Pengertian Resort Adalah? Berikut Penjelasan Definis, Fungsi, Jenis, dan Klasifikasinya
travel.kompas.com

Pengertian Resort Adalah? Berikut Penjelasan Definisi, Fungsi, Jenis, dan Klasifikasinya

Bagi para wisatawan, resort memang punya magnet tersendiri untuk selalu bisa menarik banyak wisatawan dari berbagai macam daerah bahkan negara. Tetapi banyak orang sebenarnya belum mengetahui tentang apa itu resort. Apakah kamu adalah salah satunya?

Orang-orang banyak menyamakan resort dengan villa. Sayangnya, mereka berdua sebenarnya tidak benar-benar sama. Apabila kamu ingin mengetahui tentang pengertian resort, kamu dalam artikel yang tepat.

Kamu bisa menyimak penjelasan mengenai apa itu resort selengkapnya disini. berbedakah resort dengan villa atau hotel, apa fungsinya, seperti apa jenisnya, dan apa saja biasanya fasilitas yang disuguhkan akan disimak dalam tulisan dibawah ini. yuk, langsung saja lanjut ke pembahasannya.

Pengertian Resort

Pengertian Resort Adalah? Berikut Penjelasan Definis, Fungsi, Jenis, dan Klasifikasinya
ketiknews.id

Pengertian resort adalah kawasan khusus yang secara sengaja dibuat dengan tujuan untuk menambah banyak akomodasi dan juga fasilitas hiburan untuk disuguhkan kepada para wisatawan.

Menurut beberapa ahli, seperti O’Shannessy et al, menjelaskan bahwa resort adalah salah satu jenis jasa di bidang pariwisata yang memiliki fasilitas seperti pelayanan makanan dan minuman, hiburan, outlet penjualan, dan juga sarana untuk rekreasi.

Resort menurut Pendit juga didefinisikan sebagai tempat yang menyuguhkan fasilitas seperti tempat untuk bersantai dan berolahraga layaknya spa, tennis, golf, tracking, dan jogging.

Sedangkan coltman mendefinisikan resort sebagai tempat yang digunakan untuk tujuan orang yang membutuhkan tempat singgah untuk sementara. Resort ini biasanya memang didesain untuk orang yang ingin rekreasi atau berwisata saja.

Bentuk resortnya bisa berbentuk sederhana maupun mewah. Yang jelas, ia bisa memenuhi kebutuhan liburan keluarga. Lokasi-lokasi resort ini biasanya menawarkan pemandangan alam seperti pantai, disertai dengan fasilitas hiburan yang memadai.

Adanya resort sebenarnya untuk menyelesaikan masalah pengunjung yang biasanya memiliki membutuhkan akomodasi dan fasilitas selama berwisata. Tidak jarang orang menyewa resort ini untuk keperluan pekerjaan. Misalnya, mereka hanya memesan untuk meeting atau acara formal tertentu saja.

Resort juga bisa digunakan untuk acara pernikahan. Beberapa orang juga menggunakan resort untuk merayakan acara besar lainnya seperti ulang tahun, dan lain sebagainya.

Fungsi Resort

Pengertian Resort Adalah? Berikut Penjelasan Definis, Fungsi, Jenis, dan Klasifikasinya
amesbostonhotel.com

Walaupun sudah dijelaskan fungsi resort untuk apa di atas, fungsi utama resort sebenarnya adalah tempat wisata yang menawarkan paket liburan untuk pengunjungnya. Maksudnya adalah dengan memilih menggunakan resort, pengunjung akan sekaligus mendapatkan pemandangan indah, fasilitas rekreasi, hingga tempat menginap sekaligus.

Dari sudut pandang pelaku bisnis, tentu pengadaan resort memiliki tujuan komersial. Begitupun dengan pemerintah yang juga berkemungkinan diuntungkan. Selain sebagai sumber pendapatan daerah, resort juga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Bisanya, dengan dibukanya resort, tempat hiburan dan fasilitas lain akan turut serta terbangun. Misalnya, dengan adanya resort, maka akan dibuka juga foodcourt, pusat oleh-oleh, bisnis transportasi, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Resort

Pengertian Resort Adalah? Berikut Penjelasan Definis, Fungsi, Jenis, dan Klasifikasinya
rumah.com

Berdasarkan letak dan fasilitasnya, resort terbagi menjadi 4, diantaranya adalah:

1. Mountain Resort Hotel

Jenis resort ini tentu berkedudukan di pegunungan. Ia juga termasuk suguhan pemandangan utama untuk para wisatawan. Daya tari lain yang biasanya semakin memperlengkap seperti tempat untuk hiking atau outbond. Fasilitas berupa kolam juga biasanya semakin memperlengkap suguhan di mountain resort hotel ini.

2. Health Resort and Spa

Berbeda dengan mountain resort yang menawarkan pemandangan pegunungan, health resort and spa menawarkan fasilitas untuk melakukan meditasi, refleksi, dan spa. Resort jenis ini cukup digemari banyak orang karena banyak wisatawan yang berlibur untuk mencari ketenangan. Karena digunakan untuk tujuan meditasi, health resort ini juga bisanya jauh dari keramaian.

3. Beach Resort

Tentu resort ini terletak di daerah pantai. Keindahan alam memang dinilai cukup ampuh untuk menarik pelanggan. Sama halnya dengan pegunungan, ia menawarkan panorama alam sebagai daya tawarnya.

Siapa sih yang tidak suka berlibur dengan suasana alam yang sangat memanjakan mata. Apa lagi, bisa makan, tidur, dan melakukan hiburan dengan pemandangan pantai lepas yang biru. Sangat indah bukan?

4. Marina Resort

Jenis resort yang terakhir berdasarkan lokasi dan fasilitasnya adalah marina. Sesuai dengan namanya, ia terletak di pelabuhan laut alias marina. Ia hampir sama dengan beach resort yang menawarkan pemandangan laut lepas. Hanya saja, marina resort biasanya menyediakan fasilitas tambahan yang khas seperti speed boat dan yacht.

Berdasarkan banyaknya kamar resort juga dibagi dalam beberapa kelas. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Resort bintang satu dan dua untuk jumlah kamar minimal 20
  2. resort bintang tiga untuk jumlah minimal 30 kamar
  3. resort bintang empat untuk jumlah minimal 50 kamar
  4. resort bintang lima untuk jumlah minimal 100 kamar, dan
  5. resort bintang diamond untuk kualitas terbaik yang lebih dari resort bintang lima

fasilitas-fasilitas umum yang biasanya ada di resort meliputi area parkir, lobby sebagai tempat untuk menerima tamu, kamar dengan jenis-jenis tertentu, restaurant, banquet room/meeting room, hingga fasilitas penunjang lainnya seperti dapur, ruang untuk staf, loket, dan ruangan ganti.

Resort juga biasanya diklasifikasikan sesuai dengan harganya. Tentu hal tersebut didasarkan pada kriteria dan fasilitas yang ditawarkan oleh resort tersebut. semakin tinggi kualitasnya biasanya semakin mahal harganya.

Meski mahal, banyak orang rela membayar lebih untuk sebuah paket liburan. Sehingga sekarang, banyak tawaran berlibur di resort-resort terbaik yang ada di Indonesia yang diburu banyak orang.

Kamu mungkin adalah salah satu orang yang tertarik berlibur di resort. Berikut ini terdapat rekomendasi resort terbaik untuk kamu yang ada di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat berlibur. Kamu bisa menghabiskan waktu luangmu di tengah padatnya aktivitas sambil memajukan dunia pariwisata nasional.

1. Nihi, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Wilayah indonesia timur memang selalu diidam-idamkan banyak orang. tempat berlibur bersama Nihi ini, kamu bisa menikmati pemandangan hutan tropis, sawah, sabana, hingga area tepi pantai yang sangat menawan dan mengagumkan.

Disana, kamu bisa berselancar, diving, bahkan memancing ikan untuk menghabiskan waktu liburanmu. Kamu juga bisa mengunjungi situs bersejarah peninggalan zaman batu dan desa tradisional yang ada disana.

2. Four Season, Bali Sayan

Resort terbaik kedua yang bisa kamu kunjungi adalah Four Season, Bali Sayan. Resort yang terletak di pulau dewata ini menawarkan pemandangan puncak pohon dengan jembatan yang ada di hutan dan berlokasi di pinggir sungai ubud.

Tempat wisata yang termasuk dalam daftar emas conde nast 2020 ini terinspirasi dari arsitektur lokal berbentuk mangkuk nasi lembah sungai ayung yang sangat subur. Yakin deh, kamu tidak akan menyesal jika berkunjung ke four season, bali sayan ini.

3. Papua paradise eco resort

Resort ini berlokasi di sepanjang garis pantai Raja Ampat. Di lokasi tersebut, kamu akan menikmati burung eksotis, hutan subur, hingga terumbu karang yang cantik. Berlibur di kawasan Raja Ampat memang terasa sangat ideal.

Demikian informasi tentang resort. Semoga liburan kamu semakin lengkap dengan informasi tentang resort yang kami bagikan.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *