Pengertian Buffet Beserta Jenis, Manfaat dan Kekurangannya
kumparan.com

Pengertian Buffet Beserta Jenis, Manfaat dan Kekurangannya

Apa itu Buffet? Bagi Sebagian orang kata Buffet tentu terdengar asing ditelinga seseorang. Namun pada dasarnya jika diperhatikan kata Buffet selalu melekat dengan kehidupan manusia.

Buffet diartikan sebagai salah satu istilah dalam hal penyajian makanan dalam jumlah yang sangat banyak dan tersusun dengan rapi disertai ada banyak pilihan makanan yang disajikan.

Biasanya Buffet ini disediakan di restoran, resepsi nikahan yang terdiri dari appetizer, main course, hingga dessert. Asal mula buffet berasal dari Bahasa Prancis yang berarti ‘tempat dimana makanan disiapkan dan disajikan’.

Awalnya buffet hanya digunakan untuk mempersiapkan makan malam yang formal seperti pesta pernikahan atau acara formal lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, buffet memberikan suasana baru karena memberikan fleksibilitas bagi para tamu untuk memilih makanan sesuai selera mereka.

Lantas, apa bedanya Buffet dengan Parasmanan?, secara konsep sama. Yakni menyediakan makanan dalam jumlah banyak, namun berbeda dengan Parasmanan. Buffet menyediakan layanan berupa waiter/waiters, alat makan, dan alat serving.

Di Indonesia sendiri, parasmanan merupakan cara penyajian yang praktis dan mampu mengurangi jumlah pelayan yang diperlukan untuk menjaga makanan.

Namun, berbeda dengan kosep Buffet yang berada dalam sebuah restoran atau acara jamuan makan.Terkadang konsep Buffet dalam restoran menghadirkan seorang pramusaji yang ditugaskan untuk melayani tamu.

Secara umum Buffet bisa dilihat dari beberapa aspek, yakni :

Berdasarkan Asal Negara dan Ciri Khas Makanannya :

Jangan Keliru, Berikut Pengertian, Manfaat dan Kekurangan dari Buffet
www.celebrities.id
  • Chinesse Buffet

Terlihat dari namanya yakni Chinesse Buffet merupakan jenis makanan parasmanan yang disediakan dengan ciri khas China atau Tionghoa.

Chinesse Buffet menampilkan makanan dengan rasa segar yang menonjol disertai macam-macam seafood dan sayurannya.

  • American Buffet

American Buffet salah satu jenis Buffet berdasakan makanan khas dari suatu negara, atau dikenal dengan istilah western food.

Adapun makanan khas Amerika tidak terlepas dari olahan kentang, ayam, kalkun, hamburger serta menu pendukung lainnya yang sesuai dengan lidah orang Amerika.

  • Pizza Buffet

Sesuai dengan namanya yakni Pizza, tentu menu utama yang disajikan adalah Buffet berbagai olahan Pizza. Biasanya jenis Buffet ini ditemukan wilayah Amerika dan Eropa, para pengunjung pun mampu memilih berbagi jenis Pizza yang disukai.

Disamping menu makanan utama yakni Pizza, disediakan pula makanan pelengkap lainnya dengan rempah khas Italia.

Berdasarkan Cara Penyajiannya :

  • Simple Buffet

Simple Buffet adalah jenis yang paling sering ditemukan pada acara pernikahan. Cara penyajian dengan Simple Buffet adalah makanan ditata di atas meja Panjang, dan para tamu mengantre untuk mengambil makanan satu per satu.

Biasanya Simple Buffet menyediakan seorang Pramusaji untuk  merapikan makanan.

  • Station Type Buffet

Station Type Buffet adalah jenis Buffet dengan cara penyajian nya yakni merujuk pada chef atau juru masak yang memasak langsung.

Sering kali ditemukan juru masak berdiri melayani tamu untuk memasak telur sesuai permintaan tamu, baik itu dikocok, digoreng, maupun didadar.

Karena ciri khas Station Type Buffet adalah Para juru masak menyediakan langsung permintaan tamu, sehingga makanan dimasak saat itu juga dan masih hangat atau fresh from the oven.

  • Modified Deluxe Buffet

Modified Deluxe Buffet adalah jenis Buffet dengan cara penyajiannya, disediakan alat makan yang sudah tertata rapi seperti fine dining.

Namun, yang membedakan adalah makanan dan minuman akan diantar oleh pramusaji ke meja. Jika ingin refill makanan bisa mengambil sendiri atau memesannya kepada pramusaji.

  • Deluxe Buffet

Deluxe Buffet adalah Buffet dengan menyajikan makanan di meja besar Panjang. Namun sebelum itu, pramusaji akan mengantarkan makanan pembuka atau appetizer biasanya salad dan sup.

Setelah menyantap hidangan makanan pembuka para tamu dipersilahkan untuk mengambil suatu hidangan utama.

Berdasarkan Waktu Penyajiannya :

  • Breakfast Buffet

Breakfast Buffet adalah jenis Buffet yang disajikan khusus pada jam makan pagi atau sarapan. Biasanya makanan dan minuman yang dihidangkan menyesuaikan dengan menu untuk sarapan pagi seperti makanan bertekstur tidak terlalu berat.

Di Indonesia sendiri sering ditemukan menu sarapan terdiri dari berbagai menu nasi, aneka bubur, sereal, bahkan roti ditambah dengan minuman hangat pagi hari.

  • Lunch Buffet

Buffet yang disajikan pada jam makan siang atau Lunch, biasanya lebih beragam dan lengkap dibanding dengan Breakfast Buffet.

Mulai dari makanan berbahan dasar karbohidrat, sayuran, berbagai jenis lauk sesuai dengan konsep yang diterapkan. Dengan tidak melupakan makanan pembuka dan penutup.

  • Dinner Buffet

Dinner Buffet biasanya disajikan khusus untuk makan malam, dan biasanya makanan dan minuman yang disediakan tidak sebanyak lunch buffet.

Hidangan yang disajikan untuk dinner buffet lebih banyak mengandung buah-buahan, sayuran, protein dan serat agar tdak terlalu berat dicerna.

Meskipun buffet memberikan segudang manfaat salah satunya yakni efesiensi waktu. Namun. dalam pelaksanaan nya ada beberapa kekurangan yang menjadi catatan Ketika menggunakan hidangan konsep buffet. Diantaranya :

Manfaat Buffet :

  • Pilihan Makanan yang Beragam : Buffet menawarkan makanan dengan pilihan makanan yang beragam dan luas, baik hidangan lokal maupun Internasional. Sehingga para tamu memiliki banyak pilihan untuk memenuhi selera makan mereka.
  • Hemat Waktu : seperti disinggung diawal bahwa buffet memberikan efesiensi dalam menghemat waktu. karena pada dasarnya para tamu tidak berlama-lama menunggu Ketika memesan makanan.
  • Mampu Mengatur Makanan pada Acara Sosial : Buffet seringkali dihubungi pada acara sosial yang menyenangkan. Seperti reuni keluarga, perayaan ulang tahun, acara kantor, karena para tamu bisa menikmati hidangan secara Bersama.
  • Hemat Budget : terkadang penyedia Buffet menawarkan berbagai pilhan makanan dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Buffet :

  • Kebersihan Buffet : Buffet bisa berisiko dari segi kebersihan dan higenietas makanan. Mengingat makanan yang disediakan terpapar terus-menerus dan terbuka dengan suhu ruangan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu restoran buffet harus mengamati kualitas makanan yang disajikan dan menjaga kebersihan.
  • Makanan Terbuang : karena pilihan makanan yang disediakan. Hal demikian menjadi risiko bahwa beberapa makanan yang dibawa para tamu  tidak habis dan akhirnya terbuang.
  • Pemborosan : beberapa tamu mungkin akan tergiur dengan pilihan makanan yang beragam, hal demikian menyebabkan pemborosan makanan.

Dari beberapa informasi diatas, buffet menawarkan manfaat seperti pilihan makanan yang beragam, hemat waktu, mampu mengantur acara sosial, serta hemat budget.

Namun, kebersihan, pemborosan makanan dapat menjadi kekurangan dari buffet. Terlebih buffet memberikan inovasi terbaru dengan konsep All You Can Eat atau AYCE dengan diberikan waktu yang terbatas untuk menikmati suguhan pilihan makanan yang beragam.

Meski demikian, salah satu hal yang paling menyenangkan dari konsep buffet adalah para tamu bisa mecoba setiap makanan yang ada.

Tapi, dengan catatan porsi makanan yang diambil sesuai dengan kemampuan perut. Agar makanan yang sudah diambil tidak terbuang secara sia-sia.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *