Mengenal Istilah French Service dalam Dunia Pelayanan
id.pinterest.com

Mengenal Istilah French Service dalam Dunia Pelayanan

French Service adalah istilah dalam dunia pelayanan makanan yang memiliki nuansa formal dan elegan, dalam dunia kuliner yang mengacu pada cara penyajian makanan. Dimana hidangan utama disajikan di atas piring tamu, kemudian di potong dan diberikan kepada tamu oleh pelayan yang berdiri di samping meja.

Meskipun, secara umum definisi French service bisa dijabarkan sebagai jenis pelayanan makanan di restoran atau hotel. Di mana hidangan makanan dihidangkan di meja tamu oleh seorang pelayan atau pramusaji. Dengan cara yang lebih formal, elegan, dan interaktif, dimana pelayan sendiri yang akan berinteraksi langsung dengan tamu dan menyajikan hidangan dengan cara yang lebih kreatif dan menarik.

Berbeda dengan konsep penyajian ala “Family-style”, dimana hidangan utama disajikan di tengah meja dan tamu yang mengambil sendiri hidangan sesuai dengan keinginan masing-masing. Sebenarnya metode french service sendiri merupakan tradisi Prancis yang sering ditemui di restoran fine-dining, dengan acara formal seperti pernikahan atau acara formal lainnya.

Awal mula kehadiran french service dimulai pada abad ke-17 di Prancis, dimana pada waktu itu pusat kebudayaan Eropa dan pusat kuliner dunia berada di Prancis. Meskipun pada saat itu makanan dihidangkan dengan cara sederhana. Namun, pada akhirnya di abad ke-17 Raja Matahari atau Louis XIV mengubah gaya hidangan dengan konsep menyajikan hidangan makanan di meja tamu dan mengiris serta menyajikan hidangan langsung di depan tamu.

Dalam prakteknya pelayan akan melayani para tamu dengan menggunakan peralatan khusus, yang disebut dengan guerindon. Proses ini membutuhkan keahlian dan keterampilan yang tinggi serta kemampuan untuk berinteraksi dengan sopan dan ramah dengan tamu.

Layanan French service yang menarik adalah sajian atraksi dari para chef professional, ketika sedang dan akan  menyajikan makanan dengan tujuan untuk menarik perhatian para tamu. Berikut tugas dan tanggung jawab dari setiap pramusaji :

Tugas Pramusaji French Service :

Mengenal Istilah French Service dalam Dunia Pelayanan
foodandbeverageknowledge.com

Untuk melayani para tamu dengan konsep french service harus memiliki pramusaji, yang bertugas menyiapkan hidangan sampai menyajikan makanan. Biasanya pramusaji terdiri dari dua orang yakni Pramusaji Senior (Chef De Rang) dan Pramusaji Junior (Commis De Rang) meskipun, sumber lain menyebutkan ada 3 divisi dari bagian french service. Meski demikian, tidak menghalangi untuk melakukan proses french service.

Pramusaji Senior (Chef De Rang)

  • Menerima tamu dan mencarikan meja sesuai dengan keinginan para tamu, dengan catatan jika pertugas head waiter sedang tidak ada.
  • Menyiapkan dan mencatat pesanan tamu.
  • Menyajikan minuman.
  • Memasak dihadapan para tamu diatas meja kecil yang disebut dengan gueridon.
  • Memberikan bill .

Pramusaji Junior (Commis De Rang)

  • Menerima pesanan dari Chef De Rang dan menyampaikan kebagian dapur.
  • Membawa peralatan masak dan mengaturnya diatas meja tamu.
  • Menghidangkan makanan yang sudah selesai kepada tamu.
  • Membantu Chef De Rang .

Prosedur French Service :

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab para pramusaji, tentu sangat penasaran untuk mengetahui bagaimana teknik dan prosedur french service. Karena sejatinya tidak semudah apa yang dilihat, pada dasarnya hal demikian membutuhkan latihan dan keterampilan yang sangat tinggi. Namun, pada umumnya prosedur french service dilakukan sebagai berikut :

  1. Meja tamu disiapkan dengan dilengkapi peralatan makan.
  2. Hidangan utama disajikan diatas gueridon dengan dilengkapi kompor gas untuk memanaskan hidangan atau memasak hidangan makanan lain didepan tamu.
  3. Pramusaji membawa gueridon ke depan tamu dan meletakakkan samping meja tamu.
  4. Pramusaji memperkenalkan hidangan dengan menjelaskan bagaimana cara hidangan tersebut disajikan.
  5. Pramusaji kemudian memotong hidangan didepan tamu menggunakan pisau khusus.
  6. Potongan hidangan kemudian disajikan diatas piring tamu disertai saus, sayuran, atau bahkan makanan pelengkap lainnya.
  7. Setelah semua hidangan selesai disajikan, pramusaji akan membersihkan noda atau kotoran pada gueridon yang mungkin tersisa.

Kelebihan French Service :

Pada setiap pelayanan dalam penyajian makanan, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dari penyajian French service :

  • Merasakan kesan mewah karena penyajian yang dilakukan pramusaji sangat khusus kepada tamu.
  • Menjadikan tamu seperti orang penting dengan jamuan istimewa.
  • Para tamu bisa melihat proses masak dari awal sampai akhir.

Kekurangan French Service :

Sedangkan kekurangan yang mungkin dirasakan oleh para tamu dari sistem pelayanan French service, diantaranya :

  • Dilihat dari harga tentu akan jauh lebih mahal, karena menawarkan kesan mewah.
  • Memerlukan ruangan dengan kapasitas besar atau luas, karena menggunakan troli masak (gueridon).
  • Terkadang terasa lebih lama dan lambat dalam mempersiapkan makanan.

Meski terdapat kelebihan dan kekurangan namun, french service selalu dianggap sebagai seni dalam pelayanan makanan. Karena mengedepankan keindahan dan estetik dalam hidangan makanan sehingga bisa menampilkan karya-karya melalui sajian makanan.

French service sendiri menjadi konsep pelayanan yang sangat dihargai dalam dunia perhotelan, bahkan restoran di seluruh dunia. Meskipun konsep ini berasal dari Prancis, namun tidak menutup kemungkinan menjadikan layanan ini sebagai konsep yang paling menonjol di industri ini. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap bahwa pelayanan french service menjadi salah satu layanan paling ekslusif, mewah, dan elegan yang tersedia di industri perhotelan dan restoran.

French service menjungjung kenyamanan kepada tamu, maka tak heran dikenal sebagai salah satu jenis layanan paling mewah dan ekslusif. Dalam layanan ini selalu memperhatikan setiap detail layanan kepada tamu, pelayan sendiri akan mempersiapkan makanan dan minuman di depan tamu dan menjelaskan secara kesuluruhan tanpa melupakan sesuatu pun.

Selain menjungjung tamu, konsep ini pun memberikan kesan atau pengalaman yang tidak terlupakan bagi para tamu dengan pelayanan yang mewah dan ekslusif. Dalam dunia pelayanan, French service dapat dijadikan inspirasi yang terus dikembangkan bagi industri lainnya. Dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu, dengan pelayanan yang sangat memperhatikan setiap detail dan pengalaman yang tak terlupakkan.

Di era kompetisi bisnis yang semakin maju, konsep ini bisa dijadikan inovasi baru dalam membuat strategi untuk memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan daya saing bisnis. Dalam kesimpulannya, konsep French service menjadi bukti nyata bagaimana kemewahan dan keanggunan dari pelayanan yang sangat luar biasa.

Melalui cara unik dan ciri khas nya, konsep French service mampu berhasil memanjakan tamu dengan segala momentum pengalaman yang tak terlupakkan. Jadi, jangan lewatkan untuk merasakan langsung bagaimana jamuan hebat dari French sevice diberikan kepada hidup kamu.

Jika kamu ingin merasakan bagaimana pengalaman pelayanan terbaik yang pernah ada, maka French service menjadi jawaban dan pilihan yang tepat untuk kamu. Melalui keanggunan dan keramahan para pelayan akan memberikan nuansa berbeda sepanjang waktu.

Tidak hanya itu, gaya hidup mewah ala Prancis akan terasa begitu dekat dan nyata ketika menggunakan konsep French service. Jadi jangan ragu untuk mencoba pengalaman yang tak terlupakkan ini, tunggu apalagi?, selamat mencoba. Semoga artikel ini bisa membantu kamu memberikan wawasan mengenai french service.

 

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *