Arti Ongkir Dalam Jual Beli: Pengertian dan Syarat Yang Berlaku
cekresi.com

Arti Ongkir Dalam Jual Beli: Pengertian dan Syarat Yang Berlaku

Istilah ongkir sering kali digunakan dalam kegiatan jual beli yang dilakukan secara online. adakah yang belum tahu apa itu arti dari ongkir?

Dalam dunia online shop, istilah ongkir menjadi sebutan yang sangat penting untuk dipahami. Istilah tersebut sangat sering digunakan, sehingga bagi kamu yang belum terbiasa berbelanja online, atau baru akan mulai belajar berbisnis online harus mengetahui istilah tersebut.

Dalam setiap transaksi yang dilakukan di bisnis online, penjual biasanya membebankan biaya ongkir pada setiap produk sesuai dengan bertat atau banyak produk yang dibeli. Jadi, pembeli harus membayar produk yang dibelinya sekaligus biaya untuk ongkirnya.

Sebelum lebih jauh berbicara menganai ongkir, apa itu sebenarnya istilah ongkir?

Arti Ongkir Dalam Jual Beli

Ongkir adalah singkatan dari ongkos kirim. Sederhananya, ongkos kirim adalah biaya yang dibebankan oleh penjual kepada pembeli karena pengiriman barang dari marketplace tempat berbelanja ke tempat tujuan.

Nilai dari ongkos kirim biasanya sangat variatif. Hal tersebut bergantung pada berat, dimensi, dan wilayah yang dituju.

Tidak jarang loh, karena jaraknya yang terlampau jauh, biaya ongkos kirim bisa menjadi lebih mahal dibanding barangnya itu sendiri.

Kamu sebagai pembeli pasti akan berfikir ulang kan kalau harga ongkirnya malah melebihi biaya produknya?

Promo Free Ongkir

Karena biaya ongkos kirim yang terlampau tinggi itu, beberapa online shop biasanya memberlakukan kebijakan bebas ongkos kirim atau biasa disebut promo free ongkir. Hampir semua pelaku bisnins online pernah menerapkan kebijakan tersebut untuk menarik konsumen.

Promo free ongkir ini dinilai efektif untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Dengan membebaskan biaya ongkirnya secara otomatis pembeli hanya dibebankan pada pembayaran produknya saja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual agar bisa menawarkan kebijakan ini adalah dengan bergabung kedalam market place yang menyediakan kebijakan bebas ongkos kirim tersebut.

Sayangnya, biasanya kebijakan free ongkir ini tidak begitu saja diberikan oleh marketplace tersebut. Terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku kepada pembeli. Beberapa syarat dan ketentuan promo free ongkir adalah sebagai berikut:

Tidak permanen

Online shop juga tidak akan begitu saja memberikan promo secara cuma-cuma. Biasanya, gratis ongkos kirim dilakukan oleh perusahaan yang baru saja di launching. Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat pembeli dalam jumlah yang banyak.

Strategi bebas ongkir diawal ini emang mempan digunakan sebagai magnet untuk menarik pembeli sebanyak mungkin. biasanya gratis ongkir tersebut diberikan dalam jangka waktu yang terbatas.

Berikan ketentuan yang tegas

Penjual biasanya memberlakukan syarat bebas ongkir dengan menentukan nilai belanja dan nilai tertentu. Misalnya, gratis ongkor kirim biasanya akan diberikan jika pembeli melakukan pembelian sebesar nilai 100 ribu rupiah.

Pemberlakuan ongkos kirim biasanya bergantung juga pada alamat pembeli. Karena alamat pembeli yang berbeda-beda tersebut, jumlah ongkos kirim yang dibebankan juga berbeda-beda.

Berlaku di momen tertentu

Bebas ongkir biasanya sering diberikan pada wkatu-waktu tertentu, misalnya hari kemerdakaan atau peringatan hari-hari besar lainnya. Cara ini juga dinilai efektif untuk menarik pelanggan.

Mengelola bisnis online dengan menawarkan ongkos kirim gratis memang tidak mudah. Penjual perlu memahami beberapa aspek bisnis penting, apa lagi manajemen keuangannya.

Nah, itu dia informasi mengenai apa arti ongkir dalam jual beli dan kebijakan bebas ongkir yang bisa dimanfaatkan oleh pembeli. Semoga membantu!

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *