moist heat cooking
https://www.terasboga.com/

Kenali Teknik Memasak Moist Heat Cooking

Memasak adalah salah satu kegiatan mengolah makanan dari bahan mentah menjadi bahan matang yang siap untuk dikonsumsi.

Adapun bahan makanan yang telah dimasak akan mengalami perubahan warna, bentuk dan ukuran apalagi jika ditambah dengan bumbu rempah yang ada tentu akan terasa semakin nikmat.

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang sangat disenangi oleh banyak  orang, karena dengan memasak kita dapat menghasilkan makanan favorit yang kita inginkan.

Memasak merupakan kegiatan yang tidak bisa kita pisahkan dari aktivitas sehari-hari dan sudah menjadi kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap orang, tanpa memandang gender.

Bahkan saat ini pun sudah banyak sekali kalangan anak – anak yang pandai dalam memasak. Bagi beberapa orang, memasak menjadi kegiatan yang paling di senangi.

Adapun keuntungan dengan kita memasak maka kita dapat mengonsumsi makanan yang lebih sehat, mempererat suatu hubungan antar manusia, mampu meningkatkan kreativitas, hingga dapat menghilangkan stres sekalipun.

Memasak mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, selain dapat mempererat hubungan antar keluarga dengan menikmati sajian lezat bersama, tujuan utama dari memasak itu sendiri adalah mengolah bahan mentah menjadi makanan yang dapat dikonsumsi dan mudah dicerna oleh perut.

Memasak ini lah yang membuat bahan makanan yang tersedia menjadi makanan yang memiliki nilai gizi. Yang mana, memasak ini juga menambah rasa serta kenikmatan pada makanan yang sudah dimasak tersebut.

Memasak terdiri dari dua metode, salah satunya adalah metode moist heat cooking dan dry heat cooking. Proses memasak dengan menggunakan metode moist heat cooking atau teknik panas basah pada umumnya menggunakan bahan cairan.

Perlu kalian ketahui, bahwa metode moist heat cooking ini juga terbagi dengan beberapa teknik yang bisa membantu kalian untuk menyesuaikan cara memasak makanan yang benar dan yang baik.

Teknik memasak dari metode moist heat cooking adalah boiling, poaching, steaming, braising, stewing, simmering, dan blanching.

Ada banyak teknik pengolahan makanan yang dapat diterapkan untuk mengolah bahan baku menjadi makanan jadi, salah satunya yaitu, teknik pengolahan makanan moist heat.

Moist heat cooking adalah proses pengolahan makanan dengan memanfaatkan bahan cairan selama proses memasaknya.

Teknik memasak basah panas merupakan metode memasak yang dikelompokkan menjadi beberapa teknik memasak yang menggunakan bahan dasar cair.

Cairan yang digunakan juga bervariasi seperti susu, air, kaldu. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan wine sebagai media memasaknya, agar menambah cita rasa unik pada makanan tersebut.

Dalam teknik ini suhu air tidak pernah lebih tinggi dari suhu didih. Proses lama memasak dengan menggunakan metode moist heat cooking ini bisa dibilang tergantung pada teknik yang digunakan untuk memasak makanan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil makanan yang tetap crunchy, lembut ataupun lembek tentu lama waktunya berbeda-beda.

Moist Heat Coocking atau Teknik Memasak Basah

Kenali Teknik Memasak Moist Heat Cooking
https://tirto.id/

Teknik memasak basah adalah teknik dimana cara untuk mematangkan bahan makanan dengan cara menggunakan cairan. Cairan yang sering digunakan yaitu air, kaldu, bahkan susu.

ada beberapa jenis jenis teknik memasak basah atau moist heat cooking ini, sebagai berikut:

1. Boiling

Boiling atau sering disebut oleh masyarakat Indonesia dengan merebus. Teknik ini merupakan cara memasak yang paling mudah, karena dengan hanya merendam bahan makanan di air yang mendidih kemudian di tunggu hingga matang, lalu tiriskan.

Beberapa contoh makanan yang di masak dengan menggunakan cara boiling yaitu merebus singkong, ubi, kentang, wortel, sayur, bahkan merebus mie instan.

2. Poaching

Teknik poaching adalah teknik merebus namun dengan cara menggunakan api yang kecil. biasanya resep-resep di internet menggunakan teknik poaching untuk membuat poached egg atau telur setengah matang.

Telur yang sudah matang di luar namun pada saat dibelah kuning telur meleleh layaknya keju mozarella.

3. Simmering

Teknik simmering merupakan teknik yang sama seperti direbus akan tetapi teknik ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada dua teknik merebus sebelumnya.

Dengan merebus menggunakan waktu yang lebih lama akan membuat kuah menjadi lebih wangi, berwarna, serta memiliki rasa yang mantap.

Karena bumbu-atau bahan makanan direbus membuat kandungannya keluar secara sempurna. Biasanya teknik simmering sering digunakan untuk merebus tulang agar mendapatkan kaldu yang gurih, dapat juga digunakan dalam memasak soto, rawon, kuah bakso.

4. Stewing

Teknik stewing atau yang sering disebut dengan teknik mencampur. Biasanya liquid atau cairan yang dicampur bisa berupa kaldu, susu, santan, kecap, minyak ikan, minyak saus tiram, atau bumbu-bumbu lainnya yang berbentuk cair.

Liquid yang dicampur dengan bahan masakan biasanya tidak terlalu banyak atau sedikit.karena apabila kebanyakan atau terlalu sedikit akan membuat rasa yang terlalu keras atau hambar.

makanan yang bisa menggunakan teknik simmering yaitu opor, semur, lodeh.

5. Braising

Braising mungkin menjadi teknik memasak yang lama karena membutuhkan waktu bisa mencapai 12 jam. Biasanya daging direndam terlebih dahulu dengan menggunakan cairan bumbu atau marinasi hingga beberapa jam.

Setelah direndam daging akan di oven hingga kering. kemudian anda harus merebus di air bumbu sampai air hampir asat.

Biasanya yang sering menggunakan teknik braising yaitu masyarakat western. biasanya teknik ini untuk memasak iga sapi.

6. Steaming

Steaming adalah teknik dasar memasak basah dengan dikukus menggunakan alat kukus, dan diisi dengan air mendidih di dalamnya.

Setiap metode memasak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, sama halnya dengan metode moist heat cooking yang juga memiliki kelebihan dan bisa disesuaikan dengan makanan yang ingin masak.

Kelebihan Moist Heat Cooking

Kenali Teknik Memasak Moist Heat Cooking
https://rouxbe.com/

Kelebihan dari moist heat cooking ini adalah Kalian dapat mengatur tekstur makanan yang bisa diolah bisa berkuah, nyemek, lembut ataupun sampai lembek.

Selain itu, kelebihan moist heat cooking ini kalian dapat menambah rasa pada makanan tersebut dari bahan cairan yang digunakan.

Seperti menambah bumbu cairan atau lainnya yang dapat kalian temukan. Kelebihan untuk beberapa makanan yang menggunakan teknik steaming ini dapat membantu kalian melakukan diet, karena teknikini memanfaatkan uap air yang tidak akan menghancurkan atau mengurangi nilai gizi pada makanan tersebut.

Dapat menjaga rasa, bentuk, tekstur sekaligus aroma yang ada pada makanan tersebut.

Untuk beberapa teknik, metode memasak ini dapat menghemat waktu kalian, sebab metode moist heat cooking ini sangat mudah dan praktis untuk dipraktikkan. Mengurangi resiko hasil makanan menjadi gosong.

Kelemahan Moist Heat Cooking

Untuk beberapa makanan yang menggunakan teknik steaming atau mengukus ini dapat membuat hasil makanan kalian menjadi lebih hambar.

Namun, jika kalian dapat  mengakalinya dengan menambah aneka bumbu dan saus lebih banyak tentu hasilnya akan berbeda.

Lalu, saat kalian tidak paham dengan menggunakan teknik steaming, hasil makanan yang kalian masak bisa saja kurang matang. Untuk teknik simmering, membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses memasaknya.

Check Also

perbedaan skipeer dan sleeper

Definisi dan Perbedaan Skipper & Sleeper

Hotel adalah sebuah tempat akomodasi yang menyediakan kamar dan fasilitas lainnya untuk para tamu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *