menakjubkan !! Ternyata beginilah tugas seorang Chef
suryamedia.id

Menakjubkan !! Ternyata beginilah tugas seorang Chef

Siapa yang tidak asing dengan istilah chef?, tentu sangat tidak asing bukan?. Secara umum, definisi chef adalah orang yang bertugas membuat resep, menentukan dan menakar bahan-bahan masakan, memasak, hingga menyajikan suatu hidangan yang rasanya enak, tampilannya indah. Dapur/department kitchen, menjadi salah satu sasaran seorang chef ketika bekerja.

Seperti biasanya bahwa dapur hotel terdiri dari beberapa sub bagian yang memiliki fungsi dan tugas sesuai dengan jenis makanan, contoh soup, sayuran,saos, dan yang lainnya. Profesi koki atau chef adalah profesi yang menantang, karena seorang chef dituntut untuk menciptakan masakan yang berkualitas tinggi serta inovatif. Chef sendiri berasal dari kata Prancis yang artinya kepala atau pemimpin, chef merupakan orang yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus dalam mengelola dapur.

Pengertian Chef 

Ketika melihat sejarah, ternyata profesi chef sering disebut dengan istilah cook atau cookery. Bahkan biasanya di dapur istana maupun kerajaan, tugas memasak dilakukan oleh para budak atau pelayan. Karena pada dasarnya mereka memiliki keahlian dalam memasak, namun kadang kali memasak dilakukan oleh para chef terkenal atau dari keluarga bangsawan dan dikenal dengan private chef karena secara khusus para bangsawan memiliki kemampuan finansial yang tinggi sehingga mampu melakukan hal demikian.

Abad ke-18 profesi chef mulai berkembang pesat di Prancis, bahkan profesi ini sangat dihormati dan penting. Para chef terkenal mulai mengembangkan teknik memasak yang lebih canggih dan mulai mengenalkan hidangan. Diantaranya escargots, bouillabaisse, dan crepes. Maju pada abad ke-19 banyak sekali sekolah masak untuk melatih para chef yang ingin berlatih meningkatkan keterampilan memasaknya. Bahkan di Amerika Serikat salah satu sekolah masak tertua yakni Culinarry Institute of America (CIA).

Karena semakin berkembang, profesi chef semakin di gandrungi. Salah satu chef terkenal seperti Auguste Escofefier dari Prancis dikenal dengan raja chef, karena mampu mengembangkan sistem organisasi dan manajemen di dapur yang kemudian menjadi standar dunia. Ada juga Julia Child dari Amerika Serikat, Wolfgang Puck, Emeril Lagasse, dan Gordon Ramsay yang mulai membuka serta memperkenalkan konsep restoran baru.

Dalam perkembangan teknologi, profesi chef menjadi inspirasi bagi orang-orang yang ingin memulai bahkan belajar memasak dan menjadi chef sukses. Banyak sekali tawaran untuk melakukan pelatihan dan sertifikasi untuk para calon chef, bahkan lapangan pekerjaan untuk seorang chef sangatlah luas. Dimulai dari berbagai sektor industri makanan seperti hotel, restoran, rumah sakit, dan industri makanan serta minuman.

Chef menjadi tokoh utama dalam industri makanan dan minuman, bagaimana tidak chef menjadi orang yang  memainkan peran penting ketika proses masak-memasak dihadirkan. Memantau serta bertanggung jawab darimulai proses pertama sampai akhir, bahkan tidak melupakan kualitas demi menjaga makanan.

Begitupun dalam memilih bahan-bahan makanan yang berkualitas tinggi, mengatur persediaan makanan, dan mengelola staff dapur. Tidak hanya memasak, seorang chef juga mampu memperkerjakan, melatih dan mengawasi juru masak dalam merencanakan menu, tidak lupa memastikan kualitas makanan konsisten.

Adapun dalam mengolah makanan, seorang juru masak harus mengerti tentang kesehatan dan kebersian. Meski memiliki tugas yang banyak, ternyata dalam prakteknya chef memiliki beberapa tingkatan sesuai dengan tugas yang berkaitan dengan department dapur.

Tingkatan Seorang Chef 

Menakjubkan !! Ternyata beginilah tugas seorang Chef
liputan6.com

1. Executive Chef

Tingkatan chef ini sering juga disebut Chef De Cuisine, biasanya tanggung jawab yang dipegang adalah mengelola dapur tentu menjadi tanggung jawab utama, menyusun menu, membuat standar resep disertai dengan harganya, membuat pesanan order, membuat perkiraan yang akan dicapai, memimpin staff dan bawahannya dan yang terakhir mengawasi jalan operasional kitchen terutama pada saat hotel atau restoran baru buka.

2. Assistant Chief Cook

Memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menggantikan kedudukan chef apabila berhalangan hadir

3. Pembantu dapur

Cook helper atau pembantu dapur memiliki tugas membantu pekerjaan atasannya, atau lebih akrab dengan sebutan asisten koki. Biasanya pembantu dapur memiliki pengetahuan dasar mengenai bahan makanan, dan mengetahui bagaimana cara pengolahan dengan baik dan benar.

4. Pencicip makanan

Food tester merupakan orang yang memiliki peran penting terhadap kualitas masakan, sebelum hidangan diberikan kepada pegunjung biasanya melewati pencicip makanan atau food tester. Pemahaman standar juga harus dimiliki oleh pencicip makanan karena harus mengetahui mengenai bahan aman atau tidaknya untuk dimakan.

5. Penguji makanan

Tanggung jawab dari penguji makanan yakni membuat variasi makanan dan Menyusun harga, dengan mengetahui bahan-bahan dasar.

6. Penata saji

Food stylist atau penata asli memiliki tanggung jawab untuk menata gaya makanan untuk buku resep, pengambilan foto, iklan, dan yang lainnya.

Profesi chef menjadi salah satu profesi yang membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus dalam memasak, mengolah, dan menyajikan makanan. Maka dari itu menjadi chef bukan perjalanan mudah, karena pada dasarnya mencari orang berkualitas dengan kemampuan yang dimiliki membutuhkan proses yang panjang.

Tugas dan Kewajiban Chef 

  • Membuat kreasi dari berbagai jenis makanan, sesuai dengan bidang ahlinya.
  • Melakukan eksperimen untuk menciptakan resep makanan.
  • Memasak makanan sesuai pesanan
  • Kepala koki bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatan di dapur, dari mulai menyiapkan sampai menyajikan makanan.
  • Mengawasi staff dapur dalam menggunakan fasilitas dapur
  • Bertanggung jawab terhadap seluruh isi dapur, termasuk bahan makanan
  • Memberi tahu atasan langsung tentang kekurangan yang ada di dapur, atau sekelilingnya.

Kemampuan yang harus dimiliki Chef 

  • Juru masak wajib memiliki kemampuan memasak dasar (basic cooking), dengan tujuan agar tidak kewalahan saat meracik menu.
  • Mengetahui dasar memasak yang harus dikuasai, seperti teknik memasak yang benar, cara memotong bahan-bahan masakan, lamanya waktu memasak yang tepat.
  • Memiliki kemauan, kemampuan disiplin, dan pandai memotivasi diri sendiri.
  • Peralatan yang wajib dimiliki oleh juru masak, yakni pisau, talenan kayu, dan wajan.
  • Berlapang dada ketika mendapatkan saran dari para pengunjung, demi menjadi lebih baik.
  • Kemampuan berpikir kreatif, berinovasi, memahami product knowledge yang baik.
  • Kemampuan untuk melakukan manajerial, dan pengetahuan tentang ilmu gizi.

Chef juga memerlukan ide kreatif untuk mengembangkan menu pada makanan, tak jarang para chef bisa menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk bereksperimen. Jangan lewatkan artikel mengenai chef yang sangat menarik lainnya. Kamu bisa melihat role model chef profesional yang bisa menginspirasi cerita dan pengalamannya, ada banyak chef yang berbakat dalam mengolah makanan.

Bahkan tidak sedikit, yang membagikan bagaimana tips dan trik nya untuk meningkatkan kemampuan dalam memasak di dapur dan menjadikan pengalaman memasak kamu menjadi lebih menyenangkan dan berhasil. Jangan ragu untuk membaca artikel ini dan temukan cara baru untuk memasak dengan ciri khas gaya yang lebih profesional layaknya seorang chef. Jadi bagaimana? Apakah tertarik menjadi seorang chef?.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *