Mengenal GOP Hotel : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat
studipariwisata.com

Mengenal GOP Hotel : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat

GOP atau Gross Operating Profit merupakan istilah keuangan yang digunakan dalam industri perhotelan dan pariwisata, hal ini mengacu kepada pendapatan kotor yang dihasilkan oleh sebuah hotel atau pariwisata setelah mengurangi biaya operasional seperti biaya makanan, minuman, tenaga kerja, bahan kimia, dan kebutuhan operasional lainnya.

Pengertian Gross Operating Profit

GOP digunakan sebagai salah satu indikator kinerja keuangan bagi manajemen hotel, hal ini membantu memahami seberapa efektif bisnis mereka dalam menghasilkan pendapatan bersih. Dan mengidentifikasi dimana penghematan dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan.

Hasil hitungan GOP adalah dari pendapatan kotor lalu dikurangi dengan biaya langsung. Setelah biaya dikurangi maka itulah hasil GOP, angka ini kemudian dibandingkan dengan target atau rata-rata industri untuk melihat seberapa baik hotel atau properti pariwisata dalam menghasilkan keuntungan.

Dalam dunia perhotelan, GOP memiliki faktor penting dalam memutuskan harga kamar, harga kamar lebih tinggi biasanya ditetapkan di hotel yang memiliki GOP yang lebih tinggi juga. Hal demikian bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Konsep ini muncul sebagai bagian dari upaya memahami lebih baik sebuah hotel dalam menghasilkan pendapatan dan mengelola biaya operasionalnya. Sebelum adanya GOP, umumnya hotel hanya mengukur kinerja keuangannya berdasarkan pendapatan kotor atau total pendapatan yang dihasilkan.

Namun sayangnya tidak menampilkan gambaran lengkap tentang kinerja keuangan karena mempertimbangkan biaya makanan, minuman, tenaga kerja, dan yang lainnya. Setelah menggunakan konsep GOP, hotel dan segala properti pariwisata bisa memahami lebih baik mengenai bagaimana pendapatan mereka digunakan untuk mengelola biaya operasional.

Jenis-Jenis Gross Operating Profit

Dengan menghitung biaya langsung maka manajemen hotel bisa memastikan bahwa mereka menghasilkan keuntungan yang cukup dan mempertimbangkan cara-cara untuk meningkatkan keuntungan. Ada beberapa jenis GOP yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan bisnis, yakni :

  • Total GOP

Keuntungan kotor yang diperoleh oleh bisnis dari semua operasinya, termasuk penjualan barang jasa dan sumber pendapatan lainnya.

  • GOP Kamar

Keuntungan kotor yang diperoleh hotel dari penjualan kamar tamu, dihitung dengan mengurangi biaya langsung terkait penyewaan kamar, seperti housekeeping dan laundry. Dari pendapatan yang diperoleh dari penyewaan kamar.

  • GOP makanan dan minuman

Keuntungan kotor yang diperoleh oleh hotel dari penjualan makanan dan minuman, ini dihitung dengan mengurangi biaya langsung terkait persiapan, penyajian makanan, seperti biaya makanan, minuman, biaya tenaga kerja, dari pendapatan yang diperoleh dari penjualan makanan dan minuman.

  • GOP departemen lain

Keuntungan yang diperoleh hotel dari sumber pendapatan lainnya, seperti penyewaan ruang rapat, layanan spa, dan penjualan lainnya.

  • Total GOP hotel

Keuntungan hotel yang diperoleh hotel dari semua operasinya, termasuk makanan, minuman, kamar, dan pendapatan department lainnya.

  • Net GOP

Total GOP yang diperoleh bisnis setelah dikurangi biaya non-operasionalnya seperti bunga dan pajak.

Faktor yang Mempengaruhi Gross Operating Profit

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi GOP (Gross Operating Profit) diantaranya adalah :

  1. Tingkat hunian hotel

Tingkat hunian dapat mempengaruhi GOP hotel karena semakin tinggi tingkat hunian, semakin banyak pendapatan yang dihasilkan oleh hotel. Semakin tinggi pendapatan, semakin tinggi pula potensi untuk meninggkatkan GOP hotel.

  1. Harga kamar

Harga kamar dapat mempengaruhi GOP hotel,  karena semakin tinggi harga kamar semakin banyak pendapatan yang dihasilkan oleh hotel. Namun,harga kamar yang terlalu tinggi juga dapat mengurangi tingkat hunian hotel, sehingga perlu dicari keseimbangan antara harga kamar dan tingkat hunian hotel.

  1. Biaya operasional

Biaya operasional dapat mempengaruhi GOP hotel karena semakin tinggi biaya operasional, semakin rendah pendapatan bersih yang dihasilkan oleh hotel. Maka dari itu, manajemen hotel perlu memperhatikan dan mengelola biaya opeasional dengan efektif.

  1. Lokasi hotel

Lokasi hotel dapat mempengaruhi GOP hotel, karena lokasi yang strategis dapat menarik lebih banyak tamu dan meningkatkan tingkat hunian hotel. Sebaliknya, lokasi  yang kurang strategis dapat mengurangi tingkat hunian hotel.

  1. Fasilitas hotel

Fasilitas hotel juga dapat mempengaruhi GOP hotel karena semakin baik fasilitas hotel, semakin banyak tamu yang tertarik untuk menginap dan semakin tinggi harga kamar yang dapat diberikan. Oleh sebab itu, manajemen hotel perlu memperhatikan dan meningkatkan fasilitas hotel secara terus-menerus.

  1. Tingkat persaingan

Tingkat persaingan dengan hotel-hotel lain di sekitar bisa mempengaruhi GOP hotel, karena semakin banyak hotel yang bersaing. Semakin sulit untuk menarik tamu dan meningkatkan tingkat hunian hotel. Maka dari itu, manajemen hotel perlu memperhatikan bagaimana mengelola dan memenangkan persaingan.

Manfaat Gross Operating Profit

Setelah melihat bagaimana jenis-jenis mengenai GOP, saatnya melihat bagaimana manfaat dari Gross Operating Profit :

  • Mengukur efektivitas manajemen operasional

  • Memaksimalkan profitabilitas

  • Menentukan harga kamar yang tepat

  • Menemukan strategi pemasaran

  • Meningkatkan kualitas layanan

Kekurangan Gross Operating Profit

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan GOP Hotel, diantaranya adalah

  • Tidak memperhitungkan bagaimana skala panjang

GOP Hotel hanya mengukur bagaimana pemasukan operasional bersih yang dihasilkan oleh hotel, dan biasanya hanya skala jangka pendek. Tidak hanya itu tidak memperhitungkan bagaimana jarak panjang, seperti renovasi, perbaikan, perluasan, dan yang lainnya. Hal tersebut bisa menyebabkan kinerja keuangan buruk.

  • Tidak memperhitungkan perbedaan antara hotel dengan karakter yang berbeda

Kekurangan berikutnya adalah kurangnya memperhatikan dan memperhitungkan bagaimana perbedaan hotel dengan karakteristik yang berbeda. Seperti ukuran hotel, jenis kamar, atau bahkan sampai target pasar.

  • Tidak memperhitungkan faktor eksternal

GOP Hotel idealnya harus memperhitungkan faktor eksternal karena bisa mempengaruhi kinerja keuangan. Seperti kondisi ekonomi, kebijakan suatu pemerintahan, bahkan bencana alam.

  • Tidak memperhatikan faktor selain keuangan

Kekurangan berikutnya adalah tidak memperhatikan diluar kinerja keuangan, seperti bagaimana kepuasan para tamu terhadap pelayanan hotel, kualitas layanan, bahkan reputasi terhadap sebuah hotel. Hal ini harus diperhatikan mengingat tingkat keberhasilan harus memperhatikan segala aspek.

  • Tidak memperhatikan informasi secara rinci mengenai pemasukan

Kekurangan berikutnya, bisa menjadi pelajaran yang berharga karena informasi secara rinci sangat perlu dilakukan. Karena hal ini akan memberikan keberhasilan terhadap menajemen, bukan malah menjadikan faktor kesulitan yang harus dihadapi oleh manajemen hotel.

Secara keseluruhan, GOP hotel memberikan manfaat yang signifikan bagi manajemen hotel. Meningkatkan keuntungan, efesiensi operasional,meningkatkan kualitas layanan sehingga meningkatkan kepuasan nilai perusahaan dan kepuasaan para tamu.

Bahkan GOP sendiri menjadi materi penting yang digunakan oleh bisnis untuk mengukur kinerja keuangan dan profitabilitas hotel di Indonesia. Optimalkan GOP, dan raih harga yang lebih terjangkau demi mendapatkan kualitas dan kepuasan dari pelanggan. Selamat mencoba semoga bermanfaat !

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *