Room Service Hotel : Pengertian, Fungsi, serta Cara Mengoptimalkan Room Service
whatsnewindonesia.com

Room Service Hotel : Pengertian, Fungsi, serta Cara Mengoptimalkan Room Service

Room Service atau sering dikenal dengan ‘In-Room Dining’, merupakan layanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atau tempat penginapan lainnya. Seperti motel dan apartemen. Sedangkan menurut ahli Endar Sugiarto dan Sri Sulartiningrum, mendefinisikan bahwa room service adalah bagian dari Food and Beverage Service yang bertugas untuk mengelola penjualan makanan dan minuman yang diantar langsung ke kamar pemilik orderan.

Secara selintas mirip dengan waiter/waiters di sebuah restoran, namun yang membedakan dari cara pemesanan yakni melalui telephone. Secara umum, fungsi dari room service hotel dengan berskala besar maupun kecil. Seperti restoran dan bar yakni, jika restoran dan bar menjual makanan dan minuman di ruang saji, sedangkan room service biasanya disediakan bagi tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di kamar sendiri.

Dilengkapi dengan fasilitas layanan room service yang beroperasi 24 jam dengan tujuan untuk melayani para tamu hotel disertai dengan sajian hidangan makanan seperti sarapan pagi, makan siang, sampai makan malam. Selain menyajikan makanan, fungsi lainnya termasuk mengambil pesanan, menyiapkan, menyajikan sampai mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.

Tidak hanya itu, dengan adanya room service sebuah hotel mampu menambah nilai dan kualitas pelayanan. Yang nantinya bisa menambah kepuasan bagi para tamu. Selain itu, bisa memperkenalkan ciri khas hotel melalui makanan yang disediakan. Karena terlebih hal demikian akan mendapatkan tambahan incame dari tamu yang menginap.

Struktur Organisasi Room Service : 

Room Service Hotel : Pengertian, Fungsi, serta Cara Mengoptimalkan Room Service
statesman.com

Untuk menjalankan operasionalnya tentu membutuhkan tim. Namun, terkadang petugas room service setiap hotel bisa berbeda-beda. Tergantung pada skala besar kecilnya keadaan hotel, berikut struktur jabatan dalam organisasi room service :

Room Service Manager

  • Memimpin dan mengarahkan tim room service bekerja sesuai dengan SOP (Standart Operating Procedur).
  • Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keperluan operasional department F&B.
  • Mengingat serta mengawasi operasi room service selama 24 jam.
  • Bertanggung jawab kepada F&B manager.

Assistant Room Service Manager

  • Bertanggung jawab kepada Room Service Manager.
  • Membuat laporan ke Head Manager.
  • Memeriksa kehadiran para waiter/waiters.
  • Mengawasi serta melakukan pengontrolan persiapan service yang akan dilakukan kepada tamu.
  • Mengatur penggunaan peralatan.

Room Service Order Taker

  • Menerima dan mencatat pesanan tamu.
  • Menjadi perantara kepada tamu mengenai menu.
  • Bertanggung jawab dan mengontrol atas pesanan tamu.

Room Service Waiter

  • Menyiapkan peralatan makanan dan minuman sesuai dengan pesanan.
  • Mengantarkan pesanan makanan dan minuman.
  • Bertanggung jawab untuk mengantarkan pesanan ke kamar tamu.
  • Menyerahkan tagihan berupa guest bill kepada tamu.

Prosedur Pelayanan Room Service :

Room Service dipegang oleh seorang Room Service Manager atau Room Service Supervisor, berikut prosedur pelayanan room service :

Prosedur dalam Menerima Orderan 

  • Para tamu memesan makanan atau minuman sesuai dengan menu yang disediakan melalui telephone.
  • Petugas Order Taking menuliskan pesanan tamu.
  • Pisahkan atau salin pesanan tamu ke captain order lalu dibuat tiga rangkap, satu lembar untuk kitchen atau bar, satu untuk cashier untuk pembuatan bill, dan terakhir satu sebagai arsip di Room Service.
  • Berikan captain order kepada waiter yang nantinya diteruskan ke kitchen atau bar .
  • Selama menunggu makanan dan minuman, waiter menyiapkan peralan yang akan dibawa ke kamar sesuai jenis makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu.

Prosedur Penyajian Orderan 

  • Setelah siap, waiter membawa pesanan tamu ke kamar.
  • Sebelum di bawa, pesanan melalui double check terlebih dahulu oleh pimpinan atau captain.
  • Sebelum memasuki kamar, ketuk pintu tiga kali (tok tok tok) dan sembari mengatakan “Room Service”.
  • Saat memasuki tamu, berilah salam yang ramah. Sesuai dengan waktu pengantarannya (selamat pagi / selamat siang / selamat malam).
  • Waiter/waiters menanyakan kepada tamu dimana pesanannya ingin dihidangkan, meskipun biasanya beberapa tamu menginginkan makan di balkon. Namun, terkadang beberapa tamu ingin di dalam kamarnya.
  • Menghidangkan makanan dan minuman sesuai dengan standar pelayanan.
  • Memastikan kepada tamu dengan menanyakan apakah memerlukan pelayanan dari waiter, jika tidak maka waiter menyerahkan guest bill kepada tamu.
  • Sebelum meninggalkan kamar, tanyakan kepada tamu apakah ada hal-hal lain yang bisa dibantu. jika tidak, maka ucapkan terima kasih dan selamat menikmati kepada tamu.

Salah satu keuntungan terbesar dari room service di hotel tentu, memberikan kenyamanan kepada tamu untuk tidak keluar dari kamar demi mendapatkan makanan dan minuman. Dan mereka dapat memesan kapan saja bahkan di malam hari atau tengah malam.

Layanan kamar juga memudahkan tamu yang Lelah seharian, setelah perjalanan Panjang atau hanya ingin bersantai di kamar. Layanan room service sering kali menawarkan pilihan makanan yang lebih luas dari pada restoran hotel, dengan begitu para tamu bisa memilih menu khusus terutama membantu tamu dengan preferensi makanan khusus atau alergi dan dapat memesan makanan atau minuman apa saja yang tamu inginkan.

Dibalik keuntungan tentu ada kerugian, salah satu kerugian room service di hotel yakni biaya yang lebih tinggi daripada makan di restoran hotel. mengingat biaya tambahan yang terdiri dari biaya layanan, biaya pengiriman sampai pajak.

Selain itu, layanan room service sering kali memerlukan waktu lebih lama. Karena untuk mempersiapkan makanan dan mengirimkannya ke kamar tamu. Meski begitu, berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan room service ketika menginap di hotel :

  1. Cek menu room service terlebih dahulu dan perhatikan biayanya. Beberapa item makanan mungkin lebih mahal daripada rastoran hotel, jadi pastikan untuk memeriksa harga sebelum memesan.
  2. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, maupun saran kepada pelayan mengenai menu. Mereka dapat memberi tahu tentang hidangan khusus atau makanan paling populer.
  3. Pastikan untuk memberi tahu pelayan mengenai preferensi makanan khusus atau alergi. Mereka dapat membantu memilih makanan yang cocok dan sesuai.
  4. Jangan ragu untuk meminta penjelasan tentang biaya tambahan terkait dengan room service, agar tidak terkejut dengan tagihan yang lebih besar dari yang diharapkan.
  5. Bersabarlah ketika menunggu makanan dikirim ke kamar, karena layanan room service memerlukan waktu lebih lama untuk mempersiapkan dan mengirimkan makanan langsung ke kamar tamu.
  6. Jika puas dengan pelayanan kamar, jangan lupa untuk memberikan tip kepada pelayan. Biasanya, tip sekitar 10-15% dari total tagihan hal tersebut sangatlah wajar.

Informasi diatas memberikan pengetahuan mengenai room service dari mulai pengertian, fungsi, manfaat, struktur organisasi, prosedur sampai kepada kelebihan dan kekurangan dari room service. Diakhiri dengan tips untuk mengoptimalkan room service ketika menginap di hotel, room service di hotel menjadi layanan yang sangat nyaman bagi tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di dalam kamar.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *