Hati-Hati Keliru, Berikut Definisi Mocktail dan Perbedannya dengan Cocktail
bobobox.co.id

Hati-Hati Keliru, Berikut Definisi Mocktail dan Perbedannya dengan Cocktail

Ketika kamu memasuki bar ataupun restoran, pasti tidak asing Ketika melihat menu minuman yang tersedia yakni mocktail. Pada dasarnya mocktail adalah jenis minuman non-alkohol yang berbahan dasar campuran jus buah segar dan sirup gula, tapi tidak menutup kemungkinan untuk ditambahkan rempah-rempah.

Pengertian Mocktail 

Istilah Mocktail pertama kali muncul tahun 1916, dimana kata ‘mock’ artinya meniru atau tiruan. Maksudnya adalah mocktail meniru cocktail, karena sejatinya keduanya memiliki rupa yang sama namun memiliki perbedaan terhadap bahan utama.

Moktail dan cocktail merupakan minuman yang sangat populer, untuk kamu yang tidak bisa meminum dengan bahan dasar alkohol maka bisa mencoba minuman mocktail. Semua orang juga bisa membuat mocktail sendiri, karena pembuatannya mudah dan tidak ada tahapan khusus.

Menurut The Oxford English Dictionary mendefinisikan mengenai cocktail, yakni minuman dengan mengandung setidaknya satu minuman beralkohol, satu minuman manis, dan satu minuman asam atau pahit. Atau komponen tambahan lainnya untuk membentuk menjadi minuman beraroma kuat.

Meski memiliki cita rasa yang berbeda, namun dari segi tampilan sangat mirip. Biasanya cocktail terasa lebih pahit atau asam, sedangkan moktail masih memiliki cita rasa manis dan menyegarkan karena ditambahkan sirup dan sari buah sebagai bahan utamanya.

Meski demikian, ada juga mocktail dengan rasa asam atau pahit, khususnya untuk mocktail hasil fermentasi atau pengaruh sari buah yang digunakan. Ada banyak jenis mocktail baik dengan alkohol maupun non-alkohol. Virgin mocktail salah satu mocktail terpopuler dan mudah dibuat dengan resep yang ada. Berikut jenis-jenis mocktail lainnya yang bisa menjadi referensi kamu

Jenis-Jenis Mocktail 

Hati-Hati Keliru, Berikut Definisi Mocktail dan Perbedannya dengan Cocktail
womanblitz.com
  • Red Sangaria

Jenis ini berasal dari Spanyol, biasanya terbuat dari campuran pomo juice, soda, sangria mix, lemon, jeruk dan es batu. Jenis minuman ini sudah ada sejak tahun 200 Sebelum Masehi.

  • Mojito : Virgin Green Mint Mojito

Jenis mocktail ini termasuk tipe klasik, dengan ciri khas daun mint yang memberi rasa menyegarkan. Ditambah sirun green Apple Delifru. Secara umum hampir tidak terlihat perbedaan antara mojito dan mocktail, karena berasal dari rum putih dicampur dengan sirup serta daun mint. Saat diganti dengan soda itulah mocktail.

  • Virgin Mary

Jenis ini berbahan dasar dari campuran sari lemon, tobacco, jus tomat dan saus Worcestershire. Virgin juga menjadi salah satu jenik mocktail ternama yang ada di dunia.

  • Soda : Green Soda

Salah satu minuman bersoda tanpa alkohol adalah green soda, terbuat dari bahan apel hijau segar. Dari sirup green apple delifru dengan rasa permen karet khas sirup bubble gum delifru.

  • Tropical Coconut

Tropical Coconut menjadi salah satu mocktail yang bisa kamu coba sendiri, perpaduan rasa dari sirup coconut yang creamy ditemani dengan  cream delifru serta raisin.

Selain itu, ada banyak minuman mocktail yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut beberapa contoh minuman yang bisa di coba : Tropical Mocktail, Simple soda dan buah, Mojito : apple mojito, kiwi mojito, Mocktail dengan selasih, Blue sky punck dan Blue jelly.

Tips Membuat Mocktail

Meski minuman mocktail bisa dibuat sendiri, dan tidak memiliki prosedur standar yang harus dilakukan. Berbeda dengan cocktail, yang ketika membuatnya terdapat prosedur standar yang harus dilakukan agar campuran minuman tepat dan menghasilkan rasa yang tidak gagal.

Jadi siapapun bisa membuat mocktail sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing, namun ada beberapa tips untuk membuat mocktail terasa lebih nikmat. Diantaranya

  • Gunakan buah segar dan jus segar untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.
  • Tambahkan sirup untuk memberikan esensi rasa manis pada minuman.
  • Tambahkan es untuk menambahkan sensai dingin pada minuman

Manfaat Mocktail 

Bagi dunia kuliner sajian minuman mocktail ini tidak hanya menawarkan kenikmatan atas rasa yang lezat, ternyata mocktail juga memberikan beberapa manfaat bagi dunia kuliner. Diantara manfaat nya adalah :

  1. Memberikan pilihan sehat : minuman mocktail sebagai alternatif bagi pengunjung yang ingin mencoba minuman sehat tanpa alkohol, karena dibuat dari buah-buahan dan bahan segar tentunya memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh pengunjung.
  2. Menarik pelanggan yang tidak bisa minum alkohol : mocktail menjadi pilihan utama ketika para pengunjung tidak bisa mengonsumsi alkohol, seperti anak-anak, anak remaja, bahkan Wanita hamil dan menyusui. Biasanya minuman mocktail menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak ingin minum alkohol.
  3. Adanya pilihan baru : mocktail bisa menjadi salah satu menu tambahan untuk memberikan nilai tambah bagi para pengusaha, restoran atau kafe bisa menambah pilihan menu tersebut demi menarik pelanggan.
  4. Meningkatkan kreativitas : minuman mocktail sejatinya bisa memberikan tantangan untuk terus mengembangkan inovasi terbaru pada minuman, sebagai pencinta mocktail bisa mencoba untuk menciptakan dan mengkombinasikan bahan-bahan berbeda untuk menciptakan minuman dengan rasa unik dan tentunya menarik pelanggan untuk mencoba.
  5. Peluang bisnis yang menjanjikan : minuman mocktail bisa menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha, semakin populer akan semakin banyak dicari. Kamu bisa mencoba membuka kafe atau restoran yang menyediakan menu mocktail berbagai rasa. Dengan memperhatikan layanan yang berkualitas dan minuman lezat bisa menjadikan bisnis semakin berkembang.
  6. Menyuguhkan pengalaman berbeda : minuman mocktail juga bisa memberikan pengalaman yang berbeda bagi setiap pelanggan, kamu bisa mencoba jenis mocktail yang berbeda dan menikmati setiap pengalaman dalam menikmati minuman mocktail. Melalui pengalaman yang berbeda kamu bisa menilai mocktail yang sesuai dengan selera lidah.

Perbedaan Mocktail dan Cocktail 

Selain memberikan informasi mengenai manfaat terhadap minuman mocktail bagi dunia kuliner, dalam artikel ini kamu juga bisa mengetahui perbedaan mendasar dari minuman mocktail dan cocktail. Yakni  :

  • Mocktail adalah minuman manis segar non-alkohol, sedangkan cocktail minuman beralkohol dengan memiliki cita rasa asam dan pahit.
  • Mocktail berbahan dasar dari buah-buahan, sirup dan soda. Sedang cocktail terbuat dari campuran minuman beralkohon dan non-alkohol seperti jus, soda dan madu.
  • Mocktail bisa dibuat sendiri, sedangkan cocktail harus dibuat oleh seorang profesional.
  • Harga mocktail tidak semahal cocktail, karena jika di kalkulasikan harga satu cocktail bisa setara dengan harga 10-15 gelas mocktail.

Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa mocktail memiliki banyak manfaat bagi dunia kuliner. Selain memberikan pilihan yang lebih sehat kepada pengunjung mocktail juga bisa menjadi alternatif menarik bagi pengunjung yag tidak bisa mengonsumsi alkohol.

Selain memberikan manfaat, pembuat mocktail juga menjadi tantangan untuk meningkatkan inovasi terbaru dalam pembuatannya. Bahkan memberikan peluang bisnis yang menggiurkan bagi para entrepreneur di bidang kuliner. Oleh karena itu, mocktail tidak hanya lezat namun mampu memberikan segudang manfaat bagi dunia kuliner.

Itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian mocktail dilengkapi dengan definisi, fungsi bahkan jenis-jenisnya. Jadi, bagaimana sekarang sudah bisa membedakan mana mocktail dan mana cocktail bukan?.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *