Call To Action (CTA) Dalam Marketing
ranking.works

Call To Action (CTA) Dalam Marketing | Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dunia digital marketing kini menjadi hal yang tidak kalah penting dari perkembangan dunia bisnis. Teknologi informasi yang berkembang sangat cepat mampu mempengaruhi perkembangan dunia digital marketing pula.

Nah, apakah kamu tahu istilah call to action yang sering digunakan dalam dunia digital marketing? Apa sih teknik yang sering orang-orang sebut CTA itu?

Pasalnya, CTA ini bisa berdampak pada ketertarikan audiens terhadap produk yang ditawarkan.

CTA ini adalah sebuah kumpulan kata-kata yang secara detail menyertakan informasi tentang cara mendownload, mendaftar, membeli, berlanggananan, dan lain sebagainya.

CTA yang baik bisa meningkatkan potensi mendapatkan pelanggan cukup besar. Langsung saja, berikut adalah informasi tentang apa itu CTA dalam dunia merketing. Simak selengkapnya!

Apa Itu Call To Action?

call to action sederhananya adalah istilah yang digunakan dalam dunia pemasaran untuk menggambarkan tentang langkah apa yang bisa diambil oleh pelanggannya jika ia tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Biasanya, CTA bisa diwujudkan dalam bentuk gambar, tulisan, atau keduanya yang bisa mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan.

Maksudnya melakukan tindakan adalah misalnya untuk membaca artikel, membeli produk dan jasa yang ditawarkan, berlangganan, dan lain sebagainya.

CTA biasanya memiliki link khusus atau kontak penting yang bisa menjadi petunjuk untuk mengarahkan pelanggan ke tujuannya. Intinya, CTA ini akan mengarahkan pelanggan ketika mereka membutugkan informasi selanjutnya.

Seberapa Pentingkah CTA Ini Dalah Dunia Merketing?

Salah satu hal yang membuat CTA ini menjadi penting antara lain adalah:

• CTA berpotensi untuk meningkatkan rasio klik tayang
• CTA bisa membuat situs web bisnis kamu semakin bagus pada laman SERP
• Iklan digital kamu akan semakin baik dan meningkat
• Informasi tentang CTA memang sangat dibutuhkan oleh audiens untuk mendapatkan contan person setelah memperoh konten marketing

Jenis-Jenis CTA

CTA banyak disebut orang sebagai bentuk lain dari kampanye. Biasanya bentuk-bentuk teks CTA adalah seperti “hubungi kamu sekarang juga!”, “baca selengkapnya”, “pelajari leih lanjut”, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis CTA yang perlu kamu tahu antara lain adalah:

1. Lead generation

Lead adalah orang atau sekelompok orang yang tertarik dengan produk atau jasa layanan yang ditawarkan. CTA yang ditujukan untuk lead ini harus kamu tempatkan di sisi yang paling jelas.

Kamu bisa melakukannya dengan pop-up banner atau kata-kata seperti “klik disini”. Dengan begitu, pelanggan akan tahu kemana langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

2. Formulir

CTA ini untuk membuktikan apakah kamu berhasil mendapatkan audiens atau tidak. Bentuk CTAnya misalnya seperti “sign up” atau “submit”.

3. Penawaran produk dan jasa

Salah satu contoh CTA ini misalnya seperti “Beli sekarang juga”, atau “daftarkan dirimu sekarang juga”.

4. Berbagi sosial

CTA berbagi sosial ini maksudnya adalah dengan membagikan konten melalui sosial media. Misalnya kata-katanya adalah “apakah kamu cukup puas dengan artikel ini?”

5. Memimpin pengasuhan

CTA ini biasanya ditujukan secara spesifik kepada lead, orang yang sudah tertarik tetapi memang belum melakukan stransaksi. Salah satu contonya adalah “sign up for free trial!”.

6. Menyelesaikan penjualan

CTA yang satu ini memang agar fokus ke penjualan. Pelanggan ketika mendapatkan CTA ini bisa lansung membeli produk atau jasanya.

7. Promosi melalui acara

Jenis CTA ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pelanggan agar ia datang ke acara yang diadakan oleh perusahaanmu. Acaranya bisa berbentuk seminar atau webinar online.

Demikian informasi tentang apa itu call to action dalam marketing, jenis, serta kenapa hal tersebut menjadi sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran. Semoga membantu!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *