Mengenal Cocktail : Definisi, Macam-Macam Cocktail, Kekurangan dan Kelebihan
liquor.com

Mengenal Cocktail : Definisi, Macam-Macam Cocktail, Kekurangan dan Kelebihan

Cocktail merupakan jenis minuman yang didalamya memiliki aroma yang kuat, serta kandungan alkohol. Berbeda dengan mocktail yang memiliki rasa cenderung segar dan manis, cocktail cenderung lebih manis, pahit, dan asam. Biasanya jenis alkohol yang dicampurkan seperti vodka, wiski, gin,run dan yang lainnya.

Semakin dicampurkan dalam dosis yang cukup banyak, maka semakin keluar rasa yang sesungguhnya. Namun, sejauh ini cocktail memiliki kadar alkohol dengan persentase yang tinggi. Dalam buku Bartender’s Guide or How to Mix Drinks (1982) definisi cocktail adalah minuman beralkohol dengan campuran air, gula, serta bitters.

Apabila minuman ini dikonsumsi dalam porsi yang banyak, maka akan sangat memungkinkan mabuk bagi para peminumnya, karena itu tidak sembarang orang dapat membuat cocktail terlebih harganya yang mahal. Melihat asal mula dari mana cocktail tidak pasti. Namun, sejarah mencatat bahwa pertama kali muncul pada abad ke-18 di Amerika Serikat.

Pengertian Cocktail 

Pada saat itu, minuman beralkohol yang paling umum adalah whisky yang sering diminum oleh para peternak. dan pekerja pabrik. Tahun 1806 seorang editor surat kabar Bernama Harry Croswell menggunakan kata ‘cocktail’ untuk merujuk kepada minuman campuran whisky, gula, air, dan bitters.

Istilah tersebut kemudian populer apalagi ketika masuk abad ke-19, di Amerika Serikat dan Eropa banyak sekali bar dan restoran yang menawarkan menu cocktail. Bahkan tahun 1862, seorang bartender Bernama Jerry Thomas mengeluarkan buku yaitu ‘The Bartender’s guide’ yang berisi 200 resep cocktail.

Abad ke-20, minuman campuran ini mulai menjadi tren di seluruh dunia, inovasi cocktail baru bermunculan. Termasuk Martini, Manhattan, dan Negroni. Banyak juga yang menciptaan minuman berbeda untuk menyembunyikan rasa alkohol dari minuman illegal yang dibuat sendiri.

Lambat laun cocktail menjadi populer, dan menjadi simbol dari kehidupan sosial yang glamor. Biasanya setiap bar, ataupun tempat minum menyediakan jenis cocktail yang berbeda-beda. Ada juga koleksi langsung hasil pembuatan sendiri (homemade),dan khusus dibuat untuk setiap pengunjung.

Ada banyak jenis cocktail yang populer diantaranya Green Russians, Manhattan, French Connection. Berikut jenis cocktail dengan pemaparannya.

Jenis- Jenis Cocktail Populer  

Mengenal Cocktail : Definisi, Macam-Macam Cocktail, Kekurangan dan Kelebihan
nibble.id
  1. Martini : termasuk salah satu cocktail yang terkenal di dunia, terbuat dari gin dan vermouth dengan disajikan memakai gelas martini. Memakai hiasan lemon atau buah zaitun.
  2. Manhattan : cocktail yang terbuat dari whisky, vermouth, dan bitters. Disajikan dalam gelas cocktail dengan hiasan buah ceri diatasnya.
  3. Daiquiri : minuman campuran yang terbuat dari rum, jus lemon, dan gula. Disajikan dalam gelas cocktail yang dipadatkan dengan hiasan irisan lemon.
  4. Margarita : jenis minuman yang terbuat dari tequila, jus lemon, dan Cointreau atau triple sec. Disajikan dalam gelas cocktail dengan hiasan garam pada bibir gelas dan irisan lemon.
  5. Black Russian : seperti cosmopolitan, dimana black Russian dibuat dengan bahan utama vodka. Di masa tradisionalnya, vodka dituang pada gelas kuno yang sudah terisi dengan es batu. Namun sampai saat ini lebih banyak yang mencampurnya dengan coffee liqueur.
  6. Mojito : tidak hanya pada mocktail, cocktail juga hadir dengan bahan utama rum putih. Jenis cocktail mojito ini menjadi minuman keras khas kuba, untuk mengaburkan efek keras rum, mojito diberi soda, daun mint, limun dan gula tebu.
  7. Cuba Libre : cuba libre atau bebaskan kuba, adalah jenis cocktail yang berbahan dasar campuran rum putih, cola serta lemon.
  8. Pina Colada : pina colada terbuat dari rum, minuman pina colada menjadi minuman yang masih ada dari tahun 1978 dan resmi menjadi minuman keras.
  9. Caipirinha : jenis ini berasal dari Brazil, berbahan dasar cachaca. Kemudian ditambahkan es batu, jeruk nipis, dan gula disajikan memakai gelas kecil.
  10. Singapore Sling : jenis ini memakai bahan utama gin, ditambah campuran jeruk nipis, contreau, jus nanas, soda, dan daun mint.
  11. Negroni : cocktail khas Italia yang terbuat dari gin, dicampur dengan red vermounth, kulit jeruk dan Campari. Jenis cocktail ini merupakan salah satu jenis classic cocktail.

Jenis-Jenis Cocktail di Indonesia 

Meskipun minuman cocktail ini identik dengan mancanegara, namun Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk membuat langsung minuman segar beralkohol dengan rempah-rempah. Berikut jenis cocktail dari Indonesia.

  1. Java Mule : cocktail vodka dengan dipadukan bahan wedang uwuh, mulai dari jahe, cengkeh, hingga kayu secang.
  2. Kamikaze Ginger Honey : cocktail dari vodka yang dicampur dengan gingseng
  3. Mollucas : cocktail dari vodka dengan pisang ambon dan papeda.

Beberapa bar juga menyediakan minuman cocktail, dengan campuran bunga rosella atau cengkeh. Ada ciri khas dari minuman cocktail yakni selalu identik dengan hiasan payung kecil diatasnya. Meski tidak semua, namun sering kali menemukan hal demikian.

Tentu, secara umum cocktail identik dengan minuman musim panas sehingga kurang lengkap tanpa tampilan hiasan payung kecil. Hal demikian, diharapkan mampu menarik para pengunjung. Namun, menurut seorang profesor dari University of California-Berkeley mengungkapkan penjelasan dari sudut pandang sains. Dia menyebutkan ‘saat es mulai meleleh, maka temperatur akan naik di atas 0 derajat celcius dan penguapan alkohol akna meningkat’, dan fungsi payung kecil adalah untuk memperlambat penguapan tersebut.

Kelebihan Cocktail 

Dibalik sejarah yang Panjang dan jenis cocktail yang bermacam-macam, cocktail juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dari minuman beralkohol cocktail

  • Rasa yang selalu menggugah jiwa karena lezat dan menyegarkan
  • Mampu meningkatkan mood serta memancing inovasi
  • Menciptakan variasi-variasi baru atau konsep yang unik dan menarik
  • Bisa untuk menemani acara khusus maupun perayaan malam yang menyenangkan, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, bahan-bahan yang ditemukan mudah didapat seperti di toko alkohol atau supermarket.

Kekurangan Cocktail 

Tidak hanya kelebihan, kekurangan dari minuman alkohol tentu ada. Dan semoga bisa menjadi catatan utama.

  • Minuman beralkohol memiliki risiko bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Harga yang cenderung mahal di restoran maupun bar
  • Beberapa jenis cocktail mengandung banyak gula, kalori sehingga tidak cocok untuk orang yang sedang program diet. Sangat tidak disarankan untuk di konsumsi oleh anak-anak maupun Wanita hamil.

Ketika memutuskan untuk mengonsumsi cocktail, alangkah lebih baik untuk memperhitungkan kelebihan dan kekurangan dari minuman cocktail ini. Cocktail menjadi minuman yang menyenangkan jika dikonsumsi dengan bijak dan seimbang. Namun juga, bisa berpengaruh buruk kepada kesehatan dan keuangan jika tidak memperhatikan. Maka dari itu selalu menjaga keseimbangan dalam mengonsumsi minuman beralkohol termasuk cocktail.

Semoga artikel ini menambah wawasan mengenai definisi cocktail, jenis-jenis cocktail, kelebihan serta kekurangan dari minuman beralkohol ini. Jika kamu ingin mencoba minuman beralkohol untuk memenuhi pengalaman, jangan terlalu berlebihan dan ingat kesehatan dan sayangi anggota tubuhmu.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *