Jenis kitchen utensil
https://adjar.grid.id/

Jenis Kitchen Utensil dan Kegunaannya

Memasak adalah suatu kegiatan yang paling banyak di gemari oleh setiap orang. Memasak dan beraktivitas di dapur rasanya kurang lengkap jika kalian belum memiliki kitchen utensils yang memadai.

Sebenarnya ada beberapa kitchen utensils yang wajib kalian miliki supaya kegiatan masak memasak di dapur akan terasa lebih mudah, menyenangkan dan tentunnya nyaman.

Pada dasarnya, kitchen utensils merupakan peralatan masak dengan ukuran kecil yang memiliki fungsi untuk membantu proses memasak di dapur.

Sebagian orang mungkin masih terdengar asing dengan sebutan tentang peralatan kitchen utensil. Mengingat istilah ini yang tidak lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi orang awam.

Namun yang pasti istilah tersebut sering kali dipakai untuk sebutan beberapa peralatan dapur atau alat memasak.

Kitchen Utensil merupakan bentuk peralatan masak dapur yang berbentuk kecil dan simpel, dengan berat produk pada umumnya lebih ringan.

Kitchen Utensil dapat di gunakan secara manual maupun dapat juga di gunakan secara elektrik, tergantung dari kegunaannya masing – masing pengguna.

Kitchen utensil memiliki macam – macam dan jenis yang berbeda-beda menurut bentuk dan fungsinya. Peralatan dan perlengkapan masak pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam dua jenis yaitu kitchen utensil dan kitchen equipment.

Jenis – Jenis Kitchen Utensil

Jenis Kitchen Utensil dan Kegunaannya
https://www.mrkitchen.co.id/

Berikut beberapa jenis – jenis kitchen untensil yang wajib kalian ketahui :

1.   Panci

Panci merupakan peralatan paling umum dan biasanya selalu ada dalam setiap dapur baik itu pemakaian rumahan, restoran, dan lain sebagainya.

Namun peralatan yang satu ini mempunyai banyak ukuran mulai dari yang paling kecil hingga yang besar. Selain itu, panci juga mempunyai banyak jenis dengan fungsi yang berbeda – beda seperti khusus untuk membuat sayur.

Selain itu juga ada panci yang bertangkai berfungsi untuk memasak atau membuat saus. Ada pula panci yang memang di desain khusus untuk merebus air hingga memasak sup ataupun menumis makanan.

Keberagaman jenis panci berdasarkan fungsinya itu bertujuan untuk memudahkan kalian ketika membuat suatu makanan agar hasilnya lebih maksimal.

2.   Penggorengan

Penggorengan merupakan salah satu aalat jenis kitchen utensil yang pada umumnya berfungsi sebagai alat penggoreng.

Alat penggoreng ini memiliki peranan yang sangat penting untuk memasak jenis makanan apa saja dengan cara di goreng dengan menggunakan minyak.

3.   Alat pemanggang

Selain penggorengan, jenis kitchen utensil yang satu ini juga memiliki fungsi yang beragam. Di Indonesia ada banyak sekali jenis makanan yang di masak dengan cara dipanggang, oleh karena itu beberapa tempat makan wajib kudu mempunyai kitchen utensil yang satu ini.

Pemanggan tentu mempunyai banyak macam dan memiliki fungsi dan kegunaannya masing – masing, contohnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Fancy grill merupakan pemanggang khusus yang di gunakan untuk memanggang sosis, daging, dan semacamnya.
  • Multi grill adalah pemanggang yang sifatnya multifungsi, dimana bagian sisinya bergigi dan sisi yang lain tetap datar, sehingga bisa memanggang beragam bahan makanan.
  • Ultra grill merupakan alat pemanggang yang biasanya digunakan untuk memanggang udang dan beberapa jenis – jenis ikan lainnya.
  • Snack maker adalah salah satu jenis alat pemanggang khusus untuk membuat kue atau makanan ringan.

4. Sarung Tangan Tahan Panas

Jenis Kitchen Utensil dan Kegunaannya
https://www.jakartanotebook.com/

Sarung tangan tahan panas ini sadalah salah satu peralatan jenis kitchen utensil yang wajib kalian miliki. Banyak orang menganggap peralatan yang satu ini hal yang sepele.

Bahkan banyak orang yang tidak memiliki sarung tangan tahan panas untuk beraktivitas di dapur, dan mereka cenderung hanya mengandalkan capitan untuk mengangkat wadah masak dari oven ataupun memakai tangan secara langsung untuk memindahkan wadah masak dari atas kompor ke tempat lain.

Hal itu membuat risiko wadah yang panas tersebut terjatuh ataupun melukai tangan dan tubuh sendiri pun menjadi lebih besar.

5. Spatula

Setiap orang yang suka memasak tentunya sangat membutuhkan jenis kitchen utensils yang satu ini. memasak apa pun di wajan, panci ataupun penggorengan, kitchen utensils berupa spatula pasti sangat dibutuhkan sebagai sendok masak.

Spatula berbahan stainless steel merupakan pilihan ideal untuk masak – memasak di dapur. Kitchen utensils dengan bahan stainless steel cenderung lebih tahan panas dan tidak berkarat sehingga aman di gunakan untuk makanan.

Selain itu, spatula berbahan stainless steel juga tidak mudah patah ataupun melengkung. Dengan demikian, kitchen utensils ini pun akan lebih tahan lama.

6. Sutil Silikon

Sutil silicon ini adalah salah satu jenis kitchen utensil yang biasa kita sebut dengan spatula. Spatula memiliki material yang beragam, selain spatula dengan material stainless steel, terdapat pula spatula dengan material dari silicon.

Sutil silikon ini biasanya di gunakan sebagai sendok masak ketika kita memasak menggunakan wadah berbahan teflon ataupun stoneware.

Spatula silicon atau sutil silicon ini tidak mudah menggores ataupun merusak wadah masak kalian karena memiliki bahan yang lebih lentur.

Selain itu, spatula atau sutil silicon ini memiliki jenis warna yang lebih bervariasai sehingga terlihat lebih menarik.

7. Sendok Sup

Bagi kalian yang gemar memasak, tentu kalian tidak hanya memasak dengan cara menggoreng ataupun membuat tumisan, tentu kalian juga akan memasak makanan yang berkuah, apalagi di waktu musim dingin.

Maka dari itu, sendok sup ini merupakan salah satu jenis kitchen utensil yang wajib kalian miliki.

8. Cuting Utensil

Cutting utensil merupakan  peralatan yang digunakan untuk memotong bahan makanan baik itu sayuran, bahan pokok masakan maupun untuk memotong bumbu – bumbu lainnya.

Berikut di bawah ini merupakan jenis alat potong antara lain sebagai berikut :

  • Vegetable knife, yaitu pisau yang di gunakan untuk memotong sayuran.
  • Chef’s knife, yaitu pisau yang di gunakan  untuk memotong daging, mengiris sayur – sayuran, hingga mencincang bawang merah dan bawang putih serta berbagai bumbu-bumbu masakan.
  • Pisau paring, yaitu pisau yang di gunakan untuk mengupas kulit buah dan sayur
  • Bread knife, yaitu pisau yang digunakan untuk memotong roti.
  • Clever, yaitu pisau yang digunakan untuk memotong daging besar, dengan bentuk persegi panjang.
  • Boning knife, yaitu pisau yang di gunakan untuk memisahkan daging dengan tulang.
  • Mincing knife, yaitu pisau yang biasanya digunakan untuk mencincang daging.
  • Chopping knife: pisau yang biasanya digunakan untuk mencincang bahan makanan baik itu sayur, bumbu, atau daging.

9. Kompor Gas

Kompor Gas adalah salah satu alat jenis kitchen utensil yang paling utama dan wajib di miliki. Kompor gas merupakan kitchen utensil yang mengeluarkan api dan berfungsi untuk memasak atau memanaskan makanan.

10. Oven

Oven adalah salah satu alat kitchen utensil yang digunakan untuk memanggang daging, pizza, sosis dan lainnya.

Terdapat dua jenis oven yaitu oven listrik dan oven kayu bakar yang masing – masing tentu memiliki fungsi yang berbeda tergantung dengan kebutuhannya.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *