Mengenal Teknik Boiling : Definisi, Cara dan Manfaat
gizi.unida.gontor.ac.id

Mengenal Teknik Boiling : Definisi, Cara dan Manfaat

Seperti kita tahu bahwa teknik memasak sangat banyak sekali macamnya, dan semua teknik tergantung kepada masing-masing pemilik masakan mau di sajikan seperti apa dan memakai teknik yang mana.

Secara umum definisi boiling telah digunakan untuk mengolah makanan. Adapun pengertian dari teknik ini sebenarnya adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan sampai mendidih, dengan suhu mencapai 100 derajat celcius.

Pengertian Teknik Boiling

Secara prinsip teknik boiling yakni memanfaatkan energi panas untuk mengubah fase air. Dari yang tadinya cairan uap dengan memanfaatkan panas dihasilkan dari pemanasan. Teknik ini sebenarnya memanfaatkan sisi sifat air yang mempunyai titik didih pada tekanan di suhu tertentu, dimana pada titik tersebut air akan menguap dan berubah menjadi uap.

Ketika panas dipertemukan dengan bahan yang akan direbus, maka energi panas akan mengalir kedalam bahan dan menjadikan peningkatan suhu. Pada saat itu, ketika suhu bahan mencapai titik didih air maka air yang terkandung akan menguap dan seketika berubah menjadi uap. Uap yang dihasilkan tersebut kemudian akan keluar dari permukaan bahan dan masuk ke udara.

Proses tersebut akan terus-menerus sampai air di dalam bahan makanan habis, atau bahan yang sedang di masak sudah cukup matang. Prinsip dasar teknik ini juga selalu melibatkan konduksi dan konveksi panas, dimana panas dari sumber panas akan mengalir ke dalam bahan melalui konduksi dan air yang mendidih akan bergerak melalui konveksi. Dengan tujuan untuk memastikan pemanasan merata dan penyebaran pada panas optimal di dalam bahan yang sedang dimasak.

Jenis-Jenis Teknik Boiling

Mengenal Teknik Boiling : Definisi, Cara dan Manfaat
popmama.com
  • Boiling air

Teknik ini adalah teknik yang paling umum digunakan, untuk memasak makanan. Seperti merebus air untuk memasak sayuran atau pasta.

  • Boiling air bertekanan tinggi

Teknik ini selalu melibatkan pemanasan air di bawah tekanan tinggi, dengan tujuan dapat meningkatkan suhu air di atas titik didih normal dan mempercepat waktu memasak. Teknik ini biasanya digunakan dalam industri makanan untuk memasak makanan berbahan dasar daging, kacang-kacangan dalam waktu yang singkat.

  • Boiling vakum

Teknik ini melibatkan pemanasan bahan dalam lingkungan yang hampir tanpa udara atau vakum, teknik ini digunakan dalam produksi makanan dan farmasi untuk menghilangkan air dari bahan.

  • Boiling kondensasi

Teknik ini digunakan dalam pendinginan bahan dengan memanfaatkan perubahan fase air dari uap ke cairan. Misalnya, pendinginan air di pendingin udara dengan memakai teknik kondensasi.

  • Boiling fluida termal

Teknik pemanansan yang melibatkan cairan pemanas melalui penukar panas, untuk memanaskan bahan. Teknik ini biasanya digunakan untuk memasak pasta, nasi, sayuran, daging, dan masih banyak lagi.

Tips Meningkatkan Hasil Masakan Menggunakan Teknik Boiling

Untuk mendapatkan hasil maksimal kamu bisa mencoba beberapa teknik yang mampu meningkatkan hasil masakan:

Gunakan air secukupnya

Saat memasak menggunakan teknik boiling, pastikan kamu menggunakan air secukupnya untuk menutupi seluruh makanan yang akan dimasak. Jika tidak menggunakan air, makanan kamu mungkin tidak akan matang secara merata.

Taburkan garam pada air

Menambahkan garam pada air sebelum memasak karena dapat memberikan rasa yang lebih baik pada makanan, jangan terlalu banyak secukupnya saja.

Memperhatikan waktu memasak

Memasak terlalu lama atau terlalu cepat membuat makanan bisa hancur, dan kehilangan nutrisi. Jika terlalu singkat, makanan kamu tidak akan matang secara merata.

Menggunakan api sedang

Setelah api mendidih, sebaiknya mengurangi api agar air tetap dalam keadaan mendidih akan tetapi tidak terlalu keras. Jika api terlalu besar maka membuat air meluap-luap keluar panci, sedangkan terlalu kecil membuat lambatnya proses memasak.

Angkat dan tiriskan

Jika dirasa sudah matang, maka tiriskan dan angkat makanan dengan benar untuk menghindari dari kelembapan yang berlebihan. Karena jika makanan basah, bisa mengganggu cita rasa, tekstur dari makanan.

Manfaat Teknik Boiling

Dengan menggunakan teknik-teknik boiling yang tepat, kamu bisa memasak makanan dengan hasil yang lebih maksimal dan lezat. Teknik ini juga sangat mudah dilakukan, sehingga para pemula yang sedang belajar memasak pun sangat cocok. Selain menyuguhkan teknik dalam memasak boiling, ternyata ada beberapa manfaat dari metode ini. Diantaranya :

  • Mempertahankan nutrisi pada makanan

Teknik ini bisa mempertahankan nutrisi dalam makanan, karena tidak memerlukan bahan tambahan lainnya seperti minyak. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang tidak merusak nutrisi sehingga tetap terjaga dan dapat memberikan kesehatan yang optimal.

  • Meningkatkan rasa pada makanan

Teknik ini dapat meningkatkan rasa makanan, karena air yang digunakan bisa menambahkan dan membantu dalam menghasilkan saus alami. Selain itu tambahan garam sebelum air mendidih juga dapat memperkaya rasa masakan.

  • Mudah dilakukan

Teknik ini merupakan cara mudah untuk dilakukan, tidak menggunakan peralatan khusus, bumbu khusus, bahkan teknik secara khusus. Hanya menggunakan panci yang ada, air, dan bahan makanan yang akan kamu sajikan.

  • Menghemat waktu dan energi

Setelah memudahkan penggunanya, teknik ini pun bisa menghemat waktu dan tenaga. Teknik ini lebih hemat ketika tidak memerlukan api yang terlalu besar dalam memasak.

Kekurangan Teknik Boiling

Meskipun, teknik ini memiliki manfaat dalam memasak dan memproses bahan makanan. Namun, pada dasarnya memiliki beberapa kekurangan. Meskipun kekurangan tersebut bisa diatasi dengan perbaikan yang sesuai dengan bahan dan kebutuhan lainnya, maka dari itu berikut kekurangan dari teknik boiling :

  • Hilangnya nutrisi

Teknik ini sering menyebabkan kehilangan nutrisi dalam bahan makanan yang di proses, terutama jika bahan direbus terlalu lama. Hal ini karena Sebagian besar nutrisi yang larut dalam air dan akan keluar dari bahan ke dalam air rebusannya.

  • Waktu memasak cukup lama

Teknik ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses bahan masakannya, terutama ketika bahan masakannya yang sulit dimasak. Seperti daging keras atau biji-bijian yang sangat keras dan membutuhkan waktu memasak cukup lama.

  • Hilangnya cita rasa

Memasak bahan utama terlalu lama, atau merebus makanan terlalu lama akan menyebabkan kehilangan cita rasa pada bahan makanan. Apalagi tekstur yang seharusnya hadir namun ternyata kehilangan pada makanan tersebut.

  • Membutuhkan banyak air

Teknik ini biasanya membutuhkan air yang cukup banyak untuk memproses bahan, karena hal ini dapat menjadi masalah ketika pada wilayah tertentu yang kekurangan air.

  • Pemanasan tidak merata

Teknik ini tidak selalu memastikan pemanasan merata pada bahan yang di proses, terutama jika bahan makanan yang di masak adalah bahan yang sangat besar. Sehingga tingkat panas pada bahan makanan tidak merata.

Bisa ditarik kesimpulan, bahwa teknik boiling menjadi salah satu teknik yang memudahkan para penggunanya. Dengan teknik boiling ada banyak kebermanfaatan yang dihasilkan mulai dari mempertahankan nutrisi, meningkatkan rasa, mudah dilakukan, sampai menghemat waktu dan tenaga.

Itulah beberapa informasi yang nantinya bisa dijadikan wawasan dalam dunia memasak, Mungkin kamu bisa mencobanya di rumah, memasak menggunakan teknik boiling. Semoga bermanfaat

 

 

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *