Mengenal Canape : Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat
cookpad.com

Mengenal Canape : Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat

Seperti yang kita tau, ada banyak istilah untuk makanan. Tidak hanya sebatas appetizer, main course, atau dessert. salah satu contohnya canape, secara pengertian canape merupakan hidangan kecil yang disajikan sebagai makanan pembuka pada acara-acara formal seperti pernikahan, acara kantor, bahkan acara sosial lainnya.

Hidangan kecil yang dimaksud adalah roti kecil atau cracker yang dihiasi dengan berbagai macam toping seperti keju, ikan, daging, sayuran, bahkan sampai buah-buahan. Canape sendiri termasuk makanan ringan berasal dari Perancis, sering juga disebut canape appetizer karena biasanya disajikan sebagai menu pembuka.

Bahkan termasuk cold appetizer, disajikan antara suhu 5-7 derajat celcius tergantung topping diatasnya. Identik dengan piring kecil atau nampan yang diletakkan pada meja, sebelum dihidangkan tidak lupa diberi sedikit saus atau bahan tambahan lainnya untuk menambah cita rasa.

Pengertian Canape 

Jika melihat asal usul canape tentu memiliki sejarah yang panjang dalam dunia kuliner, terutama di Prancis. Namun awalnya canape disebut sebagai “canape a l’amiral” yang artinya adalah roti panggang dengan irisan daging, dan saus yang dihidangkan kepada para laksamana. Namun, karena perkembangan zaman canape semakin populer  di kalangan bangsawan Prancis pada abad ke-18.

Canape menjadi hidangan populer di Prancis karena dianggap sebagai hidangan yang mewah, elegan, dan memperlihatkan sisi keahlian dunia kulinernya. Pada awalnya hanya terdiri dari roti panggang dengan toping sederhana seperti mentega dan selai, namun berubahnya teknologi dan kuliner serta bahan makanan yang semakin beragam canape pun berubah dan semakin kreatif. Di negara lain di Eropa dan Amerika Serikat canape menjadi hidangan populer dan disajikan dalam acara formal di seluruh dunia.

Canape juga bisa disiapkan dengan berbagai bentuk yang kreatif, contohnya bentuk tumpukan, barisan, atau bahkan susunan spiral. Dengan toping hiasan yang menarik semisal irisan keju dengan bentuk seperti bunga atau sayuran  dihiasi dengan saus cantik. ada juga yang menyebutkan bahwa canape masuk kepada jenis sandwich yang berukuran mini kisaran 3-4 cm sama sisi, sesuai dengan ukuran mulut manusia. Karena hanya dimakan dalam sekali lahap “haap”.

Jenis-Jenis Hidangan Canape 

Mengenal Canape : Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat
id.depositphotos.com

Ada beberapa jenis dalam hidangan canape, berikut jenis-jenis pada canape. Diantaranya :

  1. Canape roti panggang : canape jenis ini terdiri dari roti panggang kecil yang biasanya dipotong menjadi persegi atau bulat, lalu diberi topping seperti selai, keju, atau daging, canape panggang bisa disajikan dalam berbagai macam variasi dan bisa dikreasikan sesuai dengan selera.
  2. Canape cracker : sesuai dengan namanya, bahan utama canape cracker adalah cracker itu sendiri atau keripik yang kemudian dijadikan dasar dan dihiasi toping keju, daging, bahkan sayuran.
  3. Canape keju : jenis ini menggunakan keju sebagai topping utama, biasanya dikombinasikan dengan roti atau cracker. Jenis keju yang digunakan bisa disesuaikan, mulai dari keju cheddar, keju krim, keju biru, bahkan keju yang lebih eksotis yakni camembert.
  4. Canape daging : canape jenis ini menggunakan daging sebagai bahan utama untuk topping, biasanya diproses menjadi bola-bola kecil, atau bahkan irisan tipis. Adapun daging yang digunakan bisa menyesuaikan, mulai dari daging ayam, sapi, ham, tuna, seafood, dan lainnya.
  5. Canape sayuran : canape jenis ini menggunakan sayuran sebagai topping utama, seperti tomat, paprika, mentimun. Biasanya dipadukan dengan saus dengan tujuan memberikan rasa yang lebih segar.
  6. Canape buah : jenis canape ini menggunakan buah-buahan sebagi topping, sperti irisan stoberi, anggur, dan yang lainnya.
  7. Canape yang dihidangkan diatas hidangan lain: contoh utamanya telur rebus dipadukan dengan mayonais atau saus rempah-rempah.

Bahan yang digunakan untuk Canape 

Meski demikian, canape sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan tema atau acara selera masing-masing. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan bahan yang biasa digunakan dalam membuat canape beserta cara pembuatannya.

1. Bahan dasar

Canape berbahan dasar roti tawar seperti toasted, biasanya roti akan dipotong membentuk segi empat, segitiga bahkan lingkaran. Dengan ukuran 3-4 cm dan tebal 0,5 cm. Namun tidak salahnya dibuat dengan bahan dasar selain roti, bisa diganti dengan biskuit atau crackers.

2. Spread

spread adalah bahan yang memiliki tekstur kental atau lembek, yang nantinya di oleskan ke permukaan roti atau crackers sebagai bahan dasar canape. Biasanya spread yang digunakan canape adalah margarine, cream cheese hingga mayonaise.

3. Topping

Bahan pelengkap lainnya adalah topping, bahkan penamaan canape ada yang mengikuti nama dari topping yang digunakan. Biasanya menggunakan buah, daging, sayuran, atau bisa parutan keju.

4. Garnish

Tidak semua canape menggunakan garnish, tergantung kepada jenis makanan atau menyesuaikan makanan. Tetapi Sebagian besar, garnish ditaburkan di atas canape agar terlihat tampilannya lebih cantik. garnish yang dipakai harus simple bisa bahan sisa, murah, mudah, serasi dengan makanan utamanya, dan tentu bisa dimakan.

Tips Membuat Canape

Setelah memahami bahan dasar yang akan digunakan untuk canape, maka Langkah selanjutnya adalah tips dan cara membuat canape. Membuat canape untuk appetizer memang susah-susah gampang, namun ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar hasil hidangan canape bisa menggugah selera :

  • Gunakan bahan yang fresh
  • Pilihlah roti atau biskuit yang gurih
  • Perhatikan ketika memotong bahan dasar canape, untuk segitiga, bulay, persegi dengan diameter 3-4 cm dan ketebalan 0,5 cm
  • Pilihlah warna cantik untuk mengkombinasikan dengan topping yang pas
  • Berikan sedikit glace dari bahan zelatin demi tampilan canape lebih mengkilap
  • Sajikan canape pada tray atau kaca, agar tidak kehilangan eksistensi keindahan pada makanannya
  • Sajikan di antara suhu 5-7 derajat calcium, agar tidak mengubah cita rasa
  • Tambahkan garnish agar lebih sempurna

Jika ada yang beranggapan bahwa canape hanya sebatas hidangan saja, tentu saja keliru. Nampaknya canape sendiri memiliki fungsi yang dihadirkan bahkan pada acara formal atau pesta maupun informal. Diantaranya : sebagai hidangan pembuka untuk memancing selera makan, sebagai makanan ringan atau sebagai pengisi waktu tunggu ketika menununggu hidangan utama, sebagai dekorasi meja, sebagai pilihan bagus untuk orang yang sedang diet.

Resep Membuat Canape 

Banyak variasi yang dilahirkan dari canape sebagai hidangan mini sebelum makanan utama, pada acara formal dan informal. Namun bagi yang belum pernah mencobanya, jangan khawatir. Berikut resep canape yang bisa diusahakan untuk membuat sendiri.

Resep Canape telur

Bahan makanan :

  • 2 butir telur rebus
  • 2 buah kentang rebus
  • Irisan daun bawang
  • Irisan cabai merah
  • Saus tomat
  • Mayonaise secukupnya

Cara membuatnya :

  • Potong kentang rebus dalam bentuk dadu
  • Lalu tambahkan mayonaise dan aduk hingga tercampur rata
  • Kemudian potong telur menjadi dua bagian
  • Pisahkan antara kuning telur dan campurkan dengan mayonaise
  • Isi putih telur dengan campuran kentang, mayonaise, dan kuning telur
  • Tambahkan hiasan dan sajikan dengan saos tomat atau sambal.

Jika kamu mengadakan acara atau pertemuan, maka membuat canape dengan hasil tangan sendiri menjadi lebih istimewa dan tidak terlupakan. Meskipun canape hidangan ringan dan sangat mudah dibuat serta disajikan, akan tetapi kesan yang diberikan yakni kemewahan dan elegan kepada para tamu yang hadir.

Kamu bisa membuat canape yang unik, bahkan sesuatu yang baru yang nantinya di kreasikan dengan hiasan cantik. Cobalah dan jangan ragu untuk membuat canape, karena siapapun orangnya bisa membuatnya dengan mudah. Termasuk kamu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Check Also

perbedaan skipeer dan sleeper

Definisi dan Perbedaan Skipper & Sleeper

Hotel adalah sebuah tempat akomodasi yang menyediakan kamar dan fasilitas lainnya untuk para tamu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *