cleaning supplies adalah
https://www.istockphoto.com/

Cleaning Supplies: Pengertian, Kategori dan Klasifikasinya

Kebersihan merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan di sekitar kita. Dalam menjaga kebersihan, salah satu hal yang harus di perhatikan adalah pemilihan peralatan pembersih yang tepat. Peralatan pembersih yang di gunakan harus mampu membersihkan kotoran secara efektif dan aman di gunakan, serta tidak merusak lingkungan sekitar.

Kebersihan dalam hotel merupakan hal yang paling penting dan harus di perhatikan dalam operasional hotel. Hotel yang bersih dan rapi akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu dan dapat meningkatkan kredibilitas hotel itu sendiri.

Oleh karena itu, pemilihan peralatan pembersih yang sangat tepat sangat penting untuk memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar hotel.

Untuk sebagian orang, mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai alat maupun bahan yang di gunakan housekeeping sebagai pembersih di perhotelan.

Kali ini kita akan membahas peralatan dan bahan yang biasanya di gunakan dalam membantu proses membersihkan hotel.

Cleaning supplies adalah bahan pembersih yang mengandung zat kimia yang digunakan untuk membantu dalam proses pembersihan. Dalam istilah awam cleaning supplies lebih dikenal dengan sebutan cairan pembersih.

Pengertian Cleaning Supplies Menurut Para Ahli

Menurut Bagyono

Cleaning supplies adalah peralatan yang digunakan oleh departemen housekeeping untuk membersihkan kamar maupun area diluar kamar hotel.

Menurut Sudhir Andrew

Cleaning supplies adalah bagian yang paling penting diketahui oleh karyawan bagian tata graha dalam menjaga kebersihan rumah tangga hotel.

Jika kotoran ringan, bisa dibersihkan dengan bahan pembersih biasa seperti deterjen. Beda halnya jika kotoran seperti kotoran di lantai toilet yang sudah mengerak.

Contoh cleaning supplies yang sering digunakan seperti cairan khusus pembersih toilet, kaca, porselen, sabun cuci piring hingga air freshener.

Manfaat Cleaning Supplies

Manfaat cleaning supplies adalah untuk membantu meringankan pekerjaan para petugas kebersihan. Terutama di tempat umum, seperti restoran, hotel, rumah sakit dan sebagainya.

Selain itu adapun mafaat atau fungsi lainnya seperti :

  • Mempercepat dan memudahkan proses pembersihan
  • Memperpanjang usia pakai suatu barang, jika cleaning supplies yang digunakan tepat.
  • Memperindah barang yang dibersihkan
  • Melindungi barang yang dibersihkan
  • Memberikan aroma yang segar tehadap ruangan atau barang yang dibersihkan

Klasifikasi Cleaning Supplies

Ada banyak sekali jenis-jenis bahan pembersih yang dijual dengan berbagai merk, harga dan keunggulan di market terdekat. Akan tetapi secara umum, bahan pembersih diklasifikasikan ke dalam beberapa macam, antara lain yaitu:

1. Detergent

Cleaning Supplies: Pengertian, Kategori dan Klasifikasinya
https://www.istockphoto.com/

Detergent adalah bahan pembersih bisa berwujud cairan, padat, bubuk maupun pasta yang mampu melepaskan kotoran yang menempel karena mengandung bahan kimia seperti hidro carbon oil, soda dan sulfiric acid.

Detergent terutama yang bubuk atau padat, biasanya lebih banyak digunakan di skala rumah tangga. Detergen yaitu salah satu produk detergen yang paling populer dan tertua adalah sabun.

Detergen mengandung alkalin ringan, yang efektif membersihkan kotoran di lantai, dinding hingga alat-alat dapur.

2. Solvent

Solvent adalah bahan pembersih berwujud cairan yang mampu melarutkan kotoran pada suatu benda. Bahan ini biasa digunakan dengan cara dilarutkan terlebih dahulu bersama tambahan air kemudian benda yang ingin dibersihkan bisa langsung direndam kedalamnya.

Beberapa contoh bahan pembersih solvent yaitu air, tinner, spiritus, amoniak dan lainnya.

3. Polish

Polish atau biasa di sebut dengan polimer ada berbagai macam merk terkenal seperti kiwi, shine up, traffic grade, new complete, braso. Polish terdiri dari beberapa kategori.

  • Berdasarkan larutan bahan bakunya, polish ada 2 yaitu water based polish (polimer dengan air sebagai pelarutnya) dan solvent based polish (polimer dengan pelarut solvent
  • Berdasarkan cara kerjanya, yaitu polish untuk membersihkan kotoran, membersihkan dan melapisi, serta melapisi dan melindungi benda.

4. Chemical Reaction

Chemical reaction adalah bahan pembersih berwujud cairan atau kristal. Bahan pembersih ini, mampu membersihkan kotoran dengan jalan merubah sifat si kotoran itu, melalui reaksi kimia yang ditimbulkan. Misalnya, cuka, coustic soda, pilax, HCL dan sebagainya.

5. Acid Type Cleaner

Acid Type Cleane merupakan obat pembersih yang mengandung acid yang bersifat asam dan biaasanya digunakan untuk mengangkat kotoran yang tidak mempan dengan bahan alkalin. Contohnya karat di benda kuningan.

6. Abrasive Cleaner

Abrasive Cleaner merupakan obat pembersih yang mengandung serbuk yang keras dan tajam seperti V1M. Fungsinya adalah membersihkan kotoran yang sangat membandel di permukaan benda.

Yaitu kotoran yang belum tuntas dibersihkan dengan bahan alkalin atau tipe acid.

7. Pembersih Kamar Mandi

Pembersih kamar mandi digunakan untuk membersihkan kamar mandi dari kotoran dan bau yang tidak sedap. Pembersih kamar mandi terdiri dari bahan-bahan yang dapat membersihkan kamar mandi dengan cepat dan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis pembersih kamar mandi mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

8. Pembersih Karpet

Pembersih karpet digunakan untuk membersihkan karpet dari debu, kotoran, dan noda lainnya. Pembersih karpet terdiri dari bahan-bahan yang dapat membersihkan karpet dengan cepat dan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis pembersih karpet mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Kategori Cleaning Supplies

Cleaning supplies secara fungsinya memang mampu membersihkan kotoran dari permukaan benda  melalui proses pencucian. Selain itu, bahan pembersih juga berperan menghalau kotoran agar tidak mengendap.

Untuk membersihkan bagian tertentu, berarti membutuhkan bahan pembersih yang khusus, agar hasilnya pun seperti yang diharapkan. Suatu campuran dengan daya bersih yang ampuh atau kuat pun, bisa jadi tidak efektif untuk pencucian tertentu.

Pemilihan obat (bahan) pembersih harus tepat dengan karakter kotorannya. Misalnya untuk hotel ada cleaning equipment dan cleaning supplies untuk dapur, maka keduanya membutuhkan bahan pembersih yang berbeda kategori.

Syarat Cleaning Supplies

Cleaning Supplies: Pengertian, Kategori dan Klasifikasinya
https://www.istockphoto.com/

Salah satu syarat penting dalam memilih cleaning supplies adalah zat kimia yang terkandung di dalamnya tidak korosif. Nah, selain itu setidaknya kalian juga harus memilih bahan pembersih mana yang akan digunakan. Terutama di tempat publik, seperti hotel, restoran dan sebagainya.

Berikut adalah syarat bahan pembersih yang baik:

  • Solubility: bahan dapat larut dalam air serta mudah dihilangkan dari permukaan benda yang dibersihkannya.
  • Wetting: terutama untuk bahan cairan, harus memiliki sifat pembasahan yang kuat. Tujuannya adalah untuk mempercepat pembasahan permukaan benda yang dibersihkan. Maka dari itu dibutuhkan zat aktif permukaan, agar tegangan permukaan air turun.
  • Rinsability: zat pembersih dan kotorannya harus mudah hilang dari permukaan benda yang dibersihkan.
  • Emulsification: bahan harus bisa memecah kotoran pada benda, menjadi partikel-partikel yang lebih kecil.
  • Soil Suspension: bahan harus mengandung emulsifier sehingga kotoran yang sudah diemulsikan bisa tersuspensi dari permukaan bendanya.
  • pH cleaner: bahan harus memiliki pH accidity lebih dari 7 dan alkalinity kurang dari 7.
  • Desinfectan: bahan mampu membunuh bakteri pembawa penyakit ataupun virus.
  • Cheating Agent: bahan yang digunakan tidak bersifat power fade out.
  • Biodegradable: bahan pembersih harus bisa diuraikan oleh mikroorganisme, agar limbahnya tidak mencemari atau membahayakan lingkungan.

Penggunaan peralatan pembersih yang tepat sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar hotel. Peralatan pembersih yang tepat juga akan membantu membersihkan kotoran secara efektif dan aman di gunakan, serta tidak merusak lingkungan sekitar.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *