Mengenal Dessert : Pengertian dan Jenis-Jenisnya
chocolazo.co.id

Mengenal Dessert : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Istilah dessert merupakan nama lain untuk makanan penutup atau camilan setelah makan besar. Dessert dimakan setelah selesai menyantap rangkaian menu yang telah disediakan, dessert sendiri bisa berupa buah-buahan, camilan ringan, dan masih banyak varian lainnya yang diolah sebagai makanan penutup.

Selain sebagai makanan penutup, dessert juga dijadikan sebagai bahan hidangan utama pada saat bruch atau acara-acara khusus seperti acara pernikahan atau ulang tahun. Dalam perjalanan sejarah istilah dessert berasal dari Bahasa Prancis, yakni desservir yang berarti membersihkan meja.

Di Eropa sendiri gula dijadikan makanan penutup atau dessert oleh para bangsawan elit pada zamannya. Pada awalnya dessert terdiri dari buah-buahan segar atau kering, madu, dan sari buah yang di campur langsung dengan es salju.

Dessert sendiri diketahui secara pasti ketika adanya hidangan kue manis, yang disajikan di Mesir Kuno sekitar 4000 tahun yang lalu dengan bahan dasar terbuat dari tepung gandum, madu, dan buah-buahan. lalu menuju abad pertengahan, dessert di Eropa biasanya terdiri dari berbagai jenis kue kudapan, dan minuman manis.

Dessert semakin populer Ketika memasuki abad ke-16 dan ke-17, ketika gula mudah di akses dan tersedia dalam jumlah besar. Biasanya dijadikan sebagai kue tart, kue bulan, pai, dan puding. Dimulai abad ke-18 sampai sekarang, dessert sangat mudah ditemukan di seluruh dunia dan memiliki banyak variasi. Dessert sendiri dapat berupa kue, pudding, es krim dan buah-buahan.

Namun seiring berkembangnya zaman dessert memiliki inovasi yang semakin maju, para juru masak berlomba untuk memberikan dessert terbaik kepada pengunjungnya. Ada banyak jenis dessert yang populer di setiap negara seperti tiramisu dari Italia, crème brulee dari Prancis, baklawa dari Timur Tengah, dan cheesecake dari Amerika Serikat.

Bahkan Indonesia sendiri memiliki banyak pilihan dessert diantaranya klepon, es campur, pisang keju, dan lain-lain. Meski demikian, mengenal dessert tidak semudah itu karena ada banyak sekali jenis dessert yang harus dikenali agar kamu tidak salah memilih ketika sedang mencari pencuci mulut :

Jenis-Jenis Dessert

Mengenal Dessert : Pengertian dan Jenis-Jenisnya
banyuwangipedia.com

Hot Dessert

Sesuai dengan namanya, hot dessert merupakan makanan penutup yang diolah dengan cara direbus, dipanggang, maupun pengolahan lain dengan suhu panas. Biasanya olahan hot dessert diantaranya martabak manis atau apple pie.

Menurut catatan sejarah, apple pie merupakan dessert yang berasal dari Inggris kemudian tersebar ke seluruh dunia melalui salah satu penyair ternama bernama Robert Greene. Makanan hasil perpaduan apel dengan pastry didalamnya tidak lupa ditambahkan olahan saus buah apel manis dengan aroma khas, yang kemudian dipanggang hingga mendapatkan tekstur renyah di bagian luar.

Selain apple pie, olahan hot dessert lainnya yakni martabak manis. Semakin nikmat jika disajikan dalam kondisi panas, di Indonesia martabak manis sangat mudah dijumpai. Olahan martabak manis dinikmati secara beragam mulai dari isian martabak keju, martabak coklat kacang, dan martabak dengan rasa lain.

Cold Dessert

Dessert ini dihidangkan dalam keadaan dingin, atau tanpa melalui proses pemanasan terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Contoh dari cold dessert adalah jelly yang kenyal berbahan dasar campuran sari buah dan gula, salad buah, pudding dan lain sebagainya.

Frozen Dessert

Frozen dessert merupakan jenis makanan penutup dengan disajikan dalam keadaan beku, dessert dengan type frozen ini sangat menyegarkan mulut dan cukup bervariasi. Contoh frozen dessert yang sering ditemui adalah es krim, hingga minuman dingin (smoothie) yang berbahan dasar buah-buahan.

Selain beragam jenis mengenai dessert, dan yang pasti memberikan manfaat bagi kesehatan jika di konsumsi dengan tepat. Contoh nya dessert berbahan dasar buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan antioksidan. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi dessert yang mengandung gula secara berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan seperti menimbulkan penyakit obesitas dan diabetes.

Dessert Khas Daerah Indonesia

Setelah disinggung diawal mengenai dessert, berikut informasi lebih jelas mengenai dessert khas daerah di Indonesia yang sangat popular. Meskipun, dalam keseharian dessert di Indonesia lebih dikenal dengan makanan manis dan minuman yang menyegarkan dan yang lebih penting bisa dikonsumsi kapan saja.

Klepon

Makanan dessert khas Nusantara berasal dari Jawa, makanan ini memiliki cita rasa manis dengan berbahan dasar tepung beras, pandan, dan isian gula merah. Dengan warna hijau dari pandan lalu bentuk yang bulat kecil, diselimuti dengan parutan kelapa. Melalui cita rasa yang demikian membuat gurih di mulut, bahkan ketika memakan kleponnya seorang penikmat akan dibuat terkejut dengan isi klepon yakni gula. Serasa ada letusan manis dari gula jawa yang langsung lumer di mulut.

Bika Ambon

Meskipun menyandang nama Ambon, ternyata kue ini bukan berasal dari Ambon. Melainkan makanan khas ini berasal dari ibu kota Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki warna kuning, dengan permukaan tampak ada seperti pori-pori kulit manusia. Bahkan, bagian bawah kue ini keras. Karena hal demikian berasal dari sisa kontak langsung dengan terpaan panas, ketika berada di dasar Loyang. Biasanya makanan ini disajikan dengan potongan persegi, dan ketika dimakan memiliki cita rasa legit dan sensasi tekstur yang kenyal.

Kue Cucur

Makanan khas Betawi, dengan bahan dasar perpaduan dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah. Karena campuran gula merah, maka kue ini identik dengan warna coklat dengan bentuk bulat pipih. Biasanya kue cucur ini memiliki tekstur padat dan empuk dibagian dalam, akan tetapi pada pinggirannya renyah. Dan kue ini sangat cocok disajikan dengan secangkir teh hangat.

Selendang Mayang

Dessert ini merupakan kuliner khas Betawi, dengan bahan dasar dari tepung kanji, gula dan pewarna makanan. Biasanya kue ini dipotong tipis dengan ukuran melebar dan memiliki tekstur kenyal saat dimakan, dengan tidak melupakan gula merah, es batu, lalu disiram dengan kuah berbahan santan. Dengan perpaduan bahan tersebut menghasilkan rasa manis, gurih, dan menyegarkan. Bahkan selendang mayang ini mampu membuat kamu kenyang.

Es Goyobod

Minuman ini biasanya dijadikan dessert, bahkan sangat mudah ditemukan di mana saja. Minuman menyegarkan ini berasal dari Jawa Barat, dengan berbahan dasar terbuat dari adonan tepung yang dipotong seukuran dadu kecil. Biasanya minuman ini dipadukan dengan potongan roti tawar, pacar cina, tapai singkong, bahkan daging buah kelapa yang diakhiri dengan siraman air kuah santan serta susu kental manis. Dengan perpaduan bahan dasar tersebut menghasilkan cita rasa gurih, manis, dan menyegarkan ketika disantap.

Selain beragam jenis mengenai dessert, dan yang pasti memberikan manfaat bagi kesehatan jika di konsumsi dengan tepat. Contoh nya dessert berbahan dasar buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan antioksidan. Akan tetapi jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi dessert yang mengandung gula secara berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan seperti menimbulkan penyakit obesitas dan diabetes.

Dibalik rasanya yang enak, dessert juga mampu memberikan efek positif kepada penikmatnya. Seperti meningkatkan mood menjadi lebih bagus, bahkan sampai meningkatkan rasa Bahagia dan membuat merasa lebih senang. Maka dari itu, tebarkan kebahagiaan dengan mencicipi dessert yang kamu inginkan.

Bagaimana kalau kamu mencoba mencicipi dessert versi kamu sekarang?, lakukanlah dan kamu akan menyukainya dan pasti membuat hari ini terasa spesial.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *