Bellboy Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab, Serta Gajinya
amesbostonhotel.com

Bellboy Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab, Serta Gajinya

Bellboy adalah pekerjaan dalam bidang perhotelan khususnya berada dalam departemen front office yang bertugas menemani tamu. Bellboy akan menemani tamu dari mulai ia memasuki hotel hingga sampai di kamarnya. Ketika tamu membawa banyak barang, bellboy harus membantu membawakannya.

Ia harus memastikan bahwa tamu mendapatkan pelayanan yang baik olehnya.

Sederhananya, bellboy adalah porter. Tetapi ia bukan hanya sekedar petugas yang sekedar menemani dan membantu saja yah. Tanggung Jawabnya sangat banyak, mulai dari menemui tamu saat pertama kali datang, melakukan check in, hingga melakukan check out.

Dalam artikel ini kamu akan lebih memahami tentang apa itu bellboy, tugas-tugasnya, dan hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Bellboy

Bellboy Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab, Serta Gajinya
amesbostonhotel.com

Dalam sebuah hotel terdapat salah satu bagian bernama section concierge yang ada di departemen front office hotel. Bellboy adalah salah satu istilah pekerjaan yang berada dalam posisi tersebut.

Ibarat kata, wajah dari sebuah hotel dilihat dari bagaimana bellboy itu memperlakukan tamu. Ia adalah orang pertama yang akan berinteraksi dengan tamu, sehingga nama baik perusahaan ada di tangan bellboy atau porter ini.

Karena bellboy akan menemani tamu dari mulai ia datang hingga ia pergi, first hingga last impression seorang tamu akan sangat tergantung dengan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh bellboy ini.

Bahkan, tugas bellboy bisa lebih dari itu. Ia bahkan bisa melakukan import pick up dengan menjemput tamu yang ada di stasiun atau bandara sebelum ia akan pergi ke penginapan.

Lalu apa saja sih sebenarnya peran seorang bellboy ini?

Pasalnya, tidak mudah loh menjadi seorang bellboy. Kamu akan berinteraksi dengan banyak pelanggan dari berbagai daerah datang. Itulah sebabnya seorang bellboy setidaknya harus menguasai bahasa asing untuk mengantisipasi jika kedapatan pelanggan yang berasal dari luar negeri.

Tugas dan Tanggungjawab Bellboy

Bellboy Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab, Serta Gajinya
umina.mba

Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang bellboy

  1. Menjalankan tugas yang dibutuhkan oleh pelanggan
  2. Memberikan informasi dengan detail apa saja fasilitas yang akan didapatkan oleh tamu selama menginap di hotel tersebut
  3. Memastikan bahwa semua ruangan yang ada di hotel dalam keadaan yang bersih sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan tamu
  4. Saat tamu datang, stand by dan berikan salam saat ia datang
  5. Menerima dan menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan yang diperintahkan oleh bell captain
  6. Mengantarkan fax atau surat jika dibutuhkan oleh tamu
  7. Mengarahkan tamu untuk melakukan check in hingga mengantarkannya hingga ke kamar
  8. Memberikan tanda pada barang milik tamu agar tidak tertukar dengan tamu lain
  9. Memberikan bantuan untuk membawakan barang tamu saat check in maupun saat check out
  10. Membantu tamu apabila ia mengalami kesulitan parkir
  11. Memastikan bahwa semua barang tamu sudah disediakan tanpa tertinggal sedikitpun
  12. Mengecek agar tidak ada lagi kendaraan yang terparkir di lobby hotel
  13. Menyediakan transportasi apabila tamu membutuhkan
  14. Membukakan pintu mobil saat kendaraan tersebut datang dan mempersilahkan tamu untuk masuk

Seorang bellboy harus mengetahui barang bawaan apa saja yang dimiliki oleh tamu. Misalnya, bellboy harus paham dengan jenis-jenis barang bawaan seperti travelling bag atau shoulder bag, garment bag, camera case, suitcase dan jenis tas lainnya yang biasanya digunakan oleh para tamu.

Tidak mudah kan menjadi seorang bellboy. Banyak sekali pekerjaan yang harus ia lakukan. Kemampuan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada tamu adalah hal yang paling penting dilakukan oleh seorang bellboy. Oleh karena itu tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan ini.

Pihak hotel biasanya cukup selektif dalam menetapkan beberapa persyaratan bagi orang yang ingin bekerja menjadi seorang bellboy. Menjadi bellboy bukan hanya dipandang dari segi penampilannya saja, melainkan juga syarat-syarat lainnya yang harus dipertimbangkan.

Beberapa syarat menjadi seorang bellboy adalah di antara harus mampu menjaga kebersihan diri.

Hal tersebut dilihat dari beberapa faktor, misalnya kukunya tidak boleh panjang, bisa berpakaian dengan rapi, perempuan harus dikuncir rambutnya atau menggunakan harnet, tidak boleh memiliki jambang, hingga tidak boleh memiliki rambut melebihi leher.

Bellboy juga harus pandai menjaga kebersihan dirinya.

Ia harus menggunakan sepatu pantofel, mengenakan seragam sesuai dengan aturan yang berlaku, berkewajiban untuk memelihara tubuhnya supaya tetap sehat, menggunakan wangi-wangian, hingga tidak boleh sampai ada bau mulut dan bau badan.

Umumnya, bellboy adalah orang yang berusia mulai dari 18 hingga 35 tahun. Ia haruslah orang yang memiliki ketahanan untuk berdiri dalam jangka waktu yang sangat lama. Selain sehat secara jasmani dan rohani, bellboy harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan memiliki postur tubuh yang ideal.

Berapakah perkiraan gaji seorang bellboy?

Gaji Seorang Bellboy

Bellboy Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab, Serta Gajinya
lumina.mba

Gaji bellboy bisa bermacam-macam, berbeda dari hotel satu dengan hotel yang lain. perolehan gaji bellboy juga didasarkan pada level hotel tempat ia bekerja. Semakin tinggi level hotel, semakin tinggi pula gaji seorang bellboy tersebut.

Kisaran gaji seorang bellboy sendiri adalah sekitar 2 – 3,5 setengah bergantung dengan wilayah tempat hotel tersebut. biasanya nominalnya juga bergantung dari upah minimum tempat wilayah hotel tersebut.

Hanya saja, selain gaji pokok, bellboy biasanya juga menerima tips dari tamu yang merasa puas dengan jasa layanan yang diberikan oleh tamu. Mereka bisa mendapatkan kurang lebih 1 juta rupiah dalam satu bulannya. Tentu itu sangat bergantung pada kualitas pelayanan dan jumlah tamu yang datang, yah.

Berikut ini adalah tips menjadi seorang bellboy yang baik. Saat tamu datang bellboy hendaknya melakukan beberapa hal ini agar ia disukai oleh tamunya.

Bellboy diharuskan untuk mengucapkan selamat datang kepada tamu yang datang. Bellboy boleh bertanya apakah tamu membawa banyak barang bawaan atau tidak. Jika tamu membutuhkan bantuan, bellboy langsung menanyakan dimana letak barang bawaannya agar bisa dibantu untuk mengambilkan dan membawakannya.

Saat sudah mengambil barangnya, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi kepada tamu apakah barang tersebut benar adanya. Jangan sampai bellboy salah mengambil barang milik orang lain. konfirmasikan secara detail berapa jumlah tas dan jenis tasnya apa saja supaya tidak keliru.

Tawarkan kepada tamu apakah ia segera ingin menuju kamarnya atau tidak. Jika iya, bawakan semua barang-barang tamu tadi hingga ia sampai di kamarnya. Arahkan tamu dengan baik menuju kamarnya.

Jangan lupa untuk berbincang-bincang dengan ramah bersama tamu. Bellboy bisa bertanya tentang pengalamannya berkunjung ke hotel atau wilayah hotel tersebut untuk sekedar basa-basi. Bellboy juga bisa menanyakan dari mana tamu tersebut berasal dan keperluan apa yang sedang dikerjakan oleh tamu tersebut.

Meski begitu, pastikan tamu memang nyaman untuk diajak mengobrol yah. Sampaikan juga semua fasilitas yang bisa tamu dapatkan selama ia menginap di hotel tersebut.

Check Also

Cara Menghitung RevPAR Hotel

RevPAR merupakan salah satu indikator yang banyak digunakan untuk melihat seberapa baik peforma dari sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *