Mengenal Jenis-Jenis Garnish Pada Minuman
idntimes.com

Mengenal Jenis-Jenis Garnish Pada Minuman

Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah garnish dalam makanan, namun bagaimana jadinya jika garnish terdapat pada minuman?.

Penggunaan garnish pada minuman sama populernya dengan garnish dalam makanan dengan memberikan sedikit tampilan unik menjadikan sentuhan akhir sempurna untuk meningkatkan rasa serta memberikan kesan menggugah selera bagi pengunjung.

Pengertian Garnish 

Secara umum garnish diartikan sebagai hiasan, atau penghias pada hidangan. Potongan kecil makanan dengan tujuan digunakan untuk hiasan demi meningkatkan penampilan pada makanan.

Berbagai tipe garnish menghiasi tampilan minuman baik di bar, restoran bahkan di hotel. Ada banyak sekali jenis, ukuran bahkan teknik pembuatannya. Biasanya penggunaan garnish pada minuman berbahan dasar buah, meski ada beberapa jenis sayuran yang dipakai untuk hidangan garnish pada minuman tergantung kepada minuman yang dipesan oleh para pengunjung.

Penggunaan garnish pada minuman bisa dilihat kembali pada abad ke-19, dimana koktail menjadi populer di Amerika Serikat. Garnish digunakan sebagai hiasan pada koktail, dengan tujuan meningkatkan keindahan dan aroma yang menyegarkan.

Adapun penggunaan garnish terkenal yakni koktail Martini yang disajikan menggunakan irisan lemon atau olive sebagai garnish, selain Martini garnish juga digunakan pada koktail lain. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan garnish pada minuman telah berkembang terutama pada minuman beralkohol seperti koktail, wine, dan bir.

Contoh Garnish pada Minuman 

Mengenal Jenis-Jenis Garnish Pada Minuman
food.detik.com

Tidak hanya irisan lemon sebagai garnish, berikut beberapa contoh garnish yang digunakan pada minuman :

Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah garnish yang sering digunakan pada minuman, terutama minuman beralkohol seperti mojito dan margarita. Selain memiliki aroma yang segar, irisan jeruk nipis mampu memberikan rasa asam yang menyegarkan dan mampu menyeimbangkan rasa pada minuman.

Potongan buah segar

Biasanya buah segar yang sering digunakan adalah strawberry, blueberry, rasberry. Selain memberikan rasa indah pada tampilan, irisan buah juga memberikan rasa berbeda pada minuman terutama minuman buah seperti smoothie atau mocktail.

Daun mint

Daun mint sering digunakan untuk tampilan garnish pada minuman seperti mojito, lemonade, teh dingin. Daun mint tentu mengeluarkan aroma segar, rasa segar pada minuman.

Bunga

Garnish bunga diantaranya lavender, rosemary, atau chamomile. Selain memberikan tampilan indah, juga aroma yang khas dari masing-masing bunga.

Potongan buah asam

Selain irisan buah, potongan buah asam juga menjadi pilihan dalam penggunaan garnish minuman. Seperti buah kiwi atau lemon pada minuman beralkohol.

Tips Membuat Garnish Minimalis dan Cantik

Membuat garnish dapat meningkatkan tampilan hidangan kamu, maka berikut tips untuk membuat garnish minimalis dan cantik :

  • Gunakan pisau yang tajam

Sebelum memulai membuat garnish minuman, pastikan dahulu kamu memiliki pisau yang tajam. Dengan tujuan untuk memotong bahan dengan tepat dan rapi.

  • Pilihlah bahan garnish yang cocok

Memilih bahan garnish yang tepat untuk hiasan garnish kamu, seperti menggunakan sayuran, buah-buahan, atau rempah-rempah pilihan yang cocok digunakan pada hidangan minuman kamu.

  • Menggunakan teknik memotong yang tepat

Teknik memotong yang benar dan tepat bisa membantu kamu, untuk membuat garnish minimalis, rapi, dan cantik. beberapa teknik memotong bisa menjadi pilihan dan bisa dicoba diantara nya : julienne, chiffonade, dan brunoise.

  • Cobalah untuk fokus kepada warna

Memilih warna dalam pembuatan garnish sangatlah diperlukan, karena dengan memilih warna yang kontras untuk hidangan minuman kamu akan menambah keindahan atau estetik. Sehingga daya tarik secara visual bisa terlihat.

  • Perhatikan bentuk

Membuat garnish tidak semata-mata dibuat begitu saja, bentuk garnish bisa mempengaruhi tampilan ketika dihidangkan. Maka pilihlah bentuk garnish sesuai dengan tema hidangan atau bentuk yang mudah dibuat, seperti bola, segitiga, dan yang lainnya.

  • Gunakan konsep minimalis

Usahakan jangan terlalu banyak membuat garnish untuk ditampilkan, karena jika terlalu banyak bukan indah. Justru bisa mengganggu tampilan garnish pada hidangan dan mengurangi kesan pada minimalis.

  • Cobalah praktik dan kreatif

Berlatih menjadi kunci untuk senantiasa upgrade ketika membuat garnish, terutama bereksperimen dengan berbagai macam teknik, maupun bahan dalam membuat garnish. Dan akhirnya dengan proses tersebut mampu membuat garnish lainnya dengan tidak melupakan konsep minimalism, cantik dan rapi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Menggunakan Garnish pada Minuman

Kali ini, menjelaskan bagaimana membuat garnish pada minuman dengan bahan utama jeruk. Adapun, bentuk yang akan dibikin adalah garnish berbentuk sayap burung. Simak beberapa cara garnish pada minuman:

Alat yang harus disiapkan

  • Gelas jus
  • Pisau kecil
  • Tusuk Gigi

Bahan yang harus disiapkan

  • Garnish berbahan dasar Jeruk (pilihan jeruk bisa bermacam-macam, tergantung preferensi masing-masing)
  • Gula pasir
  • Buah Ceri (sebagai tambahan garnish)

Cara membuat garnish

  • Potong jeruk tepat dibagian tengah, sehingga jeruk menjadi dua bagian.
  • Lalu, potong belakang jeruk sampai berbetuk setengah oval kecil.
  • Keluarkan isi jeruk, sehingga yang tersisa hanya jeruk bagian kulitnya.
  • Setelah bersih dan tinggal setengah oval kecil, potong tipis tanpa terputus sehingga bentuk oval pada jeruk masih utuh.
  • Setelah di potong, maka berikan potongan yang kedua secara zigzag tanpa terputus.
  • Setelah itu, lipat dari arah berlawanan sehingga berbentuk sayap burung.
  • Tusuk bagian bawah garnish agar tidak terlepas, dengan menggunakan tusuk gigi.
  • Siapkan gelas jus, dan berikan gula pasir diatasnya. Agar gula pasir menempel, maka celupkan atas gelas dengan air.
  • Tempelkan garnish sayap burung diatas gelas jus.
  • Garnish minuman siap disajikan.

Penggunaan garnish pada minuman tidak hanya memberikan kecantikan pada visual maupun rasa, akan tetapi memberikan value lain yang menjadi poin tambahan pada minuman. Berikut beberapa nilai tambah yang dihasilkan dari garnish pada minuman:

  • Kesegaran : garnish seperti jeruk nipis dan daun mint menjadi aroma khas dan memberikan rasa segar pada minuman sebagai kesan pertama.
  • Eksklusivitas : tampilan dengan garnish yang ekslusif dapat memberikan kesan utuh pada minuman, seperti penggunaan tipe buah eksotis seperti manggis atau durian bisa memberikan kesan yang lebih premium pada minuman.
  • Estetika : memberikan tampilan yang lebih indah melalui garnish seperti bunga atau irisan buah.

Di Indonesia penggunaan garnish tidak kalah menarik, bahkan terkadang tampilan minuman dihidangkan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti daun pandan, daun sirih bahkan jahe. Karena kekuatan aroma dan ciri khas pada minuman, mampu memperkaya pengalaman dalam menyantap minuman bagi pengunjung.

Namun, sering juga menyesuaikan dengan tema maupun acara yang sedang dilakukan. Misalnya pada acara formal yakni pernikahan, seringkali menggunakan bahan-bahan yang lebih elegant dan mewah. Contoh utama nya minuman disertai garnish bunga mawar bahkan daun emas.

Tidak hanya memberikan sentuhan secara visual yang cantik, garnish juga memberikan aroma dan cita rasa yang unik pada minuman. Apapun minumannya, garnish bisa membuat terlihat cantik, lebih menarik, dan istimewa. Dengan garnish, minuman akan seperti karya seni yang diukir oleh tangan pembuatnya yang bisa memikat semua orang.

Cobalah untuk menambahkan garnish pada minumanmu, dengan tidak melupakan sentuhan istimewa dan menyegarkan. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan garnish yang berbeda-beda dan buatlah kesan yang tak terlupakkan pada minumanmu.

 

 

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *