Kenali 20 Jenis Status Kamar Hotel Ini Sebelum Menginap
mesbostonhotel.com

Kenali 20 Jenis Status Kamar Hotel Ini Sebelum Menginap

Tahukah kamu bahwa jenis hotel itu ternyata bermacam-macam? Kamu wajib untuk mengetahuinya agar tidak salah pilih dalam menempati kamar.

Secara umum, hotel diartikan sebagai bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil untuk orang yang ingin menginap dan mendapatkan pelayanan. Dalam perkembangannya, hotel akhirnya dinikmati orang bukan untuk sekedar untuk menginap saja, melainkan juga untuk berwisata.

Dalam dunia pariwisata, hotel memang menjadi peranan yang sangat penting. tidak jarang loh ada orang yang rela pergi untuk berlibur hanya untuk menginap di jenis hotel tertentu saja. mirip halnya dengan restoran, hotel juga menjadi daya dukung yang besar sebagai tempat wisata.

Lalu apa saja sih jenis-jenis kamar hotel yang wajib kamu ketahui? Yuk, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Jenis-Jenis Kamar Hotel

Kenali 20 Jenis Status Kamar Hotel Ini Sebelum Menginap
kompas.com

Perhatikan baik-baik jenis kamar hotel ini sebelum kamu menginap. Informasi ini akan sangat bermanfaat untuk kamu ketika sedang berwisata dan mencari penginapan yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Dijamin tidak akan salah pilih deh.

Status kamar hotel ini dibuat oleh room attendant untuk menunjukkan keadaan kamar yang berbeda satu sama lainnya. selain untuk mempermudah pekerjaan, menggolongkan jenis kamar hotel yang berbeda berfungsi untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus dilakukan di jenis kamar tertentu.

Jenis kamar hotel yang berbeda-beda tersebut biasanya bisa dilihat oleh semua karyawan hotel dan tamu yang menginginkan untuk menginap di hotel tersebut. jenis-jenis hotel tersebut akan muncul di property management system (PMS).

O = Occupied

Suatu kamar yang sedang ditempati oleh seseorang tamu yang sah dan teregistrasi pada hotel.

V = Vacant

Sebutan untuk kamar yang kosong.

OC = Occupied Clean

Kamar tersebut ditempati oleh seseorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang bersih.

OD = Occupied Dirty

Suatu tersebut sedang ditempati oleh seseorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang kotor. Hal tersebut terjadi karena perubahan status dari OC ke OD setelah melewati satu malam stay.

VCI = Vacant Clean Inspected

Kamar kosong sudah dibersihkan dan diperiksa oleh floor supervisor dan siap untuk ditempati oleh tamu baru

VC = Vacant Clean

Kamar tersebut kosong dengan keadaan bersih.

VD = Vacant Dirty

Kamar tersebut kosong dengan keadaan kotor. Kamar kotor tersebut disebabkan karena tamu yang sudah check out atau program cleaning dari housekeeping.

Comp = Compliment

Kamar yang teregister oleh seorang tamu dan kamar tersebut bersatatus free of charge (gratis).

HU = House Use

Kamar yang teregister dan digunakan oleh pihak manajemen hotel.

DND = Do not Disturb

Kamar yang menaruh tanda tersebut berarti tamu tidak ingin diganggu.

SO = Sleep Out

Tamu masih melakukan registrasi, namun kamar tidak dipergunakan karena tamu tersebut harus meninggalkan hotel beberapa hari atau tamu sedang tidur diluar area hotel.

Skip = Skipper

Tamu meninggalkan hotel tanpa melunasi semua kewajibannya.

OS = Out of Service

Status kamar sedang dalam perbaikan.

OOO = Out of Orde

Kamar tersebbut membutuhkan perbaikan yang serius, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan lebih dari satu hari. Perubahan tersebut disebabkan karena kerusakan di kamar atau program cleaning dari housekeeping out of order mengurangi room availability.

DO/ED = Due Out / Expected Departure

Daftar kamar yang diharapkan untuk check-out hari tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam tanggal departure.

EA = Expected Arrival

Daftar nama-nama tamu yang akan tiba dihari tersebut

CO = Check Out

Tamu yang sudah meninggalkan hotel hari ini telah melunasi semua kewajibannya, termasuk menyerahkan kunci kepada front office

LCO = Late Check Out

Tamu meminta untuk meninggalkan hotel lebih lambat dari waktu check out yang ditentukan.

ONL = Occupied no Luggage

Tamu masih melakukan registrasi pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.

DL = Double Lock

Kenali 20 Jenis Status Kamar Hotel Ini Sebelum Menginap
tokopedia.com

Permintaan tamu kepada hotel agar melakukan double lock. Oleh karena itu, tidak seorangpun dapat masuk ke kamar tersebut.

Informasi tentang kamar hotel ini bukan hanya bermanfaat untuk tamu yang akan menginap saja, melainkan juga untuk room attendant yang akan membersihkan kamar agar meminimalisir kesalahan saat bertugas.

Selain jenis-jenis kamar hotel, kamu juga harus mengetahui tentang siklus perubahan status kamar yang ada di hotel. Perubahan status kamar adalah urutan perputaran kamar hotel yang sudah selesai disewa dan siap untuk di tempat pelanggan yang baru. Siklus perubahan status kamar hotel ini biasanya disebut dengan life cycle room.

Ada banyak istilah lain yang harus kamu ketahui tentang status-status kamar yang ada di hotel. Salah satunya adalah the status of guest room. the status of guest room adalah kesiapan ruangan yang telah diatur dan siap digunakan oleh tamu.

Istilah lainnya misalnya adalah rekonsiliasi status kamar yang diartikan sebagai sebuah proses untuk memastikan bahwa kamar yang dipilih adalah benar berdasarkan statusnya yang sekarang dan akan berganti menjadi status yang baru ketika akan disewakan ke tamu.

Mengetahui status kamar hotel sangat penting untuk diketahui oleh karyawan hotel agar bisa dijaga kebersihannya secara berkala. Untuk mengecek kebersihan dan keadaan kamar hotel dikomunikasikan menggunakan statusnya tersebut. status kamar hotel tersebut

Salah satu yang bertugas untuk mengatur jenis dari status kamar hotel ini adalah room attendant. Ia adalah salah satu posisi di dalam departemen housekeeping yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan kamar, kelengkapannya, dan kerapihan kamarnya sebelum tamu akan datang.

Pekerjaan yang dilakukan oleh room attendant ini tidak semudah yang kita bayangka loh. ia harus memahami SOP tertentu, meski hanya menyiapkan kamar. Apalagi, room attendant ini bukan hanya membersihkan satu kamar saja, melainkan kurang lebih sebanyak 20 kamar.

Selain mengganti status kamar hotel, tanggung jawab room attendant ini adalah making bad. Making bed adalah mempersiapkan tempat tidur tamu.

Beberapa hal yang dilakukan room attendant dalam membersihkan kamar tamu adalah mulai dari berkomunikasi dengan housekeeping untuk mengecek daftar hadir yang terdapat dalam kolom time in.

Room attendant akan meminta daftar kamar mana saja yang perlu untuk dibersihkan. Daftar tersebut dinamakan room assignment sheet yang disiapkan oleh floor supervisor. Setelah itu, room attendant bisa langsung mengambil masing-masing kunci kamarnya.

Ia kemudian memeriksa kondisi kamarnya dengan sesama. Sesi pembersihan kamar dilakukan dengan kamar yang memiliki tanda make up room.

Itu dia informasi mengenai jenis-jenis status kamar hotel. Kami juga memberikan informasi tambahan tentang bagaimana petugas hotel menyiapkan kamar untuk tamu. Semoga membantu! Tunggu informasi seputar hotel pada artikel berikutnya.

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *