istockphoto.com

Mengenal Sales Counter Hotel

Hampir setiap perusahaan pasti memiliki sales counter yang bertugas menjual produk di konternya. Staff tersebut memiliki tugas untuk melayani pembeli dengan baik sehingga mereka tertarik untuk membeli langsung di konter.

Sales counter merupakan salah satu strategi yang dipakai oleh perusahaan untuk pemperoleh peningkatan penjualan secara langsung.

Pengertian Sales Counter

Sales counter merupakan staff perusahaan yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli sehingga pembeli berminat untuk membeli produk yang ditawarkan.

Sales counter menjadi staff paling awal yang ditemui oleh pelanggan saat memasuki toko atau perusahaan.

Sales counter menjadi orang yang paling bertanggung jawab untuk menangani transaksi penjualan. Mulai dari menerima pesanan, menjawab pertanyaan, menerima pembayaran, hingga menyelesaikan pesanan.

Disamping itu, orientasi yang menjadi tujuan dari sales counter tidak hanya mementingkan penjualan, tetapi juga kepuasan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.

Konsumen yang merasa puas dan senang akan pelayanan yang diberikan oleh sales counter akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan, serta menumbuhkan minat bagi konsumen yang lain untuk membeli langsung ke konter.

Berbeda dengan sales eksekutif yang bertugas mempresentasikan produk kepada calon klien yang bekerja sama sehingga menuntut sales eksekutif untuk lebih sering melakukan mobilitas, sales counter hanya bertugas melayani konsumen yang datang ke konter secara langsung.

Seorang sales counter membutuhkan kemampuan komunikasi bisnis yang baik. Sebab, dengan memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang lancar, informasi penawaran suatu produk atau jasa akan lebih mudah tersampaikan kepada konsumen.

Jangan sampai terjadi miskomunikasi dalam bisnis dapat merugikan bisnis, tidak hanya secara finansial, tetapi juga secara mental dan relasi.

istockphoto.com

Tugas Sales Counter

Peran seorang sales counter sangat penting sebagai ujung tombak bagi perusahaan untuk bisa mencapai target penjualan sehingga bisa meningkatkan pendapatan perusahan.

Perusahaan atau bisnis akan mengevaluasi hasil kerja sales counter setiap bulan berdasarkan hasil penjualan tersebut.

Tugas utama yang mereka miliki adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli agar produk yang ditawarkan menjadi menarik.

Secara lebih rinci berikut adalah tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang sales counter, diantaranya:

1. Melakukan Penjualan Produk

Tugas utama dari seorang sales counter menjual produk atau jasa. Biasanya perusahaan akan memberikan target penjualan yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu kepada sales counter.

Contohnya dalam satu minggu, seorang sales counter mendapat jatah untuk menjual 15 produk. Dia harus berusaha semenarik mungkin untuk bisa merebut hati konsumen.

Informasi mengenai produk yang akan dijual harus disampaikan dengan jelas dan menarik. Memberikan informasi yang mendukung dengan gaya komunikasi persuasif akan dapat membantu sales counter menjual produk tersebut.

Target penjualan ini berbeda-beda di setiap perusahaan, tergantung dengan kebijakan yang mereka miliki.

2. Aktif Melakukan Promosi Produk

Target penjualan yang ingin dicapai oleh seorang sales counter tentu tidak mungkin bisa diraih tanpa aktif melakukan penawaran produk.

Tawarkanlah produk pada konsumen yang tepat yaitu orang yang memang membutuhkan barang tersebut. Aktivitas jual beli tentu akan terjadi jika dimulai dengan langkah pertama yakni menawarkan produk. Tahap demi tahap harus dilalui dengan baik, termasuk pada tahap penawaran atau promosi produk.

Anda bisa memulai dengan bertanya secara lengkap apa yang sedang dicari atau dibutuhkan oleh konsumen yang datang ke konter.

Tidak lupa saat melakukan promosi harus dilakukan dengan pelayanan yang optimal agar para konsumen semakin tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Gunakanlah bahasa yang ramah dan menyenangkan kepada setiap pembeli agar mereka merasa nyaman.

3. Memberikan Informasi Produk dengan Jelas dan Menarik

Sales counter harus memiliki informasi atau pengetahuan yang cukup baik tentang produk yang akan dijual. Menginformasikan produk secara detail akan menjadi bagian penting dalam aktivitas penjualan.

Hal ini dikarenakan sales counter memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan dengan rinci spesifikasi produk tersebut kepada pembeli.

Jika sales counter mendalami informasi tersebut, maka ia akan bisa mengatur taktik atau strategi yang dapat mengunggulkan produk agar lebih menarik.

Pembeli akan dapat menilai dengan sendirinya tentang kebutuhan dan manfaat dari produk yang ditawarkan.

4. Memberikan Laporan Penjualan kepada Atasan

Sales counter adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas laporan dari aktivitas penjualan. Anda harus mampu memberikan laporan keseluruhan aktivitas penjualan.

Laporan penjualan sangat penting untuk dicatat dengan benar dan rinci. Mulai dari barang yang berhasil terjual dan sisa produk.

Laporan aktivitas penjualan disampaikan dalam bentuk dokumen yang sudah disusun rapih, terdiri atas data produk yang berhasil di jual, jumlah produk sisa, hingga total nilai penjualan.

Atasan akan menilai dan memberikan arahan terhadap kinerja Anda. Evaluasi dapat dilakukan demi hasil kerja yang maksimal kedepannya.

5. Menjaga Hubungan Baik dengan Pembeli

Sales counter juga memiliki tanggung jawab untuk membangung relasi yang baik dengan para pembeli. Berinteraksi langsung dengan pembeli membuat sales counter harus memiliki attitude yang baik sehingga akan menarik loyalitas dari mereka.

Hubungan yang terjalin dengan baik akan dapat merekatkan antara pembeli dan bisnis perusahaan tempat Anda bekerja.

Pembeli yang terkesan dengan pelayanan dan produk yang baik biasanya akan menjadi pelanggan tetap karena sulit untuk pindah ke merek lain.

Kompetensi yang Wajib Dimiliki oleh Sales Counter

Tugas sales counter harus ditunjang dengan kemampuan atau keterampilan untuk dapat mencapai target tertentu.

Berikut adalah beberapa kompetensi yang idealnya dimiliki oleh seorang sales counter:

1. Mampu Mencapai Target

Sales counter pasti akan akrab dengan istilah target penjualan. Pekerjaan ini menuntut sales counter untuk selalu mampu mencapai target penjuLan

Hal ini dapat dicapai dengan menerapkan berbagai strategi yang baik.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara efektif akan sangat membantu pekerjaan seorang sales counter.

Menawarkan sebuah produk harus dibarengi dengan memahami kebutuhan calon pembeli sehingga bisa menjual dengan strategi yang tept sasaran.

Apabila komunikasi berjalan dengan baik, maka pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada pembeli akan diterima dengan baik pula. Jangan sampai terjadi miss-komunikasi dengan calon pembeli, ya!

Perbedaan Sales Counter dan Sales Executive

Sekilas memang antara sales counter dan sales executive terlihat sama. Padahal keduanya memiliki tugas yang  berbeda cukup signifikan.

Secara umum, sales counter berurusan langsung dengan konsumen untuk menjual barang yang tersedia di counter.

Sedangkan sales executive bertugas untuk mempresentasikan produk kepada calon pelanggan potensial.

Sales counter lebih sepesifik tugasnya adalah menjual barang. Sedangkan sales executive terikat dengan tugas yang spesifik pada kerjasama dengan pelanggan.

Lalu apa perbedaan dengan marketing?

Tim marketing berbeda tugas dengan sales counter yang berfokus pada penjualan barang. Marketing memilii tugas untuk membuat strategi branding perusahaan agar mencapai target yang diharapkan untuk keberlangsungan perusahaan.

Gaji Sales Counter

Gaji yang diberikan kepada sales counter berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan tempat dia bekerja. Selain itu, gaji juga berpedoman pada batas UMK/ UMR di masing-masing daerah.

Namun umumnya, gaji seorang sales conter berkisar pada angka 2-5 juta rupiah perbulan.

Demikian artikel tentang Sales Counter, pengertian beserta tugas dan tanggung jawabnya. Apakah ulasan tersebut cukup membantu? Jangan lupa bagikan dengan rekan-rekan Anda agar informasi ini menjadi lebih bermanfaat untuk banyak orang.

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *