Conversion dalam Digital Marketing
grid.id

Conversion dalam Digital Marketing | Pengertian dan Cara Melakukannya

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah berhasil membawa perubahan yang signifikan. Salah satunya dirasakan oleh dunia bisnis online.

Banyak sekali e-commerce tersebar dimana-mana sebagai ruang untuk penjual dan pembeli dapat bertemu dengan mudah.

Dalam dunia digital marketing, banyak sekali istilah yang asing dan tidak mudah untuk dipahami artinya.

Istilah-istilah tersebut misalnya seperti e-commerce, e-marketing, remarketing, hingga istilah-istilah lain yang masih banyak lagi macamnya.

Salah satu istilah yang populer dalam dunia digital marketing adalah conversion. Angka konversi yang tinggi dinilai akan semakin menguntungkan pemilik bisnis.

Kamu mungkin bertanya-tanya apa sih itu konversi? Untuk memahami istilah dalam dunia digital marketing membutuhkan konsep dan pemahaman mendasar.

Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Konversi?

Dalam bahasa inggris, converstion adalah pergantian atau perubahan. Dalam dunia digital marketing, convertion diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh pengunjung web pada halaman web yang dinilai bisa berpotensi mendapatkan keuntungan bagi pemilik web tersebut.

Misalnya pelanggan melakukan aktivitas seperti mengisi formulir, mengikuti sosial media, mendaftarkan email, hingga membeli produk.

Semua aktivitas inilah yang disebut dengan conversion. Sederhananya, ia adalah segala cara yang bisa menggambarkan minat pelanggan dengan siklus penjualan yang diciptakan.

Strategi conversion akan membuat pelanggan bisa semakin mudah dalam membeli produk. Informasi yang disediakan melalui website dan platfoarm lainnya akan meningkatkan penjualan produk dari pemilik poduk itu sendiri.

Nah, dalam memaksimalkan proses kampanye yang dilakukan secara online, pemiliki bisnis membutuhkan satu alat ukur untuk melihat seberapa besar sih kampanye tersebut berhasil dilakukan. Alat ukur yang digunakan untuk melihat itu semua disebut convertion rate.

Dengan menggunakan convertion rate ini, kamu bisa mempresentasekan besaran pengunjung platfoarm bisnis yang berhasil melakukan tindakan menguntungkan dari semua total jumlah pengujung yang ada.

Convertion rate juga berhubungan erat dengan seberapa besar respon yang dilakukan oleh audiens terhadap promosi yang dilakukan di kanal-kanal pemasaran yang ada.

Misalnya, kamu sebagai pemilik bisnis melakukan strategi promosi menggunakan email marketing. Dari situlah kamu bisa memantau jumlah besaran rasio klik terhadap impresi promosi yang sudah dilakukan.

Convertion ini berbeda dengan CTR, ya. kalau CTR berhubungan dengan membandingkan antara jumlah klik dengan jumlah impresi.

Converstion rate ini adalah menbandingkan antara jumlah total pegunjung halaman produk dengan jumlah pembelian yang terjadi.

Kedua hal tersebut di atas sama-sama penting. Ia bergantung pada strategi promosi yang dijalakan oleh pemilik bisnis. Semakin menarik promosi yang dibuat, akan semakin besar pula CTR dan conversion ratenya.

Dari awal bisnis dijalankan, ia harus memiliki target dan tujuan yang jelas. Dengan memiliki target dan tujuan yang jelas, pemiliki binis akan bisa dengan mudah menghitung angka konversinya.

Ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan konversi ini. diantaranya adalah:

• Mengirim informasi kepada pengunjung
• Mendaftarkan newslatter
• Menghubungi kontak bisnis dengen telepon
• Membuat akun
• Mendownload brosur
• Mengunjungi lama bisnis dalam waktu yang lama
• Melakukan pembelian

Pemilihan target bisnis tentu disesuaikan dengan tujuan bisnis pemiliknya. Pemilik bisnis bisa memasang target sampai terciptanya penjualan, atau yang biasa disebut dengan makro konversi.

Atau pemilik bisnis hanya memiliki target kecil seperti misalnya audiens menambahkan produknya ke keranjang belanja. Pilihan kedua ini disebut mikro konversi.

Ada banyak strategi marketing yang bisa dijalankan. Konversi ini hanyalah salah satunya. Semakin banyak cara, akan semakin maksimal pula efektivitasnya. Selamat mencoba!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *