Mari Mengenal Jenis-Jenis Glassware
masakapahariini.com

Mari Mengenal Jenis-Jenis Glassware

Glassware adalah peralatan penyajian untuk minuman, biasanya dipergunakan untuk minum. Peralatan penyajian menjadi salah satu daya tarik untuk mempengaruhi para pengunjung, biasanya beberapa seperti restoran, bar, cafe dan tempat lainnya sangat memperhatikan peralatan dalam penyajian.

Bagaimanapun bentuknya, pasti kita akan menyebutnya gelas. Seperti ada beberapa macam gelas biasa tanpa tangkai kaki yang sering disebut dengan unstem glass biasanya digunakan untuk minuman yang dicampur es batu. Lalu ada istilah lainnya yaitu stem glass atau gelas yang memiliki tangkai kaki digunakan untuk minuman dingin tanpa es.

Pengertian Glassware

Glassware atau peralatan kaca merupakan wadah yang terbuat dari kaca, dan digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti memasak, menyajikan makanan dan minuman, atau sebagai hiasan semata. Jika melihat sejarah glassware sudah ada Ketika zaman kuno dimana orang-orang Mesir, Romawi, dan Persia sudah lebih dulu membuat karya seni kaca yang indah dan berfungsi sangat baik.

Namun, pada abad ke-17 glassware baru dikembangkan Ketika teknologi pembuatan kaca semakin maju. Sehingga pada abad ke-18 sudah mulai berkembang dan populer di Eropa dan Amerika Utara sehingga sudah mulai digunakan untuk berbagai keperluan minum, menyiapkan makanan dan hiasan.

Ketika abad ke-19, glassware sudah tersedia dan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Teknologi pembuatan kaca pun semakin terus berkembang dari tahun ke tahun, dengan menciptakan bentuk desainnya yang lebih variasi. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari glassware juga semakin banyak digunakan dalam industri farmasi dan kimia, karena dirancang untuk menahan terhadap suhu, tekanan tinggi dan bahan kimia yang berbahaya lainnya.

Menurut para ahli, glassware diartikan sebagai peralatan kaca yang digunakan dalam berbagai industri. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa glassware dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya, ada yang cocok digunakan untuk minuman bahkan ada pula yang digunakan untuk memasak atau menyimpan makanan.

Dalam dunia kimia contohnya, glassware sangat memiliki peran penting dalam berbagai percobaan dan analisis. Digunakan dalam laboratorium dengan memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat, karena jika tidak demikian akan mempengaruhi hasil percobaan dan analisis dalam ilmu kimia.

Dalam industri makanan dan minuman, glassware tentu sering digunakan sebagai tempat penyajian seperti gelas, cangkir, dan mangkuk. Biasanya bentuk dan ukuran sangat bervariasi tergantung kepada kebutuhan dan selera masing-masing.

Secara umum jenis-jenis gelas sangat banyak tergantung bentuk dan ukurannya, tidak hanya sendok dan garpu yang memiliki jenisnya, gelas minum juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan desain dan kegunaannya. Berikut jenis gelas minum yang umum digunakan.

Jenis-Jenis Glassware secara Umum 

  1. Gelas : jenis glassware yang paling umun digunakan untuk menyajikan jus, air, kopi dan bir. Adapun jenis gelas yang populer diantaranya gelas berbentuk kerucut, gelas tumbler, dan gelas kaca kristal.
  2. Cangkir : cangkir merupakan jenis glassware yang digunakan untuk minuman panas, seperti teh, kopi, atau cokelat panas. Biasanya dipakai untuk cangkir espresso, cangkir latte, dan cangkir teh.
  3. Decanter : decanter merupakan jenis glassware yang digunakan untuk menuangkan anggur, biasanya terbuat dari kaca kristal. karena memiliki bentuk yang unik dengan tujuan memaksimalkan sirkulasi udara pada minuman decanter ini terbuka.
  4. Mangkuk : mangkuk merupakan jenis glassware yang digunakan untuk menyajikan makanan seperti sup, salad, atau pasta. Namun beberapa jenis ini juga populer untuk mangkuk sayur, mangkuk sup, dan mangkuk es krim.
  5. Pitcher : pitcher merupakan jenis glassware yang digunakan untuk minuman seperti jus, teh, dan air. Biasanya berbentuk botol dengan dihadirkan pegangan dan tutup gelas untuk melindungi minuman dari serangga.
  6. Seling : seling merupakan jenis glassware yang digunakan untuk menyajikan koktail dan minuman berbahan dasar alkohol, biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari biasanya.
  7. Botol : botol merupakan jenis glassware yang digunakan untuk menyimpan minuman, seperti anggur,bir, dan minuman beralkohol lainnya. Biasanya terbuat dari kaca tebal dan memiliki penutup demi menjaga kualitas minuman.

Itulah beberapa glassware yang umum digunakan, namun ada banyak jenis gelas secara khusus yang sering ditemukan untuk memperkaya pengalaman dalam menyajikan dan menikmati minuman.  Berikut jenis-jenis glassware secara khusus yang sering ditemui di sebuah restoran atau café.

Jenis-Jenis Glassware secara Khusus 

Berikut jenis jenis glassware:

1. Flute

Jenis gelas flute adalah jenis gelas yang memiliki bagian tangkai lebih pendek, dan bagian wadah gelas yang Panjang dan ramping. Biasanya jenis ini berfungsi untuk menyajikan minuman mewah diantaranya champagne atau champagne cocktails.

2. Juice Glass

Beberapa jenis gelas ini sering ditemukan di restoran karena menyesuaikan dengan  minuman, biasanya gelas jus ini tersedia dalam kapasitas antara 4-8 ons. Pada umumnya sempit dan sisi lurus karena dibuat seperti gelas mini.

3. Martini Glass

Martini merupakan jenis gelas minum yang memilik desain yang unik karena memiliki tangkai gelas yang lebih panjang dengan bagian wadah gelas lebih lebar pada bagian atas lalu pada bagian bawah mengerucut. Biasanya gelas ini menyaikan untuk minuman sampanye karena berukuran 177-230 mililiter.

4. Water Glass

Water glass merupakan jenis gelas yang paling umum dan sering ditemukan, dengan desain yang simple karena biasanya digunakan untuk air putih, sirup, teh, atau jus.

5. Beer Glass

Sesuai dengan namanya yakni gelas bir yang diperuntukkan untuk minuman bir, memiliki desain yang besar disertai pegangan pada gelasnya, meskipun besar berat gelas ini cukup ringan sehingga bisa digunakan.

6. Irish Coffee Glass

Irish Coffee Glass dikenal dengan istilah coffee glass merupakan jenis gelas yang diperuntukkan untuk menyajikan kopi, dengan desain tangkai gelas lebih tebal daripada jenis gelas lainnya. Biasanya gelas ini mudah ditemukan ketika memesan minuman kopi.

7. Highball

Jenis gelas highball adalah jenis gelas yang memiliki desain hampir sama dengan gelas air putih, meskipun dengan desain yang berbeda tetapi kedua gelas ini berbeda. Biasanya gelas ini diperuntukkan untuk minuman cocktails namun bisa juga ditemui untuk minuman mojito atau blue lagoon.

8. Lawball

Sesuai dengan namanya nama ini memiliki desain yang pendek dan diperuntukkan untuk menyajikan minuman beralkohol tanpa es batu.

Dalam kesimpulannya, definisi glassware menurut para ahli yakni peralatan yang terbuat dari kaca dan sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik di industri maupun di rumah tangga. Meski dalam sejarah glassware menempuh perjalanan yang Panjang, dan juga pemaparan jenis-jenis glassware tentu memberikan wawasan baru mengenai kaca.

Selain memiliki kegunaan dan nilai estetika yang bagus, glassware juga berkembang dan memberikan nuansa baru sampai menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Inilah artikel mengenai beberapa informasi glassware dan seluk beluknya, semoga bisa menambah pengetahuan baru tentang glassware.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *