9 Penyebab Kenapa TV Tiba Tiba Mati

Kenapa TV Tiba Tiba Mati, Bagi keluarga yang tinggal di rumah, TV adalah salah satu bentuk hiburan paling populer.

Sementara siapa pun dapat menonton siaran di media sosial serta YouTube TV, itu masih digunakan sampai sekarang.

Waktu terbaik untuk menonton televisi bersama orang-orang terkasih adalah pada sore atau malam hari. Apa yang terjadi jika TV di rumah tiba-tiba mati sendiri?

Jika Anda tidak terbiasa dengan mesin atau komponen televisi, Anda akan panik dan percaya bahwa TV rusak. Ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan tv tiba tiba mati.

Penyebab Kenapa TV Tiba Tiba Mati

Untuk informasi lebih lanjut, Lapak Satria telah merangkum 9 alasan kenapa tv tiba tiba mati yang tidak dikenali pemirsa.

Dikutip dari berbagai sumber, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Komponen dalam Televisi Tidak Terpasang dengan Sempurna

Alasan utama TV tiba-tiba mati adalah ada bagian yang tidak tersambung dengan benar.

Khususnya, ada masalah dengan kaleng yang tidak terpasang lagi. Anda akan melihatnya ketika ada retakan pada logam.

Jika tidak terhubung dengan benar, komponen tidak berfungsi dengan baik dan, khususnya, komponen menjadi longgar dan TV mati sendiri. Apa yang bisa anda lakukan?

Ini sangat sulit, terutama dalam kasus seorang ahli elektronik. Untuk mengatasinya, Anda harus membongkar TV dan kemudian memeriksa setiap komponen yang ada di perangkat, apakah longgar dan/atau tidak. Juga, Anda perlu menentukan apakah ada retakan atau tidak.

Untuk kenyamanan lebih Anda dapat membawa TV Anda ke pusat servis elektronik terdekat atau telepon ahlinya untuk memperbaiki masalah di rumah Anda.

2. Transistor Horizontal yang Bermasalah

Transistor horizontal yang tidak berfungsi dapat menyebabkan televisi tiba-tiba mati. Jika transistor horizontal tidak berfungsi dengan baik, tampilan layar TV juga dapat terpengaruh. Apa cara terbaik untuk menghadapinya?

Yakinlah bahwa kali ini solusinya tidak sesulit itu. Cukup periksa kondisi fisik barang tersebut, apakah tampak terbakar atau sangat panas.

Jika Anda dapat melihat bekas luka bakar, ada kemungkinan besar bahwa itu rusak, namun, jika Anda mendapatkannya di permukaan, itu sangat panas, yang menunjukkan bahwa transistor horizontal memerlukan penggantian dan bocor.

3. Komponen Elco yang Bermasalah

Untuk mengetahui penyebab kenapa TV tiba-tiba mati dapat dilakukan dengan memeriksa komponen TV lainnya.

Penting untuk mencari komponen seperti Elco. Masalah pada Elco dapat dilihat dari bentuk fisiknya yang berubah, misalnya retak, menggembung dan bekas seperti terbakar.

4. TV Protek

Pada TV terdapat sistem yang berfungsi untuk mengamankan blok kerja, khususnya pada bagian tegangan tinggi.

Jika tidak ada mekanisme perlindungan, TV berisiko mengalami kerusakan yang lebih serius.

Gejalanya meliputi:

Jika TV awalnya dinyalakan, kemungkinan besar akan dimulai, tetapi kemudian mati dan lampu indikator akan tetap aktif. Itu bisa mati untuk waktu yang singkat, lalu mati dengan lampu siaga masih digunakan.

5. Kerusakan Pada Solderan Kaki Komponen Retak

Tanda-tanda kerusakan bisa disebabkan oleh besi solder yang rusak. Misalnya, TV tiba-tiba mati, lalu menyala setelah TV dipukul.

Pengguna tidak tahu jika menonton TV terus menerus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Jika retakan terjadi pada solder di bagian tegangan mereka dapat memicu pada PCB, yang kadang-kadang dapat menyebabkan, teknisi menemukan hangus di PCB.

Ada risiko, bila kerusakan ini dibiarkan berkembang dan menyebabkan kerusakan pada tabung menjadi rusak karena TV dihidupkan ketika dipukul dengan tegangan CRT akan dihasilkan dan menimbulkan getaran.

Filamen dapat menyebabkan gagal dan bahkan ada kemungkinan tabung gambar rusak di leher tabung.

6. Tidak Ada Sambungan Listrik

Jika Anda menemukan contoh di mana TV tabung Anda tiba-tiba berhenti bekerja dengan sendirinya, prioritas awalnya adalah jangan panik.

Mulailah mengambil langkah untuk memperbaikinya. Pertama, Anda harus menentukan apakah pesawat televisi terhubung ke listrik listrik atau tidak.

Ada kemungkinan ada kemungkinan bahwa kabel TV Anda terputus dari soket, dan tidak ada yang tahu karena dikaburkan. Ada kemungkinan tidak melihat langsung ke colokan TV, cukup melihat lampu indikator di TV.

Ketika televisi tiba-tiba mati, dan lampu daya tetap menyala, ini menunjukkan bahwa TV terhubung ke arus listrik.

Namun ketika TV tiba-tiba berhenti bekerja saat lampu mati, Anda perlu melihat soket listrik di TV, dan melihat apakah itu terhubung ke soket atau tidak.

7. Terkena Petir

Jika TV tiba-tiba mati saat sambaran petir, maka itu karena antena TV di luar rumah rusak tersambar petir.

Pemogokan dapat mengirimkan listrik melalui kabel TV yang terletak di luar rumah, yang dapat menyebabkan banyak kerusakan.

8. Sistem Proteksi TV sedang Aktif

Penyebab TV LED Polytron atau LG tidak bisa mati sendiri bisa jadi karena sistem keamanan di kedua TV ini aktif.

Sistem perlindungan TV adalah serangkaian tindakan terkait sistem di TV untuk melakukan deteksi dini jika terjadi kerusakan.

Tujuannya adalah untuk menghentikan kerusakan ini menyebar ke komponen lain dari mesin televisi untuk memastikan kerusakan tidak menjadi lebih buruk.

Sistem perlindungan yang terpasang di TV sudah terpasang, awalnya TV dihidupkan secara normal, tetapi dalam beberapa menit, mati sepenuhnya.

Setelah dihidupkan, itu akan mulai bekerja dan kemudian restart, namun, setelah beberapa waktu, itu akan mati.

Cara kerja sistem proteksi pada sebuah TV adalah dengan mematikan fungsi blok sirkuit lainnya untuk memastikan televisi akan langsung mati.

Solusi terbaik untuk masalah TV tiba-tiba mati karena aktivasi mekanisme perlindungan adalah dengan melakukan inspeksi dan perbaikan komponen blok tersebut. Vertikal serta blok IC Elco.

9. Komponen Tidak Merekat Sempurna

Alasan yang membuat TV tiba-tiba mati, namun disertai suara adalah adanya retakan pada bagian perekat antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Media perekat antara dua komponen biasanya berbentuk lelehan timah yang disolder.

Jika lelehan solder dalam timah tidak dapat digunakan untuk merekatkan bagian-bagian unit, komponen tersebut akan rusak dan tidak akan berfungsi dengan baik.

Jawaban untuk masalah TV LG tiba-tiba mati sendiri karena timah pada perekatnya retak adalah sebagai berikut:

Layar TV harus dibuka

Pastikan semua komponen menyatu dengan cara melelehkan timah. Perhatikan juga timah yang meleleh pada setiap bagian komponen, dan tentukan apakah ada retakan di dalam kaleng.

Jika ada retakan, komponen tidak direkatkan dengan benar atau lokasinya goyah atau longgar.

Setelah Anda mengidentifikasi area sambungan yang terbuat dari timah yang retak, solder ulang ke area yang bermasalah hingga ikatan kembali sempurna.

Setelah itu, lakukan pembersihan terhadap debu atau korosi, atau karat yang berkembang pada urutan part.

Berhati-hatilah untuk tidak menggores bagian sistem atau sambungan timah menggunakan bulu yang lebih tipis dan sikat yang lembut (Anda juga dapat mencoba menggunakan sikat gigi yang lebih tua).

Akhir kata

Demikian informasi lengkap yang kami berikan tentang penyebab kenapa tv tiba-tiba mati, jika menurut anda informasi ini berharga, silahkan diteruskan ke saudara atau teman, serta berterima kasih kepada kami yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Leave a Comment