Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik oleh panjual maupun oleh pembeli.

Kegiatan memasarkan produk atau jasa layanan kini bisa dilakukan melalui ponsel. Pengguna telepon seluler juga dinilai sebagai pengguna yang paling sering termotivasi untuk membeli produk.

Kebanyakan perusahaan telah mengintergrasikan pemasaran seluler ini ke dalam hampir semua strategi pemasaran yang telah disusunnya.

Pemasaran seluler bisa menjangkau audiens lebih banyak. Sehingga semakin banyak audiens yang terjangkau, maka semakin besar pula hasil yang akan di peroleh oleh bsinis tersebut.

Mengembangkan bisnis online memang bukanlah perkara yang mudah. Salah satu strategi yang tidak mudah dijalankan adalah bagaimana mengetahui cara yang paling efektif falam membangun interaksi dan komunikasi dengan pelanggan lewat berbagai macam platfoarm.

Oleh karena itu, kamu perlu memahamai bagaimana mobil marketing itu di optimalkan dalam bisnis. Yuk, simak penjelasan berikut tentang mobil marketing.

Apa Itu Mobile Marketing?

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya
businessofapps.com

Mobile maketing atau yang biasa disebut juga dengan pemasaran online adalah salah satu strategi pemasaran yang menggunakan layanan teknologi digital smartophone dalam menjangkau pelanggan.

Mobile marketing ini digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa layanan bisnis tertentu melalui berbagai macam platfoarm seperti web, sosial media, email, sms, dan bentuk konten marketing lainnya.

Pemasaran menggunakan mobile ini dinilai cukup ampuh dalam mendorong sebuah brand bisa semakin terkenal dan permintaan dari pelanggan naik. Brand atau produk dan jasa layanan tersebut bisa secara real time berhubungan dengan pelanggan sesuai yang pelanggan harapkan.

Seiring berjalannya waktu, smartphone memang bukan hanya alat yang digunakan untuk berkomunikasi saja, melainkan juga untuk melakukan transaksi jual beli secara massif. Ada banyak loh orang yang memiliki lebih dari satu smartphone. Hal tersebut dilakukan karena ingin membagi dan mengkhususkan smartphone tertentu untuk fungsi tertentu.

Meningkatnya jumlah orang yang menggunakan smarpthone membuat peluang memasarkan apa saja melalui smartphone menjadi sangat besar. Pemilik bisnis bisa terus mengupayakan strategi bisnisnya agar brand tetap eksis di masyarakat.

Jenis-Jenis Mobile Marketing

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya
onlinemarketinginstitute.org

Setidaknya ada sekitar 6 jenis mobil marketing yang perlu kamu ketahui. Jenis strategi marketing itu diantaranya adalah:

1. SMS/MMS

Ini adalah jenis mobile marketing lama yang masih eksis hingga sekarang.

2. App-based Marketing

Jenis mobile marketing ini biasanya banyak dijumpai di ponsel cerdas. Aplikasi tersebut akan menarik sebanyak mungkin pelanggan.

3. Pemasaran In-games

Games saat ini bisa digunakan untuk promosi. Ada berbagai macam iklan yang bisa muncul di games. Pemasaran in-games ini bisanya muncul dalam bentuk banner pop-ups, iklan dengan gambar, atau berbentuk vidio.

4. Pemasaran QR Code

Quick responses code adalah kode batang yang bisa terbaca oleh kamera smartphone. Cara menggunakannya adalah dengan mengarahkan ke website yang didalmnya pengguna akan diarahkan untuk mengambil gambar kode QR-nya.

5. Location Based-Advertising

LBA atau yang biasa disingkat dengan pemasaran berbasis lokal ini adalah strategi pemasaran digital yang penyebarannya dilakukan dengan menggunakan target lokasi. Sistem ini memanfaatkan fitur GPS dalam praktinya.

6. Search Ads

Kamu pasti sering melihat banyak CTA atau maps saat mengetik kata kunci di mesin pencari kan? Nah, hal inilah yang disebut dengan seacrh ads.

Demikian informasi mengenai mobile marketing dan jenis-jenisnya. Apakah perusahaan kamu sudah melakukan strategi mobil marketing? Semangat!