Mengenal apa itu Yield Management Hotel
hoteltechreport.com

Yield Management Hotel : Definisi, Prinsip Dasar, dan Manfaat

Siapa yang baru mendengar istilah yield management hotel?, istilah ini sering digunakan dalam ilmu perhotelan. Penasaran mengenai definisi yield management hotel? Mari kita bedah.

Pengertian Yield Management Hotel

Yield management pertama kali diterapkan di industri perhotelan pada awal 1980 oleh maskapai penerbangan American Airline, mengembangkan sistem untuk memprediksi permintaan tiket pesawat dan menyesuaikan dengan harga secara dinamis dengan tujuan memaksimalkan pendapatan mereka. Dan akhirnya sistem tersebut berhasil meningkatkan pendapatan American Airlines sebesar 5-10% pada tahun 1985.

Kemudian, sistem ini berkembang dan diterapkan di industri perhotelan. Mulai mengembangkan sistem untuk memprediksi permintaan kamar, dan menyesuaikan harga secara dinamis berdasarkan permintaan. Tahun 1985 Marriott International,  menjadi salah satu hotel pertama yang menerapkan sistem dan berhasil meningkatkan pendapatan kamar sebesar 6%.

Sejak saat itu, sistem yield management menjadi strategi penting dalam industri perhotelan dan digunakan banyak hotel untuk memaksimalkan pendapatan. Bahkan di era sekarang selalu ada inovasi baru bahkan lebih canggih serta akurat.

Yield management hotel adalah sebuah strategi manajemen harga yang digunakan oleh hotel untuk memaksimalkan pendapatan mereka dengan cara menyesuaikan harga kamar berdasarkan permintaan dan penawaran yang ada. Tujuan menggunakan yield management hotel, yakni bisa menentukan harga yang optimal untuk setiap kamar pada setiap waktu. Dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti tingat hunian hotel, musim, hari libur, bahkan acara besar di sekitar hotel.

Contohnya, jika permintaan kamar di sebuah hotel membludak, maka bisa menaikkan harga kamar untuk memaksimalkan pemasukan. Namun, sebaliknya jika tingkat hunian hotel sedang tidak ramai. Maka solusi dari kasus tersebut adalah menawarkan diskon untuk menurunkan harga kamar dan menarik banyak tamu.

Dalam hal ini Yield Management sangat membantu untuk terus meningkatkan pendapatan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Akan tetapi, penggunaan strategi ini harus dilakukan dengan hati-hati dengan tidak boleh mengorbankan kualitas pada pelayanan yang diberikan kepada para tamu hotel.

Jenis-Jenis Yield Management Hotel

Selain memaksimalkan pendapatan dengan mengoptimalkan harga dan ketersediaan produk, yield management hotel juga memiliki beberapa jenis yang bisa diterapkan. Diantaranya :

Kebijakan harga berbasis waktu

Strategi ini melibatkan penyesuaian harga berdasarkan waktu dan permintaan, harga akan naik selama musim tinggi atau hari-hari sibuk, dan harga rendah ketika musim sepi atau hari-hari kurang sibuk.

Kebijakan harga berbasis ketersediaan

Strategi ini melibatkan penyesuaian harga berdasarkan ketersediaan kamar, harga akan tinggi saat kamar sedikit atau kamar hampir penuh. Dan harga akan lebih rendah saat kamar tersedia banyak.

Kebijakan harga berbasis kelompok

Konsep ini melibatkan penyesuaian harga untuk kelompok tertentu, seperti tamu korporat atau tamu yang memesan kamar untuk acara khusus. Harga bisa lebih rendah atau tinggi tergantung kelompok yang ditargetkan.

Kebijakan harga berbasis durasi tinggal

Strategi ini melibatkan penyesuaian harga berdasarkan lamanya tinggal tamu, harga permalam bisa lebih rendah ketika tamu menginap lebih lama dan sebaliknya.

Kebijakan harga berbasis kombinasi

Strategi ini melibatkan penggunaan beberapa strategi yield managemet untuk menentukan harga yang optimal. sebagai contoh, hotel dapat menyesuaikan harga berdasarkan waktu, ketersediaan dan kelompok.

Prinsip dasar dari Yield Management Hotel

Beberapa prinsip dasar ini, bisa menjadi acuan ketika melakukan konsep yield management pada hotel masing-masing. Berikut prinsip dasari yield management hotel :

  • Fahami segmentasi pasar

Secara umum, hotel harus memahamai bagaimana segmentasi pasar, apakah pasar mereka baik dan bagaimana membagi tamu-tamu kedalam beberapa segmen. Seperti tamu individu, tamu bisnis, tamu keluarga, dan segmentasi tamu lainnya.

Karena sejatinya setiap segmen memiliki kebutuhan dan keinginan nya masing-masing, sehingga diharapkan sebuah hotel mampu menjawab bahkan menawarkan produk dengan harga yang tepat kepada masing-masing tamu.

  • Fahami perkiraan permintaan

Hotel harus memahami bagaimana pola permintaan di yang akan datang untuk setiap segmen, prediksi permintaan harus segera di jawab dengan akurasi yang tepat. Karena ketika hotel menentukan harga yang tepat untuk setiap kamar mereka, maka pendapatan pun ikut meningkat.

  • Fahami manajemen kapasitas

Tidak hanya itu, hotel juga harus memahami bagaimana kapasitas kamar, dan mengelola kamar masing-masing dengan bijak. Dengan tujuan untuk memaksimalkan bagaimana sumber daya mereka, karena harus mempertimbangkan permintaan dan ketersediaan kamar dan memberikan keputusan kapan dan kepada siapa hotel akan menjual kamar.

  • Harga fleksibel

Hotel harus bisa menyesuaikan harga secara fleksibel, dan cepat berdasarkan bagaimana permintaan juga persediaan suatu kamar. Harga bisa dinaikkan pada saat permintaan tinggi, dan ditekan pada saat permintaan sedang rendah.

  • Kerja sama staf

Staf hotel memiliki peran penting dalam strategi yield management hotel, maka dari itu libatkan seluruh staf dan berikan pelatihan serta pemahaman yang tepat tentang strategi ini. Dengan harapan bisa membantu mensukseskan strategi yield management hotel ini.

  • Lakukan analisis

Melakukan analisis dalam suatu pekerjaan menjadi nilai penting, karena bagaimanapun evaluasi dilakukan demi bisa melihat mana yang menjadi kekurangan dan harus diperbaiki. Dan mana pekerjaan yang baik dan harus terus dipertahankan demi menjadikan hotel lebih baik.

Manfaat dari Strategi Yield Management Hotel

  1. Meningkatkan pemasukan

Menggunakan yield management hotel, menjadikan hotel bisa menentukan harga kamar dengan tepat. Dan bisa meningkatkan pendapatan secara signifikan.

  1. Meningkatkan penghuni hotel

Melalui strategi yield management bisa mengelola kamar dengan bijaksana, hotel bisa meningkatkan tingkat penghuni hotel yang bisa menaikkan pendapatan secara melonjak.

  1. Memaksimalkan laba

Menggunakan yield management hotel, bisa memaksimalkan bagaimana mendapatkan laba dengan sangat banyak. Melalui penyesuaian kamar sesuai dengan permintaan dan persediaan kamar.

  1. Menyesuaikan dengan pasar

Dengan memahami pasar dengan baik, dan membagi tamu-tamu secara potensial dan menjadi beberapa segmen. Maka hotel bisa menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan pada masing-masing tamu.

  1. Meningkatkan reputasi hotel

Dengan memperhatikan bagaimana tamu dan memuaskan kebutuhan masing-masing tamu, maka hal demikian bisa menjadi peningkatan terhadap reputasi sebuah hotel dan tentunya menjadi daya tarik bagi tamu-tamu di masa yang akan datang.

Apapun strategi nya tentu harus di optimalkan secara luas, bagaimana memberikan permintaan dan harga amar dengan sangat bijaksana. Terlebih hotel harus meningkatkan pendapatan dan laba, meningkatkan pemasukan, dan yang paling penting meningkatkan dan menjaga bagaimana reputasi sebuah hotel bisa terjaga nama baiknya.

Dari pemaparan diatas, menjelaskan bahwa memaksimalkan pendapatan hotel dengan menjual kamar dengan harga optimal sesuai dengan situasi permintaan yang berubah-ubah.

Jangan biarkan pendapatan hotel kamu berkurang karena ketidaksesuaian dalam menentukan harga, gunakan strategi yield management untuk memaksimalkan pendapatan hotel, dan jangan lewatkan peluang untuk selalu meningkatkan keuntungan dan mempertahankan keberhasilan bisnis dengan menggunakan konsep yield management hotel. Semoga bermanfaat .

Check Also

perbedaan skipeer dan sleeper

Definisi dan Perbedaan Skipper & Sleeper

Hotel adalah sebuah tempat akomodasi yang menyediakan kamar dan fasilitas lainnya untuk para tamu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *