istockphoto.com

7 Rekomendasi Terbaik! Universitas yang Menawarkan Jurusan Perhotelan!

Kamu tahu, nggak? Kuliah di bidang perhotelan merupakan pilihan yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang.

Pengalaman yang ditawarkan sangat menarik, kamu akan sering melakukan traveling dan bertemu dengan orang baru.

Setelah lulus, kamu akan memiliki kesempatan untuk berkarir di hotel-hotel berbintang ataupun mengasah intuisi bisnismu untuk membuka sendiri layanan di bidang hospitality seperti restoran, hotel, dan jasa tour guide.

Jika kita melihat perkembangan pariwisata di Indonesia semakin populer, maka lulusan dari jurusan perhotelan pun semakin banyak dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di bidang perhotelan, sangat disarankan untuk mendalami ilmu perhotelan dengan belajar di universitas terbaik pilihan kamu.

Kampus di berbagai penjuru Nusantara telah menyediakan jurusan perhotelan dengan program belajar yang dapat menunjang cita-citamu.

Mahasiswa di jurusan perhotelan akan banyak mengkaji seputar ilmu manajemen perhotelan, manajemen bisnis, dan potensi pariwisata.

Dengan demikian mahasiswa akan dipersiapkan, baik dari segi mental maupun fisik, untuk menghadapi dunia kerja serta dilatih untuk mampu berpikir kritis ketika dihadapkan dengan berbagai macam tantangan yang akan ditemui di dunia kerja.

Ada banyak universitas yang menawarkan kuliah di jurusan perhotelan.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu jauh-jauh menempuh pendidikan di luar negeri, karena di Indonesia sudah banyak kampus berkualitas yang membuka jurusan yang kamu inginkan.

Yuk simak 7 rekomendasi Universitas yang membuka jurusan perhotelan, berikut ini!

istockphoto.com

1. Universitas Negeri Padang

Kampus ini sangat direkomendasikan sebagai kampus negeri dengan daya saing cukup tinggi. Lulusan akan dilatih untuk menjadi SDM yang profesional dan mampu bersaing dengan skala internasional.

Pada Fakultas Pariwisata dan Perhotelan menawarkan Kuliah Manajemen Perhotelan pada program D4.

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan di Universitas Negeri Padang telah menjalin kerjasama dengan beberapa sektor industri.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh pihak kampus dan pikah industri ini telah menjadi simbol kerjasama yang meliputi beberapa hal yakni bidang magang dan penelitian.

Mahasiswa akan didorong untuk bisa berkarya dan memperluas wawasan dari pengalaman magang di instansi terkait, sehingga akan meningkatkan daya saing di dunia kerja

2. Universitas Airlangga

Kampus yang berlokasi di Kota Surabaya ini menawarkan jurusan Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan. Jurusan yang siap memfasilitasi mahasiswa untuk berprestasi di kancah nasional hingga internasional.

Mahasiswa akan dipersiapkan untuk dapat menguasai perencanaan, produksi, hingga pengawasan pengelolaan hotel.

Mahasiswa akan mendapatkan pengajaran tentang operasi di industri pariwisata, fasilitas hotel atau penginapan, layanan makanan, rekreasi atau hiburan, strategi marketing perhotelan, manajemen pelayanan, bahasa-bahasa asing dalam lingkup perhotelan, tata graha (cara menata kamar hotel) dan masih banyak lagi.

Jurusan Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan di Universitas Airlangga telah memiliki reputasi yang baik. Terbukti dari prestasi yang diraih oleh para mahasiswanya berkaitan dengan bidang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Selain itu, mahasiswa MH UNAIR juga ada yang berprestasi dibidang non-akademik seperti bidang olahraga.

Lulusan dari jurusan ini akan memperoleh gelar STR Par, nantinya akan bermanfaat untuk melamar pekerjaan dan menunjang kesuksesan karirmu di bidang perhotelan.

3. Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (BIB) merupakan salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan jika ingin mendapatkan pendidikan di bidang perhotelan.

PIB adalah kampus terkemuka yang menyediakan pendidikan kelas dunia bagi calon mahasiswa yang ingin mengharumkan nama mereka di industri pariwisata dan perhotelan.

Lokasi kampus ini berada di jalan Pantai Nyanyi, Beraban, Bali.

Kampus berada di titik strategis, karena di kelilingi oleh berbagai industri pariwisata seperti perhotelan, seni, kuliner, dan sering menjadi tempat untuk acara-acara yang berperan penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2017, lembaga ini menjadi rumah bagi mahasiswa nasional dan internasional dari berbagai macam latar belakang dan memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung awal karir kamu.

Wow! Pasti seru sekali berkuliah di Politeknik Internasional Bali ya!

3. Universitas Pendidikan Ganesha

Pilihan universitas selanjutnya adalah Universitas Pendidikan Ganesha yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran guna menghasilakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang perhotelan.

Visi yang dibawa oleh program studi Perhotelan ini adalah “Menjadi Program Studi yang unggul di Asia dalam bidang perhotelan dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana pada tahun 2045”.

Kamu akan mendapatkan ilmu dan keterampilan sehingga setelah lulus kamu akan memiliki kemampuan untuk menjadi bekerja di bidang perhotelan.

Misalnya menjadi seorang housekeeper yang paham tata graha secara mendalam dan menyelesaikan masalah prosedural, waiter yang menguasai konsep dasar tata hidang, chef yang mampu menguasai konsep dasar dan keterampilan dalam bidang tata boga, Guest Relation Officer (GRD) yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang Front office dengan baik, dan Hotel Administration yang menguasai profesionalitas dalam bidang administrasi secara mendalam.

3. Universitas Gajah Mada (UGM)

Siapa sih yang tidak mengenal kampus satu ini? Yup! Universitas ini merupakan salah satu favorit di Indonesia karena terkenal dengan kualitas kampus yang telah banyak melahirkan tokoh-tokoh besar di Indonesia.

Ternyata di UGM juga ada Ilmu perhotelan, lho. Jurusan Ilmu Perhotelan di Universitas Gajah Mada masuk ke program Sarjana (S1), Fakultas Ilmu Budaya, dan Prodi Pariwisata.

Program studi tersebut berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang  memiliki kapabilitas dalam ilmu pariwisata dan memiliki peran aktif dalam upaya kemanusiaan dan kemajuan bangsa.

Mahasiswa akan dilatih untuk terampil dalam bidang pariwisata, seperti bagaimana sistem penyelenggaraan, implikasi stakeholders, budaya dan lingkungan sekitar.

Prospek karir yang menjadi peluang lulusan cukup banyak.

Kamu bisa berkarir di dalam maupun luar negeri sebagai manager/ staff pada destinasi wisata, perhotelan, tour and travel, peneliti, konsultan pariwisata, manajer restoran, staf dinas pariwisata, serta karir profesional di berbagai maskapai penerbangan dan sebagainya.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan salah satu pilihan terbaik selanjutnya.

Program studi yang berkonsentrasi di bidang  pariwisata telah dimulai sejak tahun 2000 dan berjalan dengan baik, termasuk didalamnya vokasi perhotelan.

Namun perlu diperhatikan bahwa pendaftaran di Universitas Brawijaya cukup bergengsi, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

7. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Satu lagi, sekarang dari universitas swasta. Jurusan perhotelan pertama yang terbaik jatuh pada Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti.

Sebuah universitas swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1969 silam di Jakarta. Kampus Trisakti termasuk kampus swasta pertama yang menyelenggarakan program Diploma IV di Indonesia dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Kamu bisa memilih program Diploma IV Perhotelan yang telah terakreditasi A.

istockphoto.com

Jurusan perhotelan memang menawarkan prospek karir ke depan yang sangat menjanjikan. Peluang tersebut diantaranya adalah bekerja di hotel-hotel ternama, kapal pesiar, maskapai penerbangan, pengusaha tour and travel dan sebagainya.

Well, demikianlah 7 rekomendasi universitas terbaik yang menyediakan jurusan perhotelan versi kami.

Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan perhotelan, maka kamu bisa pertimbangkan universitas mana yang paling cocok sesuai minatmu.

Yuk siapkan jalur masuk yang akan kamu tempuh untuk bergabung dengan kampus impian! Jalur yang bisa kamu persiapkan antara lain SNMPTN, SBMPTN, atau Mandiri. Perhitungkan peluang diterima dengan kemampuan yang kamu miliki. Semoga berhasil.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *