Main Course : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Menu Main Course
greatbritishchefs.com

Main Course : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Menu Main Course

Istilah main course sering dijumpai ketika mengunjungi restoran, biasanya tersedia ketika maka siang dan makan malam. Namun apa sebenarnya main course itu?.

Hidangan utama atau main course termasuk kepada salah satu dari tiga klasifikasi makanan dalam urutannya, dalam dunia food and beverage. Main course memiliki peran penting yang tidak bisa ditinggalkan.

Pengertian Main Course

Main course atau dikenal dengan hidangan utama merupakan hidangan yang biasanya disajikan setelah makanan pembuka dan sebelum makanan penutup. Penggunaan istilah main course muncul dari budaya atau kebiasaan masyarakat barat, dimana pada waktu itu sangat menyukai makanan dengan banyak variasi.

Main course disajikan dalam porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan hidangan pembuka, beberapa bahan makanan yang sering digunakan adalah daging, ikan, atau unggas disertai dengan saus sesuai dengan jenis makanannya.

Jenis saus yang disajikan pun beraneka ragam mulai dari saus putih, saus coklat, saus minyak. Bahkan tidak melupakan berbagai sayuran dan kentang atau sumber karbohidrat yang lainnya seperti mie, nasi, atau sayuran dan sumber yang lainnya.

Untuk setiap hidangan utama tentu berbeda-beda, tergantung kepada jenis masakan yang dipilih. Contohnya dalam masakan Barat biasanya mengandalkan daging sebagai bahan utama, sedangkan di masakan Asia lebih sering menggunakan bahan utama ikan atau sayuran.

Apapun hidangan utama nya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bagi Sebagian orang yang tidak bisa makan hidangan dengan bahan utama daging,seperti vegan maka bisa menyesuaikan.

Di era modern banyak restoran yang menyediakan berbagai jenis hidangan, yang cocok dengan preferensi masing-masing. Dalam sebuah acara makan formal, hidangan utama sering menjadi hidangan paling penting karena paling ditunggu-tunggu karena sejatinya hidangan utama bagian penting dari sebuah acara atau restoran.

Main course sendiri memiliki proses menghidangkan makanan dengan baik, dengan tujuan memuaskan dan menyenangkan para tamu dengan memberikan kesan yang kuat. Meski ada banyak sajian dalam main course, perlu diperhatikan jenis-jenis dalam main course. Berikut jenis-jenis untuk makanan utama (Main Course).

Jenis-Jenis Main Course

Main Course : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Menu Main Course
tribunnews.com

Berdasarkan Teknik Pengolahannya

  • Deep frying : chicken meryland, chicken cordon bleu.
  • Grilling frying : beef stek, chicken steak.
  • Roasting : roast beef.

Berdasarkan Bahan Dasarnya

  • Sajian telur : hidangan dengan sumber protein dari telur, baik telur unggas maupun telur ikan (caviar). Contoh menu nya yakni scrambled egg, omelette, scoth egg
  • Sajian pasta : hidangan dengan olahan yang digunakan dalam masakan Italia, terbuat dari kombinasi tepung, air, telur, garam. Untuk membentuk pasta dengan berbagai jenis dan ukuran. Contoh menu nya spaghetti Bolognese, fettuccine carbonara, macaroni and cheese
  • Sajian ikan : hidangan dengan bahan dasar ikan, baik ikan tawar maupun ikan asin. Contoh menunya meuniere fish fillet, Spanish naked fish. Biasanya hidangan ini sangat populer karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat tinggi.
  • Sajian laut : hidangan dengan bahan dasar berbagai jenis ikan atau budidaya laut, yang paling umum seafood seperti udang, cumi-cumi, lobster, kerang, gurita. Contoh menunya moules la mariniere, lobster fireplace, shrimp stew.
  • Sajian daging : hidangan ini berbeda dengan hidangan berbahan dasar unggas, karena yang membedakan adalah dagingnya berasal dari hewan berdaging merah. Seperti daging sapi, domba.

Ketika membuat hidangan utama atau main course harus selalu memperhatikan komposisi yang harus dihadirkan, biasanya meliputi : komposisi hewani 175-225 gr, sayuran 75 gr, kentang 75 gr, dan saus 50-59 gr. Seluruh kompisisi main course harus di susun dalam dinner plate sebagai hidangan utama, dengan menyesuaikan aroma, warna dan rasa sehingga menggugah selera.

Jenis-Jenis Menu Main Course

Menu main course pun bisa menyesuaikan tema, jika hari ini menyediakan menu western maka main course terdiri dari steak atau pasta, begitupun dengan yang lainnya. Ada banyak menu main course yang terkenal di Dunia, melingkupi menu dari Indonesia, Western, Continental, Eastern, dan negara lain. Berikut daftar menu main course :

Foire Gras 

Makanan khas Perancis yang diminati semenjak abad pertengahan, terbuat dari foie gras yang diolah dengan berbagai cara mulai dari merebus, memanggang, atau menggoreng.

Chicken Parmigiana 

Makanan dari Australia, hidangan ayam yang disiapkan dengan dilapisi remah roti, dengan saus Napoli yang terbuat dari keju dan tomat. Disajikan dengan salad atau kentang.

Lasagna

Makanan khas Italia, hidangan pasta yang terdiri dari lapisan lasagna disajikan dengan saus.

Tortellini 

Makanan khas Italia, berbentuk seperti pusar. Terbuat dari campuran daging panggang, keju. Disajikan dengan memakai kuah kental.

Pizza 

Jenis baguette dengan isian ayam, daging, dengan saus tomat, keju. Pizza jenis ini ditemukan di Naples, Italia dan menjadi hidangan populer.

Spaghetti

Makanan pokok Italia, dicampur dengan saus tomat, daging, minyak zaitun, dan sayuran. Bisa ditambahkan pilihan keju seperti parmesan, pecorino, dan lainnya.

Beed Bourguignon

Makanan semur daging sapi dengan rempah-rempah pilihan, daging yang digunakan daging tenderloin.

Tortilla

Roti pipih ringan dibuat dari gandung atau jagung, disantap dengan saus, daging, sayuran, atau kacang-kacangan.

Rendang

Makanan khas Indonesia, terbuat dari daging olahan yang direbus dalam waktu yang lama agar tekstur sempurna (empuk), disertai rempah pilihan.

Gudeg

Makanan khas Jogja, terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan hingga berwarna kecoklatan.

Ayam Betutu

Makanan khas Bali, yang terbuat dari ayam utuh diisi dengan bumbu dan kemudian dibakar diatas api. Hidangan ini salah satu menu populer di kalangan wisatawan

Nasi Goreng

Hidangan ini sangat populer, berbahan dasar nasi dipadukan dengan bumbu khas Indonesia. Ada berbagai macam nasi goreng, diantaranya nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, nasi goreng bakso, nasi goreng kambing, dan masih banyak lagi nasi goreng dengan cita rasa otentik.

Bakso 

Salah satu hidangan utama terbaik, dengan berisi bakso, mie, tahu, gorengan dengan ditambahkan kaldu sapi. Bakso memiliki tekstur kenyal dan berair. Ada banyak bakso seperti bakso ayam, bakso daging, bakso ikan, bakso udang, bakso iga. Bahkan makanan jenis ini mudah ditemukan bahkan seluruh kota di Indonesia.

Dengan berbagai jenis hidangan utama yang tersedia di seluruh dunia, kita dapat menjelajahi cita rasa dan keunikan dari setiap masakan yanag ada. Tidak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh melainkan menjadi momen menghargai keberagaman dalam dunia kuliner yang ada di seluruh dunia.

Demikian pembahasan mengenai main course, jenis-jenisnya,  atau hidangan utama, secara umum Itulah beberapa jenis hidangan utama yang umumnya ditemukan di seluruh dunia, dengan banyaknya variasi, kreatifitas, dan jenis bahan utama yang didalamnya membuat hidangan utama atau main course menjadi lebih kaya.

Jadi, mau mencoba menu main course yang mana? Jangan ragu untuk mencoba dan nikmati main course yang berbeda-beda, dan rasakan sensasi kelezatan dari setiap hidangan yang disajikan.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *