Glass Cleaning Adalah: Apa Itu, Langkah-Langkah, dan Tips Dalam Melakukannya
housebeautiful.com

Glass Cleaning Adalah: Apa Itu, Langkah-Langkah, dan Tips Dalam Melakukannya

Glass cleaning adalah kegiatan membersihkan kaca pada sebuah gedung. Orang-orang mungking menyangka bahwa ini adalah pekerjaan yang mudah. Faktanya, walaupun seperti hanya membersihkan saja, ia tidak boleh dilakukan sembarangan loh.

Membersihkan kaca pada sebuah gedung seperti hotel bisanya memiliki SOP nya sendiri. itu diperuntukan agar kegiatan membersihkan kaca bisa berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal.

Di dalam gedung hotel, kaca memiliki peran yang sangat penting. ia bukan hanya sekedar berfungsi sebagai estetika saja, melainkan juga sebagai sirkulasi cahaya agar mampu masuk ke dalam gedung  hotel. Cahaya juga bisa menjadi energi yang membuat gedung menjadi lebih hemat energi.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu glass cleaning secara lebih detail. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Glass Cleaning Adalah: Apa Itu, Langkah-Langkah, dan Tips Dalam Melakukannya
mastercleaners.com

Apa Itu Glass Cleaning?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, glass cleaning adalah pekerjaan membersihkan sebuah kaca gedung agar terhindar dari debu, bekas tangan, paparan hujan, dan hal lainnya yang dapat mengotori permukaan kaca tersebut.

Apa saja sih memang yang dibersihkan dalam glass cleaning. Permukaan kaca yang dibersihkan meliputi bangunan rumah, gedung perkantoran, hotel, dan semua jenis gedung yang memiliki banyak permukaan kaca.

Di dalam hotel, terdapat sebuah SOP untuk membersihkan kaca. Bukan hanya di hotel, SOP ini bisa juga berlaku atau bisa dilakukan di gedung lain juga seperti rumah dan bangunan kantor lainnya. SOP ini memang sangat cocok diberlakukan pada bangunan komersial karena kebersihan gedung sangat berpengaruh pada citra bisnis mereka.

SOP juga dibutuhkan agar proses pembersihan gedung tersebut bisa berjalan dengan aman. Bayangkan jika petugas harus membersihkan permukaan kaca hotel bintang lima yang memiliki banyak lantai. SOP diperlukan agar petugas tersebut dapat menjalankan pekerjaannya dengan aman, bahkan ketika di gedung tinggi sekalipun.

Untuk membersihkan kaca, kamu membutuhkan beberapa alat utama dan pendukung. Alat-alat tersebut memang secara khusus didesain untuk membersihkan permukaan kaca, yah, sehingga akan sedikit berbeda dengan perlengkapan kebersihan pada umumnya.

Alat-alat yang dibutuhkan dalam glass cleaning diantaranya adalah window washer and squeegee, ember, lap kering, lap lantai, warning sign, kanebo, bahan kimia pembersih kaca, perpanjangan gagung, dan kape kaca.

Glass Cleaning Adalah: Apa Itu, Langkah-Langkah, dan Tips Dalam Melakukannya
bobvila.com

Langkah-Langkah Dalam Melakukan Glass Cleaning

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa membersihkan kaca tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah langkah dalam melakukan glass cleaning sebagai berikut:

  1. Siapkan semua alat yang akan digunakan untuk glass cleaning terlebih dahulu
  2. Melakukan pengecekan pada area yang akan dibersihkan
  3. Periksa terlebih dahulu apakah alat yang sudah disiapkan sesuai dengan lebar dan ketinggian kaca yang akan dibersihkan
  4. Apabila akan membersihkan di dalam gedung tinggi, siapkan perlengkapan k3 dan SOP lain yang berurusan dengan ketinggian
  5. Letakan warning sign di tempat yang tepat dan terlihat agar diketahui oleh orang bahwa sedang ada proses pembersihan kaca
  6. Siapkan chemical glass cleaner ke dalam ember khusus dan larutkan ke dalam air sesuai dengan yang diinginkan
  7. Letakkan floor cloth pada permukaan kaca yang akan dibersihkan
  8. Perhatikan noda-noda yang sulit dibersihkan pada permukaan kaca
  9. Jika terdapat noda, bersihkan menggunakan washer yang telah dicelupkan ke dalam chemical, peras dan bersihkan pada permukaan yang sulit dibersihkan
  10. Gosok permukaan kaca dari atas ke bawah
  11. Gunakan tiga teknik pembersihan pada kaca; membentuk angka satu untuk permukaan kaca yang tinggi dan sempit, membentuk angka tujuh untuk permukaan kaca yang bisa terjangkau, tetapi lebarnya tidak terjangkau, dan gunakan pola angka delapan untu kaca yang tinggi dan lebar yang terjangkau
  12. Periksa kembali permukaan kaca apakah sudah benar-benar bersih atau belum
  13. Keringkan sudut bingkai kaca dengan lap pembersih
  14. Setelah proses membersihkan kaca sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan tetesan air yang terjatuh di lantai.

Setelah selesai melakukan pengerjaan pembersihan, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan kaca telah dibersihkan dengan baik dan aman. Selanjutnya, lepaskan kain window washer dan bersihkan dengan mencucinya kemudian keringkan.

Bersihkan peralatan yang sudah dikeluarkan. Jangan lupa untuk mengambil warning sign dan kembalikan ke tempat semula pada gudang penyimpanan.

Dalam glass cleaning, hindari menggunakan bubuk, pasta, atau pembersih lain yang dapat mengakibatkan tergoresnya permukaan kaca.

Lebih baik tidak membersihkan kaca saat matahari sedang terik-teriknya. Hal tersebut dapat mengakibatkan keringnya bahan kimia pembersih kaca sehingga ia tidak dapat digunakan dengan baik untuk membersihkan.

Teknik glass cleaning ini adalah bagian dari teknik pembersihan manual. Teknis pembersihan manual artinya adalah cara pembersihan yang dilakukan langsung oleh tenaga manusia. Alat-alat yang digunakan adalah alat-alat manual yang digerakan dengan tenaga manusia secara langsung.

Alat-alat yang disebutkan di atas adalah alat-alat manual sehingga  proses glass cleaning di hotel termasuk dalam kategori teknik pembersihan secara manual.

Tahukah kamu bahwa teknik pembersihan manual bukan hanya diberlakukan untuk membersihkan kaca saja, melainkan juga dusting (mengelap debu dan perabotan barang).

Selain itu ia juga sweeping (menyapu lantai), mopping (mengepel lantai), window cleaning (membersihkan kaca jendela atau cermin), dan polishing (membersihkan barang atau perabot yang terbuat dari kayu atau logam).

Berikut ini ada beberapa tips dalam melakukan glass cleaning, diantaranya adalah:

  1. Jika Anda benar-benar ingin jendela atau cermin Anda bebas goresan, bersihkan dari atas ke bawah. Karena larutan pembersih dapat menetes, manfaatkan gravitasi dan biarkan pembersih menetes ke area yang belum Anda cuci. Mulailah dari atas dan turunkan ke bawah untuk memastikan tidak ada tetesan yang terjadi pada permukaan kaca yang sudah dibersihkan dengan sempurna.
  2. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, residu tampaknya menumpuk di sudut kaca, dan akan sangat sulit untuk mencapai residu tersebut kecuali Anda memiliki alat yang tepat. Penyeka kapas ideal untuk membersihkan area jendela yang sulit dijangkau di rumah Anda. Ini ukuran yang sempurna dan berhasil!​
  3. T-shirt lama ideal untuk membersihkan kaca karena tidak akan memiliki sisa serat, dan hanya cukup menyerap untuk membersihkan jendela. Selain itu, menggunakan kaus lama sebagai pengganti handuk kertas adalah cara yang bagus untuk menghemat uang untuk biaya rumah tangga—dan baik untuk lingkungan.​​
  4. Beberapa orang bersumpah dengan surat kabar untuk memoles permukaan kaca mereka. Itu berhasil dan dapat bekerja dengan baik, tetapi banyak orang tidak suka kertas koran di tangan mereka. Koran juga tidak tahan dengan baik saat basah. Tetapi jika Anda menemukan bahwa handuk dan kain tidak cocok untuk Anda, surat kabar patut dicoba. Dan jika Anda senang dengan tampilan kacanya tetapi tidak dengan tampilan tangan Anda, Anda cukup mengenakan sarung tangan!

 

 

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *