istockphoto.com

Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab Marketing Hotel

Lazimnya profesi yang sering kita dengar di sebuah hotel adalah general manager, receptionist, chef, atau cleaning service. Namun ternyata ada satu profesi penting yang menjadi salah satu sentral dalam perputaran roda bisnis di sebuah hotel, yakni marketing hotel.

Departemen marketing hotel bertugas untuk membuat hotel itu dikenal oleh banyak orang.

Sebuah hotel akan bisa dikenal dan menjangkau banyak orang dengan strategi marketing yang tepat.

Peran dari seorang marketing hotel akan sangat berpengaruh dalam menonjolkan keunggulan hotel, baik dari segi fasilitas, pelayanan, harga, maupun lokasi dimana hotel tersebut berada.

Apa sebenarnya pengertian dari marketing hotel, apa saja tugas seseorang yang menjabat pada posisi marketing hotel, dan strategi apa yang efektif digunakan untuk marketing hotel, simak ulasan berikut!

Pengertian Marketing Hotel

Marketing hotel adalah sebuah departemen dalam struktur hotel yang memiliki tugas untuk mempromosikan hotel agar dapat menjangkau banyak orang sehingga orang-orang tertarik untuk berkunjung, hingga berdampak pada peningkatan pendapatan hotel.

Marketing jika dilihat dari kaca mata bisnis, bisa diartikan dengan sangat luas. Marketing mengupayakan pemasaran atas suatu bisnis tertentu yang dilakukan untuk memperkenalkan produk atau brand yang berdampak pada omset penjualan.

Tantangan yang dihadapi oleh industri pemasaran hotel adalah ketatnya kompetisi antar hotel. Para  pelaku bisnis hotel berlomba-lomba untuk merancang strategi marketing untuk mengumpulkan lebih banyak pesanan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran produk tidak hanya dilakukan secara offline seperti lewat selebaran, forum, iklan di surat kabar.

Namun di era sekarang memungkinkan marketing dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, misalnya melalui sosial meda, website, ataupun iklan di berbagai aplikasi.

Adapun posisi marketing hotel biasanya diisi oleh mereka yang memiliki latar pendidikan minimal D3 sederajat ataupun Sarjana dengan fokus studi ilmu perhotelan bisnis, manajemen, ataupun ilmu komunikasi.

istockphoto.com

Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Marketing Hotel

Perlu digaris bawahi bahwa marketing hotel memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda dengan sales hotel.

Tim marketing hotel berurusan dengan program perancangan hal teknis agar proses pemasaran bisa berjalan dengan efisien dan maksimal.

Adapun tugas dari marketing hotel antara lain:

  • Merancang sekaligus melakukan inovasi terhadap program marketing hotel
  • Melakukan kordinasi dengan seluruh staff departemen marketing untuk menerapkan rencana pemasaran, baik jangka panjang maupun jangka pendek.
  • Merancang dan mempersiapkan profil hotel baik dalam bentuk brosur, spanduk, katalog, ataupun iklan lainnya
  • Mengambil foto dan menulis artikel untuk promosi hotel
  • Melakukan pengawasan terhadap kegiatan promosi dan pemasaran
  • Mempelajari tren yang sedang ramai di pasaran
  • Berkolaborasi dengan berbagai pihak yang akan meningkatkan jangkauan pasar
  • Menyesuaikan program marketing sesuai dengan anggaran biaya yang ada
  • Memanfaatkan dan mengelola berbagai media pemasaran, baik online ataupun offline
  • Memantau data pelanggan secara rutin di database hotel
  • Menganalisis statistik di lapangan

Strategi Marketing Hotel

Terdapat beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan pelanggan hotel baik saat low season maupun high season.

Strategi marketing dapat dilakukan dengan memahami siapa targer pasar kita, karena setiap target market pasti akan membutuhkan perlakukan yang berbeda.

Masih banyak hotel konvensional yang tidak terlalu memikirkan tentang strategi pemasaran.

Mereka mengerjakan tugas dengan cara yang sederhana tanpa melakukan banyak inovasi untuk memecahkan permasalahan pasar. Sehingga hasil yang didapatkan tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemasukan hotel,

Jadi apa yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis perhotelan yang ingin mengembangkan bisnisnya menjadi lebih maju? Bagaimana promosi hotel bisa dijangkau oleh lebih banyak orang?

Berikut adalah strategi marketing hotel yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kuantitas reservasi di hotel Anda:

1. Optimasi Website Hotel

Data di internet menunjukkan bahwa hampir 75% tamu hotel datang dari mesin pencari. Tamu hotel akan mencari informasi terkait hotel yang ingin mereka pesan, mulai dari lokasi, fasilitas, hingga harga yang ditawarkan dari search engine.

Fakta tersebut menjadi alasan mengapa Anda harus melakukan optimasi website dengan serius. Dengan optimasi website yang bagus, calon tamu hotel akan dengan mudah menemukan dan melakukan reservasi ke hotel Anda.

Internet telah memudahkan untuk menyediakan tawaran penginapan yang sesuai dengan keinginan dari pemesan, harga yang pas, tempat yang nyaman dan strategis.

Sebagai bagian dari marketing hotel, maka bidiklah berbagai macam kata kunci penginapan sehingga website hotel Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh para calon pelanggan.

Semakin banyak pengunjung website, maka kemungkinan mendapat closing yang diharapkan akan semakin besar. Tentu saja anda harus memahami konsep SEO dan link building.

2. Analisis Data

Kemampuan untuk membaca data yang tersebar di internet, khususnya di Google Analytic, akan membantu tim marketing hotel untuk menganalisis tren pasar yang sedang berlangsung.

Data tersebut bisa menjadi dasar dalam membaca seberapa baik website yang sedang Anda kelola, aplikasi apa yang paling populer digunakan oleh pelanggan untuk melakukan reservasi dan dari mana mereka berasal.

Dari analisis tersebut, Anda bisa menentukan langkah yang tepat untuk bisa memaksimalkan strategi marketing hotel, dengan memaksimalkan berbagai platform untuk memperkenalkan dan mendaftarkan hotel Anda.

3. Tampilkan Keunggulan Hotel di Sosial Media

Apa keunggulan yang dapat ditawarkan oleh hotel Anda?

Tawarkan di berbagai sosial media ataupun platform yang bisa dimanfaatkan dengan gratis.

Nilai lebih dari hotel Anda bisa menjadi alasan orang-orang akan melakukan reservasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memuat dalam bentuk campaign ataupun konten promosi di website dan sosial media yang populer.

4. Berikan Promo-Promo Menarik

Promo terbukti sangat efektif diterapkan dalam strategi marketing.

Calon pelanggan akan lebih tertarik pada hotel yang memberikan harga spesial dalam promosinya.

Hotel yang menarik bisa dilakukan dengan memberikan bonus terhadap tamu yang melakukan direct booking atau pemesanan secara langsung.

Promo bisa berupa potongan harga, voucher spa, ataupun doorprize khusus untuk memberikan kesan baik di mata tamu tersebut.

Promo tersebut secara tidak langsung akan berdampak pada pemasaran secara tidak langsung oleh tamu tersebut. Misalnya ia merekomendasikan pada rekannya, menulis review di sosial media, atau dia menjadi pelanggan tetap hotel Anda

5. Investasikan Budget Lebih Saat Musim Liburan

Menjumpai momen yang tepat seperti musim liburan tentu tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Traveller biasanya memuncak saat momen-momen tertentu seperti libur akhir tahun, hari raya, libur sekolah, ataupun saat hari besar lainnya.

Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan bersaing mendapatkan pelanggan.

Tim marketing harus paham kapan momen liburan akan tiba, sehingga bisa memutuskan untuk menginvestasikan budget lebih untuk mendongkrak iklan, agar pemesan hunian kamar bisa maksimal.

Gaji Marketing Hotel

Melihat tugas dan tanggung jawab yang telah diuraikan di atas, maka rata-rata gaji yang akan didapatkan oleh bagian marketing hotel antara lain sekitar 3-4,5 juta rupiah, tergantung pada hotel tempat ia bekerja.

Wow, sepertinya menjadi seorang marketing hotel adalah salah satu pekerjaan yang sangat menarik. Anda tertarik untuk bergabung?

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *