Hotelier adalah? Berikut Penjelasan yang Harus Kamu Ketahui
iefasemarang.com

Hotelier Adalah? Berikut Penjelasan yang Harus Kamu Ketahui

Apakah kamu tertarik untuk membangun karir di bidang perhotelan? Banyak orang melirik karir ini sebagai pekerjaan yang menurutnya sangat menyenangkan. istilah para pekerja hotel pun bermacam-macam. Salah satunya adalah hotelier.

Kamu mungkin belum terlalu familiar dengan istilah hotelier ini. orang-orang menganggap bahwa hotelier adalah orang biasa yang bekerja di hotel saja. padahal pengertian tersebut salah.

Hotelier adalah orang yang menempati posisi penting di hotel. Ia bukan pekerja hotel biasa yang menggunakan seragam dan membantu kamu untuk melakukan check in, menunjukan kamar, hingga check out. Hotelier menempati posisi lebih atas dari staf hotel.

Penasaran dengan siapa itu hotelier? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Hotelier?

Hotelier adalah? Berikut Penjelasan yang Harus Kamu Ketahui
amesbostonhotel.com

Berdasarkan istilahnya, hotelier berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah seorang yang memimpin operasional hotel. Beberapa orang juga menyebut hotelier sebagai pemilik sebuah hotel.

Istilah hotelier sebenarnya bukan hanya diperuntuk untuk para pemimpin hotel saja, melainkan juga motel, resort, villa, dan jenis bisnis penginapan lainnya.

Hotelier adalah orang-orang yang berada pada posisi eksekutif di dalam sebuah hotel. Maksudnya sekumpulan eksekutif adalah hotelier biasanya terdiri dari para komisaris maupun para manajer umum dalam hotel tersebut.

Jika para staf menggunakan seragam biasa, para hotelier ini biasanya mengenakan jas hitam. Kamu juga bisa menemui mereka di sekitaran hotel.

Banyak orang merasa berkarir menjadi seorang hotelier cukup menjanjikan. Bisa dibilang menjadi seorang hotelier termasuk posisi yang bergengsi. Skill yang dibutuhkan pun tidak sembarangan.

Untuk menjadi seorang hotelier yang handal, kamu harus memiliki pemahaman dan pengalaman mengelola bisnis yang cukup. apa lagi menjalankan bisnis perhotel bukanlah perkara yang mudah.

Untuk mengasah skill kamu dan mempersiapkan karir yang ingin kamu jalankan, banyak institusi pendidikan yang berfokus pada karir di bidang perhotelan. Kamu bisa bersekolah atau memilih universitas yang menawarkan jurusan ini untuk menunjang karirmu.

Banyak sekali tugas yang harus dilakukan oleh seorang hotelier. Beberapa tugasnya misalnya seperti menjaga kebersihan, mengontrol fasilitas hotel, mangatur penjualan, memanajemen berbagai bentuk pemasaran yang dilakukan, mengontrol pendapatan dan pengeluaran keuangan, dan masih banyak tugas umum lainnya.

Sekilas tugas-tugas di atas memang seharusnya dilakukan oleh staf hotel di bawahnya, sehingga tugas dari seorang hotelier lebih bisa dibilang sebagai pengontrol atau manager.

Orang telah salah kaprah mengartikan hotelier sebagai orang yang bekerja di hotel. Padahal, yang banyak orang maksudnya sebagai hotelier itu adalah karyawan, dan arti dari hotelier yang asli adalah pemimpin atau pemilik hotel itu sendiri.

Menjadi seorang hotelier tidaklah mudah, kamu mengharuskan memiliki sifat di bawah ini untuk menjadi seorang hotelier yang baik. Berikut ini adalah sifat-sifat yang harus ada di diri seorang hotelier.

1. Jujur

Seorang hotelier akan memimpin para staf hotel untuk bekerja. Seorang pemimpin haruslah menjadi panutan orang-orang di bawahnya.

Menjadi seorang hotelier yang jujur akan disenangi oleh karyawan hotel yang lain, terlepas bahwa semua posisi pekerjaan juga mengharuskan kejujuran sebagai sifat yang memang harus dimiliki.

Dengan memiliki sifat yang jujur, kepercayaan akan terbangun antara bawahan dan atas. Ketika kepercayaan sudah terbangun satu sama lain, semua pekerjaan apapun akan bisa dijalankan dengan mudah. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi lingkungan kerja.

Bukan hanya pimpinan dan bawahan saja yang merasakan dampaknya, tamu juga akan merasakan dampaknya jika pelayanan yang diberikan oleh hotel tersebut sangatlah baik.

2. Terbuka

Selain jujur, sifat yang harus dimiliki oleh seorang hotelier adalah terbuka. Sifat terbuka akan memudahkan proses penyelesaian apabila terjadi permasalahan.

Keterbukaan hotelier juga akan disukai oleh tamu. Apa lagi jika ia sangat terbuka dengan kritik dan saran yang disampaikan oleh tamu.

3. Profesional

Menjadi seorang hotelier tidak boleh mudah terbawa perasaan. Akan ada banyak permasalahan yang terjadi di lapangan, entah itu berasal dari karyawan maupun dari tamu.

Dengan memiliki sifat yang profesional, kamu akan tetap berusaha menjaga sikap dan kualitas pekerjaanmu apapun kondisi yang sedang terjadi. Kamu adalah orang yang sedang menjalani profesi dalam pelayanan sebuah hotel, jadi harus bersikap sebagaimana mestinya, yah.

4. Pekerja keras

Bekerja keras disini maksudnya bukan kamu bekerja tanpa henti selama berjam-jam. Pekerja keras maksudnya adalah bersikap kreatif dan inovatif terhadap perkembangan kondisi hotel yang pasti terus berubah setiap saat. kamu memerlukan ide-ide baru yang segar agar hotel tetap berjalan dengan baik dan maju.

5. Disiplin

Meski hotelier adalah seorang pemimpin, ia tetap harus disiplin dalam menjalankan pekerjaannya. bukan berarti seorang pemimpin bisa memasrahkan semua pekerjaannya ke bawahannya begitu saja.

Hotelier juga harus mematuhi tata tertib yang berlaku dalam hotel tersebut. ia harus selalu hadir, menyapa dengan sopan karyawan dan para tamu, dan bersikap baik kepada siapa saja tak memandang bulu.

6. Sopan dan penyabar

Tamu di dalam hotel pasti memiliki sifat yang bermacam-macam. Pasti biasanya terdapat tamu yang sedikit-sedikit melakukan komplain dengan perusahaan. Sebagai seorang hotelier yang profesional, ia harus menangani tamu dengan sopan dan sabar, meskipun tamu tersebut marah-marah.

Sudah menjadi hal yang wajar apabila ada tamu yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Sebagai seorang hotelier yang bijaksana, kamu harus menghadapinya dengan tenang tanpa memarahinya balik.

7. Tersertifikasi

Selain sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang hotelier diatas, penting sekali bagi perusahaan untuk memiliki hotelier yang telah tersertifikasi kompetensinya. Sertifikasi kompetensi tersebut untuk membuktikan bahwa hotelier memang terbukti berpengalaman dan siap bekerja dengan baik di posisi tersebut.

Selain menguasai beberapa sifat di atas, berikut ini adalah segudang tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang hotelier saat bekerja. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memahami dan menguasai teknik marketing dengan baik
  2. Mampu menjamin kinerja karyawan dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  3. Memastikan bahwa semua karyawan yang ada di hotel sudah bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku
  4. Memberikan teguran yang tegas apabila terdapat karyawan yang melanggar tata tertib
  5. Ikut menangani dan menyelesaikan setiap permasalahan yang dialami oleh tamu
  6. Selalu hadir dalam kondisi-kondisi yang penting dan mendesak
  7. Memastikan operasional hotel berjalan dengan baik dan semestinya
  8. Bertanggung Jawab pada proses rekrutmen baru dan bekerjasama dengan staff HRD
  9. Membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di departemen tertentu
  10. Menjadi contoh yang baik dengan para karyawan yang ada di hotel

Bisa dibilang menjadi seorang hotelier harus serba bisa dan multitasking. Ia juga harus memiliki jika kepemimpinan dan kemampuan komunikasi yang baik. Meski menjadi seorang pemimpin, ia diharuskan untuk mengerti yang dilakukan oleh semua karyawan di dalam hotel.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *