Arti Nett Dalam Jual Beli
kepoindonesia.id

Arti Nett Dalam Jual Beli

Dalam dunia bisnis online, ada beberapa istilah asing yang sering digunakan. Oleh sebab itu, siapapun yang akan melakukan aktivitas jual beli setidaknya familiar dengan istilah-istilah tersebut.

Istilah-istilah baru penting dikatahui baik oleh penjual maupun pembeli supaya mudah untuk berkomunikasi dan tidak menimbulkan salah persepsi ketika melakukan transaksi.

Salah satu istilah asing yang sering dipakai di dunia jual beli atau bisnis online adalah nett. Sudahkah kamu tau apa itu nett?

Banyak orang mengira kalau nett ini salah dengan nego yang bearti menawar. Padahal arti nett jelas-jelas berbeda dengan nego. Lalu apa sebebarnya arti nett dalam jual beli? Simak penjelasanya berikut ini.

Arti Nett dalam Jual Beli

Nett sering diartikan sebagai nego karena banyak orang menyebut nett sebagai singkatan dari nego tipis. Padahal nett dan nego tipis tentu dua hal yang sangat berbeda.

Nett adalah istilah yang sering digunakan oleh penjual untuk menandai sebuah produk bahwa produk tersebut tidak boleh atau tidak bisa ditawar. Label ini memang dibuat oleh penjual untuk diberi tahu kepada pembeli.

Biasanya penjual menuliskannya dengan kata “harga net” yang artinya barang tersebut tidak lagi menerima proses tawar menawar. Harga nett juga bisa disebut sebagai harga netto yang bisa diartikan sebagai harga pas. Harga nett atau netto ini biasanya berlaku seperti di toko, swalayan, minimarket, dan tempat-tempat sejenisnya.

Penjual noline biasanya menambahkan keterangan net pada deskripsi produk. Ketika sudah ada tanda net dideskipsi, maka produk tersebut tidak bisa lagi untukd ditawar oleh pembeli.

Perbedaannya Dengan Istilah Reservasi Hotel dan Gaji

Istilah nett juga ternyata bukan hanya berlaku di dunia bisnis online, tetapi juga berlaku untuk istilah reservasi hotel dan gaji.

Nett dalam istilah reservasi hotel

Berbeda konteks, maka berbeda juga artinya. Nett dalam konteks reservasi hotel punya makna yang berbeda dengan istilah nett dalam jual beli. Istilah nett dalam dunia reservasi hotel artinya adalah merujuk pada kamar tertentu yang sudah termasuk dengan biaya pajak dan biaya lainnya.

Misalnya, kamu memesan hotel dan melihat istilah nett ini ketika melakukan pemesanan. Itu artinya kamu akan membayar harga total secara keseluruhan untuk menginap di hotal tersebut.

Sedangkan nett plus plus (nett++) diartikan sebagai biaya tambahan berupa pajak yang di bebankan kepada pemesan hotel. Harga pajak yang harus dibayar di hotel bisanya sekitar 10% jumlahnya.

Nett dalam sitilah gaji

Nett dalam istilah gaji bisa diartikan sebagai pemotongan gaji karyawan untuk keperluan tertetu. Dalam dunia kerja, hal ini biasanya disebut sebagai gaji nett, ata gaji yang sudah dipotong untuk berbagai keperluan.

Pemotongan oleh perusahaan ini dilakukan sebagai bentuk penanggungan pajak karyawannya. Gaji nett ini sama dengan uang bersih yang diterima karyawan. Uang gaji ini biasanya akan dipotong untuk keperluan seperti BPJS Ketenagakerjaan, kesehatan, dan biaya tunjangan.

Selain nett, ada banyak kata dalam dunia jual beli yang terbilang asing, misalnya seperti preloved, price list, pre order, restock, flash sale, dan lain sebagainya. Istilah asing masih akan terus berkembang setiap waktu.

Jangan lewatkan berbagai artikel lainnya yang akan memberikanmu informai sepuar jual beli, bisnis online, dan istilah-istilah baru yang akan terus menambah wawasanmu.

Jika kamu menyukai artikel ini, kamu bisa menyebarkannya kepada orang-orang sekitarmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin mempermudah aktivitas dan transaksi jual belimu.

Check Also

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Mobile Marketing Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar pengguna internet adalah pemilik smartphone. Layanan web juga banyak dijalankan melalui ponsel, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *